Ketep Pass, Pesona Keidahan Gunung Kembar di Magelang

Ketep Pass, Pesona Keidahan Gunung Kembar di Magelang – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Magelang. Magelang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Magelang, yaitu Ketep Pass mari simak ulasan berikut.

Ketep Pass

Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata alam di Magelang yang tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat menikmati pesona keindahan 5 puncak gunung yaitu Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet dan Gunung Merbabu.

Lokasi Ketep Pass

Objek wisata alam ini terletak di jalur utama Solo-Selo-Borobudur. Jarak dari tempat wisata Candi Borobudur sendiri sekitar 30 km, dan kurang lebih 35 km dari pusat kota Magelang dan 30 km dari Boyolali.

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi tempat ini bisa menjadi liburan yang cukup meriah, karena tempat wisata ini menawarkan tiket masuk yang relatif terjangkau. Untuk tiket masuk warga lokal dan wisatawan domestik akan dikenakan biaya sekitar 10.500 rupiah pada hari Senin hingga Sabtu. Sedangkan hari Minggu dan hari libur nasional akan dikenakan biaya sekitar 12.500 per orang.

Tarif ini tidak berlaku untuk turis asing, karena ada biaya tersendiri. Bagi wisatawan dari luar negeri, masuk Ketep Pass harus merogoh kocek kurang lebih 50.000 per orang dari Senin hingga Sabtu. Sedangkan hari Minggu dan hari libur nasional dibandrol dengan harga 60 ribu yang sudah mencakup semua fasilitas dan minuman ringan gratis.

Baca juga:  Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor

Tarifnya 10.500 atau 12.500 untuk wisatawan lokal sendiri, belum termasuk tiket masuk ke Teater Gunung Api Ketep dan fasilitas teropong. Tiket masuk Teater Gunung Api Ketep seharga 9 ribu rupiah per orang. Dan tiket fasilitas binokuler hanya ditawarkan dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Daya Tarik Ketep Pass

Ketep Pass, Pesona Keidahan Gunung Kembar di Magelang

Ketep Pass merupakan tempat wisata alam yang berada di kawasan Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata ini telah diresmikan sejak 17 Oktober 2002, dan ditetapkan sebagai destinasi wisata jalur SSB atau Solo-Selo-Borobudur. Saat itu, Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan Ketep Pass.

Dikelilingi oleh pegunungan membuat Kabupaten Magelang memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang menakjubkan diantaranya Ketep Pass ini. Dari kawasan wisata dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa melihat Kabupaten dan Kota Magelang. Di sini Anda juga bisa melihat dengan jelas pemandangan indah pegunungan yang terhampar luas.

Tempat wisata ini memang berada di atas Bukit Sawangan, jadi dari atas sini Anda bisa melihat keindahan Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang tinggi di atas langit biru. Citra hijau Gunung Merbabu, dan keindahan asap yang mengepul dari arah Gunung Merapi menjadi pemandangan mahal yang tidak selalu bisa Anda dapatkan setiap hari.

Karena banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat keindahan kedua gunung tersebut, Anda bahkan bisa menemukan persewaan teropong di sini. Sewa teropong hanya dibandrol dengan harga beberapa rupiah saja, sangat murah. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengagumi keindahan alam setempat selama kurang lebih 1 jam.

Baca juga:  Waduk Jatibarang, Wisata Bendungan Terindah di Semarang

Bahkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang menyebut Ketep Pass merupakan salah satu pemandangan terbaik di Magelang. Tak heran, tempat ini tercatat mampu mendatangkan jumlah pengunjung hingga 340 ribu orang per tahun.

Itulah sedikit ulasan tentang Ketep Pass, Pesona Keidahan Gunung Kembar di Magelang dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.