13 Museum Di Jogja Favorit Para Wisatawan

13 Museum Di Jogja Favorit Para Wisatawan – Yogyakarta atau lebih sering dikenal dengan Jogja memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan Wisata Edukasi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas 13 museum yang ada di Jogja mari simak ulasan berikut.

Museum Di Jogja

Rekomendasi Wisata Museum di Kota Jogja. Wisata edukasi dan sejarah terpopuler yang memiliki banyak koleksi benda bersejarah di Yogyakarta.

1. Museum Bahari Yogyakarta

Museum Bahari Yogyakarta mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin belajar tentang kemaritiman. Gedung ini diresmikan oleh Laksana Madya TNI Didik Heru Purnomo pada 25 April 2009. Selain didesain menyerupai kapal dan kemudi kapal, Anda juga bisa melihat langsung benda-benda yang berhubungan dengan laut.

Mulai dari miniatur kapal perang, bom dan ranjau laut, torpedo, meriam dan koleksi lainnya yang berhubungan dengan maritim. Selain itu, di sana Anda bisa menyaksikan film dokumenter yang bercerita tentang perjalanan Angkatan Laut Indonesia (AL).

Lokasi: Jl. R. E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

2. Museum Sonobudoyo

Tempat bersejarah selanjutnya adalah Museum Sonobudoyo, salah satu museum terlengkap yang memamerkan budaya Jawa. Berbagai macam koleksi benda bersejarah di tempat ini antara lain 43.600 alat kesenian Jawa asli. Selain seni, ada juga bidang umum lainnya seperti teknologi, biologi, arkeologi, seni rupa, dan lain sebagainya.

Museum ini terbagi menjadi 2 lokasi yang cukup berdekatan, jadi tidak akan capek jika ingin mengunjunginya sekaligus. Pada malam hari, tempat ini sering mengadakan pertunjukan wayang kulit diiringi musik musik. Turis lokal dan mancanegara pun turut hadir memeriahkan pertunjukan tersebut.

Lokasi: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

3. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan tempat pertahanan yang dibuat oleh pasukan Belanda. Selain digunakan sebagai banteng pada masa perang, tempat bersejarah ini pernah menjadi markas militer Belanda dan Jepang. Saat masa penjajahan usai, bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan sejarah bangsa Indonesia dalam bentuk diorama.

Diorama berisi perjuangan para pahlawan Indonesia melawan penjajah. Selain itu, Anda juga akan diperlihatkan beberapa koleksi seragam, foto, dan berbagai peninggalan lainnya. Tidak hanya itu, mengunjungi museum ini tentunya akan menambah pengetahuan sejarah NKRI.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

4. Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Ada lagi bangunan bersejarah yang cukup terkenal di Jogja yaitu Museum Monumen Jogja Kembali atau yang lebih dikenal dengan nama Monali. Dari kejauhan bangunan ini hampir menyerupai piramida, namun sebenarnya tugu ini memiliki bentuk yang lebih kerucut. Disini kamu akan disuguhkan berbagai replika yang pernah digunakan oleh para pendekar.

Baca juga:  Lawang Sewu, Bangunan Bersejarah yang Ada di Semarang

Ada beberapa peninggalan sejarah didalamnya yang mempunyai cerita pada masing-masing benda tersebut seperti senjata jadul, telpon jadul, mesin ketik jadul dan lain-lain. Kerennya, gedung ini memiliki gerbong dan usungan yang dikemudikan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman.

5. Museum TNI AU Dirgantara Mandala

Selanjutnya ada tempat bersejarah yang menyuguhkan replika di bidang penerbangan. Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan penerbangan, bisa langsung mengunjungi museum ini. Menariknya, Anda akan diberi kesempatan untuk melihat koleksi pesawat dari dekat.

Selain koleksi pesawat, terdapat juga beberapa benda bersejarah lainnya seperti lukisan, baju dinas, diorama, dan koleksi foto. Dulunya bangunan bersejarah ini terletak di Jakarta, dan setelah melalui beberapa pertimbangan museum ini diresmikan di Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1978.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

6. Museum Sandi

Bangunan bersejarah selanjutnya adalah Museum Sandi, tempat yang menyuguhkan berbagai koleksi ruang bawah tanah. Mulai dari alat cipher, buku kode, mesin, diorama dan masih banyak lagi. Benda-benda bersejarah ini telah digunakan sebagai metode pengiriman pesan selama Perang Dunia II.

Bisa dibilang hampir semua metode coding yang tersedia sangat lengkap. Bahkan ada pula evolusi instrumen berkode asing dan Indonesia yang digunakan pada zaman dahulu. Museum ini sangat cocok untuk anda yang ingin menambah wawasan di bidang coding.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

7. Museum Affandi

Siapa yang tak kenal Affandi, maestro lukis yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya terkenal di Tanah Air, tapi juga diakui dunia. Sesuai dengan namanya, museum ini menghadirkan berbagai koleksi dan karya seorang Affandi. Setidaknya ada lebih dari 300 koleksi lukisan di dalamnya.

