Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat

Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat – Apabila anda ingin mengenal sejarah namun anda juga ingin menikmati nuansa dari sejarah itu saya sarankan anda untuk berkunjung ke sebuah muesum. Nah kali ini Menatapnegeri.com akan membahas salah satu museum yang ada di Sumatera Barat yang lebih tepatnya di Kota Padang. Nama museum yang akan saya bahasa ini bernama Museum Adityawarman, seperti apakah isi dari museum ini, mari kita langsung saja kepembahasannya.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman Yaitu sebuah bangunan khas yang berasal dari Minangkabau dan bangunan ini dibangun untuk mengenang jasa seorang Raja Minangkabau yang ada pada abad ke 14 Masehi. Bangunan ini sudah diresmikan sejak bulan maret pada tahun 1977. Sebelumnya pada tahun 1991 museum ini namnya ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Di museum ini banyak peninggalan berupa prasasti yang mana menjadi bukti akan kebesaran dari raja yang dihormati.

Lokasi Museum Adityawarman

Jika anda Ingin menyembangi Museum Adityawarman ini letaknya yaitu berada di : Jl. Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk mempermudah dalam pencarian tempat wisata saya menyarankan anda agar menggunakan Google Maps. Cara penggunaanya juga cukup mudah yang mana disini anda hanya tinggal menuliskan nama tempat wisata seperti Museum Adityawarman ini pada kolom pencariannya setelah itu anda bisa mengikuti petunjuk yang telah diarahkan.

Baca juga:  Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Daya Tarik Museum Adityawarman

Berikut ini adalah beberpa daya tarik yang terdapat pada Museum Adityawarman, diantara sebagai berikut.

1. Sejarah Rumah Bagonjong

Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat

Rumah Bagonjong yaitu sebuah bentuk desain bangunan yang khas dari Museum Adityawarman ini. Museum bentuknya berupa rumah panggung yang mana dilengkapi dengan desain atap yang seperti tanduk kerbau dan sengaja ditumpuk. Rumah dari gonjong yg ada pad atap museum ini sekitar memiliki tujuh pucuk. Sehingga museum ini merupakan museum khas Padang yang sangat terkenal.

Nama museum ini dieberi nama berdasarkan dari nama raja yang ada di Minangkabau pada zaman dahulu. Raja Adityawarman sudah berkuasa sejak tahun 1347  – 1375 Masehi. Raja ini sangat dikenal para masyarakat sebab beliau adalah keturunan kebangsawanan yang berasal dari kerajaan sangay melegenda di Indonesia yaitu dari Kerajaan Majapahit. Diperkirakan Raja Adityawarman ini mempunyai masa pemerintahan pada periode yang sama.

2. Referensi Peninggalan Sejarah

Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat

Museum Adityawarman ini mempunyai bentuk referensi dari peninggalan sejarah yang penting. Referensi ini sendiri mencakup dari berbagai aspek atas kebudayaan khas Suku Minangkabau dan juga segala hal yang ada kaitannya dengan Sumatera Barat. Bahkan disini anda juga bisa menemukan lebih dari 6.000 jenis koleksi peninggalan di museum ini. Koleksi-koleksi ini sudah dibagi menjad 10 kategori.

Sepuluh kategori dari koleksi peninggalan sejarah ini merupakan geologika, arkeologika, historika, biologika, dan juga etnografika. Tak hanya itu, lima kategori yang lain seperti seni rupa, filologika, teknologika, heraldika, dan juga keramologika. Pada kategori ini tersimpan pernak pernik busana, perhiasan tradisional, dan juga berbagai macam upacara adat yang ada. Ada juga perkakas yang khas dari masyarakat dan sajian kuliner tradisional.

Baca juga:  13 Museum Di Jogja Favorit Para Wisatawan

3. Tugu Perjuangan dan Patung Raksasa

Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat

Di Museum Adityawarman juga terdapat  tugu dan patung raksasa yang mana letaknya berada di depan Museum Adityawarman dan tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Disini Anda juga akan melihat tugu yang sangat tinggi serta bgaian sampingnya ada sebuah patung yang sedang membawa bambu runcing. Patung dengan membawa bambu runcing ini seakan-akan mengisyaratkan bahwa ia sedang beristirahat sebentar setelah ia lelah berjuang.

Ada juga beberapa patung raksasa yang memiliki desain khasnya yang mana banyak berdiri di sekitar museum. Terdapat pula patung seorang tokoh penting dengan menggunakan yang sangat formal. Tak hanya itu ada juga patung yang menggunakan pakaian adat khas dari Minangkabau. Semua patung ini dalah bukti dari penyebaran agama Hindu-Buddha yang sangat kental dan pernah menjadi agama mayoritas orang Indonesia pada zaman dahulu kala.

demikian penjelasan dari saya mengenai Museum Adityawarman : Mengenal Budaya Sumatera Barat. Semoga dengana danya artikel ini bisa menambah refrensi untuk liburan anda selanjutnya.