8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

8 Objek Wisata di Liwa Lampung Barat – Liwa adalah ibu kota Kabupaten Lampung Barat, Liwa menawarkan udara yang tenang dan sejuk karena dikelilingi pegunungan yang menjadi bagian dari Cluster Bukit Barisan. Untuk jarak ke Liwa harus menempuh 6 jam perjalanan dari Bandar Lampung, yang berjarak 236 kilometer. Perlu diketahui bahwa Liwa dikenal sebagai kota kabut karena hampir setiap pagi diselimuti kabut tebal. Selain pemandangan kabut yang menakjubkan, Anda dapat menemukan peninggalan sejarah dan wisata alamnya.

Wisata di Liwa Lampung Barat

Berikut kumpulan wisata di liwa yang telah di ringkas oleh menatapnegeri.com

Danau Ranau

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Danau Ranau merupakan dananu terbesar kedua di Sumatera dengan luas sekitar 125,4 km persegi, untuk danau  ini terletak di dua kabupaten. Danau Ranai terletak di daerah Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Di tepi Danau Ranau, Anda akan melihat Gunung Seminung yang berdiri kokoh yang mempercantik pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan. Anda juga bisa menemukan ikan khas dari Danau Ranau  yang berada di kota Liwa ini, termasuk harongan dan mujair.

Danau Suoh

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Untuk wisata Liwa Lampung Barat selanjutnya yaitu Danau Suoh, Danau Suoh dapat dicapai dengan menggunakan mobil. Tarifnya Rp 150.000 per orang dari Terminal Rajabasa ke Negeri Batu. Saat berangkat dari Liwa, tempat ini ditempuh  selama 4 jam perjalanan. Ada tiga danau yang airnya bisa berubah warna. Selain itu, fenomena alam menarik berupa mata air panas bumi terjadi di sekitar Danau Suoh. Danau ini masih gratis dan siapapun bisa mengunjunginya.

Baca juga:  Keindahan Bukit Bintang Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Kebun Raya Liwa

Di Ibukota Kabupaten Lampung Barat, Liwa tepatnya di Kecamatan Balikbukit, ada destinasi wisata baru. Destinasi wisata Itu disebut Kebun Raya Liwa. Selain memiliki suasana yang sejuk, suasana alam dan panoramanya, Kebun Raya Liwa juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian berbagai jenis tumbuhan langka.

Bukit Kabut Bawang Bakung

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Seperti namanya, tempat wisata di Liwa Lampung Barat yang satu ini sangat cocok untuk menikmati hamparan kabut luas bak tanah di atas awan. Tempat terbaik untuk menikmati kabut di bukit ini adalah Pekon Negeri Ratu. Musim kemarau, atau dari bulan Maret hingga Agustus atau musim kemarau, merupakan waktu yang tepat untuk melihat keindahan kabut ini. Tempat wisata Bukit ini masih gratis dan bisa dikunjungi siapa saja.

Kaki Gunung Pesagi

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Objek wisata di Liwa Lampung Barat selanjutnya adalah kaki Gunung Pesagi. Lampung Barat ternyata banyak terdapat daerah perbukitan dan pegunungan. Jangan lewatkan keindahan kaki Gunung Pesagi. Tempat ini bisa dikunjungi dengan perjalanan dari Bandar Lampung ke Liwa sekitar 6 jam, dan sebaiknya mengunjungi kaki Gunung Pesagi di pagi hari. Setidaknya Anda harus bermalam karena berburu matahari terbit sangat menyenangkan di sini. Mengapa? Karena pesona sunrise di tempat ini sangat indah (golden sunrise)

Perkebunan Kopi

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Lampung Barat terkenal dengan kopinya Robustanya. Ada banyak perkebunan kopi di kawasan ini yang menarik untuk dikunjungi, seperti Sekicau, Way Tenong, dan Sumber Jaya.

Baca juga:  Keindahan Tebing Breksi, Destinasi Wisata Hits Bekas Tambang

Bukit Gemura Talang

Kata Gemura dalam bahasa lokal berarti air hangat. Mengalir dari kawah Gunung Sekicau yang terletak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Wisatawan bisa menikmati suasana alam yang masih alami.

Situs Megalitik

8 Wisata di Liwa Lampung Barat yang menarik untuk di kunjungi

Ada banyak situs megalitik di Lampung Barat, dua di antaranya berada di Desa Purajaya di Kecamatan Sumberjaya. Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda bisa menikmati penanaman kopi dalam perjalanan menuju Gunung way tebu.

Itulah beberapa objek wisata di Liwa Lampung Barat yang sangat diminati oleh pengunjung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa menaati tata tertib yang ada.