Selain karyanya, ada juga beberapa karya pelukis Indonesia lainnya. Mengunjungi tempat ini bisa menjadi sarana edukasi seni yang menyenangkan. Sambil melihat berbagai koleksi lukisan, kamu juga diperbolehkan berfoto di spot-spot keren yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

8. Museum Gunung Merapi

Selanjutnya ada museum yang berisi semua info tentang Gunung Merapi. Berdiri dengan latar belakang Gunung Merapi membuat tempat ini begitu gagah. Saat memasuki gedung ini, Anda akan diajak berkenalan dengan koleksi sisa-sisa letusan, simulasi gunung berapi, foto-foto dari waktu ke waktu hingga film dokumenter tentang gunung tersebut.

Ada pula replika yang sangat digemari pengunjung yaitu replika berupa awan panas yang menyebarkan 3 letusan Gunung Merapi. Para pengunjung pasti penasaran dengan nyala api yang panas.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

9. Museum Wayang Kekayon

Wisata edukasi selanjutnya adalah Museum Kekayon Wayang, tempat yang menyimpan berbagai koleksi wayang dan topeng. Bangunan bersejarah ini telah berdiri sejak tahun 1990. Hampir semua koleksi wayangnya lengkap, mulai dari wayang kulit, kertas, kain, kayu dan lain-lain.

Menariknya, Anda bisa langsung berlatih wayang dan belajar cara memeragakan wayang. Wayang yang disimpan memiliki cerita dan cerita masing-masing sesuai dengan karakter dan karakternya.

Baca juga:  5 Museum di Palembang Favorit Para Wisatawan

Lokasi: Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

10. Museum Ullen Sentalu

Tepat di lereng Gunung Merapi, Anda akan menemukan sebuah museum yang berisi tentang budaya dan kehidupan seorang wanita dari Keraton Yogyakarta, Ullen Sentalu. Wanita istana dulunya adalah pembuat batik. Hingga saat ini koleksi batiknya masih tersimpan rapi di tempat ini.

Selain koleksi batik, juga terdapat dokumentasi evolusi budaya Jawa yang terdiri dari Mataram Kuno, Majapahit, Demak, dan lain-lain. Benda-benda bersejarah ini selalu disimpan di rumah kecil yang terbuat dari batu. Untuk menuju rumah mungil tersebut, Anda akan melewati labirin yang cukup mengasyikkan.

Lokasi: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

11. Museum Batik Yogyakarta

Ada lagi wisata edukasi yang cukup terkenal dan merupakan museum batik pertama di Jogja. Setidaknya ada lebih dari 1.200 koleksi batik yang dipamerkan. Di dalamnya terdapat 124 alat canting / alat membatik, 560 kain batik cap, 500 kain batik tulis dan 35 panci dari bahan berwarna.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat berbagai koleksi batik dari segi sejarah, corak dan jenisnya yang beragam. Selain menyaksikan proses pembuatan kain batik, Anda juga bisa mencoba membuat kain batik sendiri.

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

12. Museum Keraton Yogyakarta

13 Museum Di Jogja Favorit Para Wisatawan

Jogja merupakan salah satu kota yang kaya akan budaya, apalagi kawasan istimewa ini memiliki ciri khas tersendiri dengan adanya seorang raja atau sultan. Kekayaan budaya ini bisa Anda temukan di Museum Keraton Yogyakarta. Selain itu, Anda bisa belajar langsung tentang budaya dan filosofi bangunan tersebut.

Museum keraton dikategorikan menjadi 4 bagian, yaitu Museum Batik, Museum Kristal, Museum Pameran Lukis dan Foto dan Museum Sri Sultan Hemengku Buwono IX. Semua bagian ini berkaitan langsung dengan kisah perjalanan sejarah Keraton Yogyakarta.

Lokasi: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta.

13. Museum Biologi

Terakhir, ada museum yang sudah ada sejak lama dan bangunan ini dulunya bernama museum Zooogicum. Di dalamnya terdapat kurang lebih 4000 spesies yang terdiri dari flora dan fauna.

Ada beberapa koleksi yang cukup terkenal yaitu kerangka dugong, badak jawa, walabi, kuda dan gajah Nyi Bodro milik keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain itu, koleksi tumbuhan yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu herbanium dan tumbuhan obat alami yang dibuat dengan cara tradisional yang khas.

Koleksinya pun beragam, ada yang diawetkan dan ada yang tidak. Selain bisa melihat berbagai koleksi flora dan fauna, wisata edukasi ini sangat cocok untuk media edukasi, pembelajaran, dan menambah wawasan tentang koleksi yang ada.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Itulah sedikit ulasan tentang 13 Museum Di Jogja Favorit Para Wisatawan dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.