Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi

Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Lampung. Lampung juga mempunyai wisata ikon yang menarik untuk dikunjungi yaitu Menara Siger. Dikemsempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang Menara Siger yang merupakan salah satu ikon dari Provinsi Lampung, mari simak pembahasan berikut.

Menara Siger

Menara Siger merupakan menara yang menjadi simbol identitas provinsi Lampung sekaligus Titik Nol Sumatera yang memiliki bentuk unik dengan 9 buah kerucut. Desain arsitekturnya mengadopsi mahkota pakaian tradisional Lampung.

Menara Siger adalah wujud keberagaman dan kekayaan serta rasa hormat yang ada. Bentuknya yang menyerupai topi serta aksesoris pakaian tradisionalnya menjadi salah satu alasan orang mengenalinya sebagai ikon yang mewakili kemegahan daerah.

Mulai dari warna dan bentuk yang menarik, ketahanan bangunan, hingga lokasinya pun menyita perhatian setiap wisatawan yang datang. Bahkan tak jarang orang datang untuk mengabadikan keindahannya dalam sebuah foto yang diambil.

Fakta Menarik Menara Siger

Berikut ini adalah beberapa fakta menari seputar Menara Siger, diantaranya:

1. Desain Arsitektur Yang Unik

Keunikan pertama dari menara ini adalah terletak pada desainnya yang menonjolkan unsur budaya yang menjadi keunikan daerah Lampung. Bentuknya menyerupai aksesori dari pakaian adat wanita. Dimana bentuknya diambil dan terinspirasi dari topi yang digunakan wanita saat menari atau upacara adat lainnya.

Untuk bagian warna, penggunaan dan pemilihannya juga didasarkan pada makna filosofis yang tidak hanya mengacu pada unsur estetika. Pada bodinya tampak memiliki 7 atap runcing. Dimana hal tersebut diyakini terkait dengan bentuk pegunungan di sekitarnya yang terkait dengan legenda asal muasal nenek moyang warga setempat.

Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi

2. Memiliki Ketinggian Hingga 32 Meter

Sebagai simbol ikonik daerah Lampung, tentunya keberadaannya telah menarik banyak perhatian bagi setiap orang yang ada di sekitar maupun yang singgah sejenak. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan disana, mulai dari fakta hingga keunikan lain yang mungkin bisa kamu temukan. Salah satu fakta menarik yang harus diketahui adalah ketinggian bangunan mencapai 32 m.

Baca juga:  Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Dengan ketinggian tersebut, Menara Siger berdiri kokoh dan megah di atas bukit kapur yang menjulang hingga 110 meter di atas permukaan laut. Kondisi seperti itu terlihat jelas bahkan dari titik Pelabuhan Bakauheni. Tentunya akan terlihat impresif dengan lingkungannya yang berbukit-bukit, apalagi dari jarak dekat.

3. Jenis Bangunan Anti Gempa

Selain memiliki keistimewaan memiliki ketinggian yang dimilikinya, ternyata bangunan Menara Siger juga termasuk dalam tipe anti gempa. Fakta ini tentunya merupakan salah satu keistimewaan yang dimilikinya. Hal ini terjadi karena sistem konstruksi yang digunakan menggunakan besi beton, sehingga dapat menahan terpaan angin dan guncangan dari gempa yang mungkin terjadi.

4. Merupakan Titik Nol Wilayah Sumatera

Fakta menarik lainnya untuk diulas adalah lokasi dari bangunan ikonik ini berada di titik nol Sumatera. Untuk menemukan sebuah monumen yang menyediakan informasi tersebut, Anda dapat menuruni tangga menuju ke bawah, lalu Anda dapat menemukannya.

Hal ini didasarkan pada lokasinya yang berada di atas bukit dengan jarak pandang yang luas karena ketinggian yang dimilikinya. Tentunya anda akan bisa melihat kemegahannya dari jauh dengan warna kuning keemasannya yang khas dan juga indah untuk dipandang.

5. Memiliki Pemandangan Yang Indah

Karena letak Menara Siger yang berada di ujung pelabuhan dan di atas bukit dengan ketinggian bangunan sekitar 32 M, tentunya menjadikannya memiliki pemandangan yang indah di sekitarnya. Perbukitan hijau dengan pepohonan di sekitarnya, merupakan salah satu spot paling menarik untuk dilihat. Selain itu, hamparan air biru yang segar juga bisa menenangkan pikiran.

Saat berada di dalam menara, kamu akan terbuai oleh sejuknya udara dengan sentuhan hembusan angin yang menyejukkan. Ditambah pemandangan luas yang begitu indah untuk dinikmati. Tentunya akan banyak hal unik dan menarik lainnya yang mungkin bisa kamu temukan selama berada di sana. tentunya akan memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

Baca juga:  5 Destisani Wisata Lampung Timur Yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas Pendukung

Tidak hanya sebatas bangunan yang sudah menjadi simbol suatu kawasan tanpa fungsi praktis apapun, karena juga dikenal sebagai objek wisata dengan fasilitas lengkap seperti tempat parkir yang luas, bahkan mushola dan toilet umum. Tentunya hal ini dimaksudkan sebagai bentuk untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang berada disana.

Fasilitas lain yang ada di Menara Siger seperti tempat menginap di sekitarnya juga tersedia bagi anda yang berasal dari perjalanan jauh dan ingin melepas penat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas. Toko suvenir dan berbagai macam pernak-pernik juga berjejer di sekitar gedung menara. Di dalamnya sendiri juga dibuatkan ruangan yang memiliki fungsi masing-masing plus pelengkap miniatur.

Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi

Filosofi Menara Siger

Menara Siger merupakan ikon Lampung yang terdapat di setiap sudut kota atau bahkan terlihat dalam bentuk yang lebih kecil sebagai mahkota yang dikenakan oleh wanita pada saat upacara adat. Karena makna dasar dari mahkota itu sendiri adalah wujud kemuliaan, kehormatan, dan juga kekuasaan, demikianlah makna yang dimaksud di dalamnya.

Berbeda dengan kawasan sekitarnya yang lebih mengedepankan karakter maskulin pada lambang wilayahnya, Lampung dengan menara sigernya menampilkan pemandangan berbeda dengan kesan yang lebih feminis. Bukan tanpa alasan, ternyata bangunan ikonik ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terhadap perempuan, karena bertumpu pada konsep ajaran agama Islam.

Selain melambangkan suatu kehormatan, juga menunjukkan keragaman budaya yang ada disana. Keberagaman yang ada di dalamnya memunculkan banyak cerita yang bermuara pada gambaran perbukitan yang terhubung dalam dua wilayah. Di mana nenek moyang bisa saja sama atau bahkan satu, itu juga terlihat pada desain menara Siger.

Dalam pengertian bagian bangunan dibuat filosofi tentang payung tiga warna. Dimana dilakukan pemilihan tiga warna utama dengan puncak menara. Dimana makna keberadaannya berkaitan dengan bagaimana tatanan sosial terbentuk disana. Kemudian ada prasasti Are yang melambangkan pohon kehidupan.

Demikianlah ulasan tentang Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi semoga beranfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya.