Kota Lama Semarang, Wisata Sejarang Bertemakan Eropa Klasik

Kota Lama Semarang, Wisata Sejarang Bertemakan Eropa Klasik – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Semarang.Semarang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Semarang, yaitu Kota Lama Semarang mari simak ulasan berikut.

Kota Lama Semarang

Kota Lama, tempat wisata untuk menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur bergaya Eropa klasik di Semarang. Deretan bangunan bersejarah kekinian dengan banyak spot foto keren.

Lokasi Kota Lama Semarang

Lantas, di manakah letak wisata Kota Lama? wisata ini berada tepat di Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.22, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Saat memasuki kawasan wisata sejarah ini, Anda akan dimintai tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang segala usia. Dengan biaya yang terjangkau tersebut, Anda sudah bisa mengakses keindahan bangunan bergaya Eropa klasik tersebut.

Tarif di atas belum termasuk biaya sewa untuk beberapa fasilitas yang ada disini, seperti sepeda onthel untuk berkeliling, dipasang tarif Rp 20.000 per orang. Tiket sepeda motor vespa adalah Rp. 25.000 per satu keliling kota.

Ada juga beberapa tur berbayar di Kota Lama. Salah satunya adalah 3D Trick Art Museum yang mematok tarif Rp 50.000 untuk setiap pengunjung sehingga bisa menikmati lukisan dan foto yang ada di dalamnya. Ada juga tour Ice Cream World dengan tiket masuk Rp 30.000.

Baca juga:  Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Ada juga layanan pemandu di sini. Mereka akan mematok tarif mulai dari Rp. 75.000. Jam buka tempat ini dihitung selama 24 jam setiap hari.

Daya Tarik Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang, Wisata Sejarang Bertemakan Eropa Klasik

Daya tarik apa saja yang ada di Kota Lama ini? Simak penjelasan berikut.

1. Polder Air Tawang

Kolam dengan luas kurang lebih 1 hektar tersebut merupakan Polder Air Tawang yang berfungsi untuk mengunci dan menyimpan air di Kota Tua. Anda bisa mengunjungi lokasi ini sebagai tempat jalan-jalan atau piknik bersama keluarga. Lingkungan sekitar danau sangat asri dengan rerumputan hijau dan taman kecil di pinggirnya.

Di dekatnya terdapat pepohonan dan semak hijau yang menambah keindahan kolam. Anda bisa melihat orang-orang memancing dengan tenang. Terdapat juga tangga di setiap tepinya, jadi kamu bisa langsung menyentuh air kolam yang hijau. Namun, berhati-hatilah saat berdiri di samping kolam.

2. Greja Bleduk

Blenduk atau “Mblendhuk” dalam bahasa jawa artinya membengkak. Ini mengacu pada atap kubah gereja yang membengkak. Seperti yang Anda ketahui, tempat ini merupakan kawasan peribadahan yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Bangunan beratap masjid ini dibangun pada tahun 1753 dan sudah mengalami renovasi dengan total 3 kali. Setiap kali direnovasi, pengelola akan mencatat aktivitas tersebut di atas ubin marmer di depan gereja.

Dengan gaya bangunan yang elegan dan klasik, gereja ini memiliki ruang utama yang terletak di tengah-tengah denah segi delapan atau segi delapan. Dari depan, Anda bisa melihat iringan lagu doa (organ) di atas altar. Tempat ini mempunyai suasana yang tenang dan sejuk, cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dari kesibukan kerja.

Baca juga:  Museum Ullen Sentalu, Wisata Sejarah dan Budaya di Sleman

Kota Lama Semarang, Wisata Sejarang Bertemakan Eropa Klasik

3. Taman Srigunting

Dulunya tempat ini merupakan tempat berkumpulnya tentara Belanda. Terletak di Gereja Blenduk Timur, taman berada di sebelahnya. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan duduk santai atau berkeliling taman. Lingkungannya juga asri dan mendukung sebagai spot foto populer.

Disini banyak terdapat tanaman hias dan pepohonan hijau. Lokasi ini menjadi tempat favorit para pengunjung karena terdapat spot tempat payung digantung di atap. Pemandangan tersebut membuat Taman Srigunting semakin hidup.

4. 3D Trick Art Museum

Museum yang memamerkan kurang lebih 108 jenis karya yang kesemuanya merupakan karya seni tiga dimensi. Ada berbagai tema yang bisa Anda temui saat berkunjung ke sini. Selain itu, museum seni yang dibuka pada tahun 2006 ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung.

Museum di Kota Tua ini menawarkan banyak karya unik. Beberapa yang terkenal di sini adalah Oemah Kwalik, Pemandangan Semarang, dan Wajah Harimau. Untuk masuk ke museum seni ini, kamu akan dikenakan biaya Rp 50.000. setelah itu kamu bisa keliling tempat sepuasnya dengan banyak spot foto yang epic dan keren.

5. Stasiun Tawang

Tempat ini hampir setua Stasiun Kota Tua Jakarta, artinya termasuk salah satu tempat yang memiliki catatan sejarah yang cukup panjang. Dengan bentuk bangunan kuno dan mempertahankan keasliannya, tempat ini menawarkan tempat yang menyenangkan untuk berjalan-jalan santai. Di sini jarang sepi, selalu dipadati pengunjung yang ingin berkeliling.

Itulah sedikit ulasan tentang Kota Lama Semarang, Wisata Sejarang Bertemakan Eropa Klasik dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.