Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja

Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja – Berlibur yang memiliki latar nuansa alam pastinya akan membuat anda merasa lebih fresh serta dapat membuat pikiran anda menjadi lebih tenang. Tak hanya sebagai salah satu upaya untuk healing saja, dekat dengan alam juga dapat menambah pengetahuan baru anda seputar alam sekitar. Konsep wisata ecopark ini sendiri seperti Ledok Sambi di Sleman, Jogja yang merupakan salah satu tujuan terbaik dalam berwisata. Belajar dengan cara yang menyenangkan dan pastinya akan menjadi lebih berkesan.

Ledok Sambi

Desa Sambi sendiri merupakan salah satu nama desa yang ada di daerah Jogjakarta. Desa yang ini juga dijadikan sebagai objek wisata alam yang sangat terkenal dan masih terjaga keasliannya. Sehingga wisatawa yang datang ketempat ini akan dimanjakan dengan keindahan alam dari desa dan juga keramahan dari penduduk yang ada sekitar desa. Desa Sambi lokasi berada cukup dekat dengan kawasan Gunung Merapi.

Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja

Karena wilayahnya yang dekat akan gunung, hal inilah yang membuat desa ini memiliki suasana yang sangat asri. Tak hanya pada keindahan alamnya saja, disini anda juga dapat belajar tentang kebudayaan lokal dari penduduk sekitar. Rumah adatnya juga masih terjaga dengan baik yang masih berdiri dengan kokoh yang mana hal ini merupakan salah satu daya tariknya.

Jika anda disini ingin berkunjung ke wisata alam Ledok Sambi ini dan sekaligus bisa menambah edukasi. Sehingga wisata alam desa ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Mengajak sanak saudara ke tempat wisata ini akan menjadikan salah satu sarana untuk mengenalkan kebudayaan lokal serta unutk mempelajari suatu hal yang baru.

Lokasi Ledok Sambi

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ledok sambi ini bersama sanak saudara yang mana lokasinya yaitu berada tepat di : Jl. Kaliurang No.2, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta. Nah jika anda baru pertama kali mengunjungi daerah Jogja ini maka disini anda perlu menggunakan GPS. Sehingga disini anda tidak akan dinuat bingung untuk rutenya.

Harga Tiket Masuk

Harga paket unutk menuju tempatt wisata ini yaitu kisaran harga mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 3 juta telah tersedia disini. Disini anda dapay menyesuaiakan kegiatan wisata yang mana sesuai dengan kebutuhan anda bersama keluarga. Dan anda juga tidak perlu kuatir, jika anda disini ingin memilih paket wisata tertentu anda juga nantinya akan didampingi oleh pemandu profesional sehingga membuat anda aman selama dalam perjalanan.

Harga yang tertera ini adalah harga kisaran yang bisa berubah sewaktu waktu yang mana bedasarkan atas kebijakan pihak pengelola setempat. Lokasi wisata alam Desa Sambi ini unutk operasionalnya sendiri buka setiap hari untuk pengunjung. Namun lokasi wisata alam sendiri memiliki Jam operasional yakni buka mulai dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Daya Tarik Ledok Sambi

Berikut ini daya tarik yang ditawarkan jika anda sedang mengunjungi tempat wisata ledok sambi ini.

1. Panorama Desa

Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja

Wilayah Ledok Sambi ini sendiri letaknya bisa dibilang tidak jauh dari lokasi Gunung Merapi. Yangmana gunung ini termasuk salah satu gunung paling aktif yang ada di Indonesia dan juga tercatat pernah beberapa kali meletus. Wilayah yang ada di sekitar Gunung ini pasti bisa dibilang termasuk subur, sehingga berbagai macam jenis tanaman mudah tumbuh pada wilayah yang dekat dengan gunung ini. Sehingga wilayah yang subur nan asli inilah yang membuat daya tarik yang tersendiri.

Jika disini anda ingin berkeliling unutk melihat keindahan dari panorama Desa Sambi, disini anda dapat meminta bantuan dari pemandu wisata untuk menemani. Desa yang masih alami serta dekat dengan wilayah hutan ini pastinya akan sedikit membingungkan anda yang masih belum terbiasa unutk berjalan di tengah alam. Oleh sebab itu, anda disini bisa meminta bantuan pemandu yang dapat menjadi pilihan unutk keselamatan.

2. Pertanian dan Peternakan

Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja

Masih ada banyak lahan pertanian yang ada di sekitar Desa Sambi ini. Hamparan tanah yang amat luas yang berwarna hijau ini juga dapat menjadi salah satu objek yang menarik wisatawan. Tak hanya dapat melihat pemandangannya saja, disini anda juga dapat mencoba untuk terjun langsung ke lahan pertanian serta anda juga bisa mencoba cara unutk bercocok tanam, bahkan anda juga bisa membajak sawah.

Tak hanya pertanian, peternakan juga ada banyak yang tersedia di kawasan Ledok Sambi ini. Peternakan yang dibangun ditempat ini rata rata merupakan jenis peternakan sapi perah. Seperti mencoba cara bertani, disini anda juga dapat untuk mencoba bagaimana cara memerah susu secara langsung dari sapi yang ada ditempat tersebut. Anda tidak perlu khawatir sebab pada saat proses memerah sapi ini. Disini anda akan didampingi oleh peternak dari sapi tersebut secara langsung.

3. Kesenian dan Kebudayaan

Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja

Penduduk yang ada di Desa Sambi juga masih kental akan budaya Jawanya. Sehingga disini masih ada banyak pertunjukan seni tradisional yang dapat anda amati di lokasi yang satu ini. Mengenalkan kepada anak serta keluarga mengenai budaya asli Jawa dengan cara yang menarik pastinya akan lebih berkesan untuk dirasakan.

Berbagai macam cerita rakyat sendiri masih dapat untuk anda saksikan, yang mana seperti uyon-uyon, wayang kulit serta pula karawitan Jawa. Jika anda disini berminat untuk mempelajarinya kesenian tersebut, maka disini anda juga dapat bergabung pada kelompok yang disediakan. Disini nantinya anda akan diajari secara langsung bagaimana cara memainkan alat musik tradisonal.

Tak hanya terdapat pagelaran musik serta pertunjukan tradisional saja, disini anda juga dapat menyaksikan dari dekat berbagai macam jenis upacara adat yang ada. Kegiatan tradisional ini telah banyak ditinggalkan di dikalangan daerah  kota besar. Yang mana diantaranya yaitu seperti sadranan, kenduri, ruwahan dan masih ada banyak kesenian dan tradisini lainnya.

4. Rumah Adat

Di tempat ini ada berbagai macam jenis rumah adat yang mana seperti rumah adat Joglo, Simon, serta Limasan yang masih banyak berdiri serta memiliki halaman yang luas. Halaman luas ini sering kali dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai tempat untuk bermain anak-anak. Permainan tradisional yang mana seperti kelereng sampai layangan nantinya akan banyak anda temukan di tempat wisata desa Ledok Sambi ini.

Tercatat ada banyak rumah joglo yang berdisi di kawasan Desa Sambi ini yang mana belum pernah dilakukan pemugaran maupun renovasi yang didirikan sudah sejak tahun 1952. Rumah tradisional ini tak hanya dapat anda amati saja, namun disini anda juga bisa menyewa sebagai tempat unutk menginap. Menginap di rumah tradisional yang memiliki suasana alam yang ada disekelilingnya pastinya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk anda bersama keluarga.

Sekian ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai Ledok Sambi : Wisata Alam Favorit Keluarga di Sleman Jogja. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat membantu anda dapat bisa menambah wawasan anda dalam berwisata. Terima kasih.