Kebun Binatang Medan : Tempat Liburan Untuk Keluarga

Posted on

Kebun Binatang Medan : Tempat Liburan Untuk Keluarga – Jika anda bingung untuk berlibur besama keluarga anda. Maka disini anda perlu mencoba untuk berlibur ke kebun binatang Medan. Disini anda bisa merasakan keceriaan bersama keluarga anda pada saat aliburan kesini. Tak hanya itu kebun binatang juga bisa menjadi sarana pembelajaran atau edukasi untuk anak-anak. Sehingga kebun binatang sangatlah cocok sebagai sarana untuk berlibur.

Kebun Binatang Medan

Kebun Binatang Medan merupakan nama lain dari Pusat Konservasi Taman Marga Satwa yang ada di Kota Medan. Tempat ini merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah daerah yang mana tempat ini dikelola oleh PD Pembangunan Pemerintah Medan. Kebun binatang yang satu pertamakali dibuka pada tanggal 14 April 2005, yang diresmikan oleh Bapak Abdillah beliau adalah Walikota Medan.

Luas kebun binatang Medan ini yaitu mencapai 30 hektar, sehingga agar dapat mencapai kandang binatang satu ke kandang yang lainnya disini anda harus menempuh jarak mencapai 1 kilometer. Adanya banyak pepohonan yang rindang, bahkan ada juga aliran sungai kecil yang seperti sedang membelah kebun binatang. Keasrian yang terdapat pada kebun binatang ini membuat para wisatawan yang berkinjung tidak akan terasa lelah meski berjalan cukup jauh.

Sebelumnya, di kebun binatang ini sendiri adalah perpindahan dari kebun binatang lama yang letaknya berada di daerah Medan Maimun. Dengan bertambahnya koleksi hewan yang terdapat pada kebun binatang ini, sehingga disini pemerintah memerlukan lahan yang lebih luas untuk membantu kegiatan operasional. Sehingga akhirnya kebun binatang ini dipindahkan ke Simalingkar B yang mana sebagian masih memakai kandang dan peralatan lama.

Lokasi Kebun Binatang Medan

Bil anda disini ingin mengunjungi kebun binatang Medan ini, lokasi dari tempat ini yaitu berada di : Jl. Bunga Rampai IV, Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Prov. Sumatera Utara. Nah untuk memperumdah dalam mencari rute menuju tempat wisata kebun binatang Medan ini saya sarankan anda untuk menggunakan GPS atau anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang sudah terpasang pada perangkat anda untuk mempermudah mencari lokasinya.

Harga Tiket Masuk

Kebun binatang medan ini buka setiap hari yaitu mulai dari jam 08.00 sampai17.00 dengan demikian anda bisa mengujungi pada jam tersebut. Untuk harga tiket masuk ke kebun binatang ini sendiri, Disini Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15.000 untuk per orang. Untuk pengunjung anak-anak mulai dari usia 1 hingga 3 tahun nantinya tidak dipungut biaya untuk tiket masuknya. Sedang untuk biaya sewa parkir, Apabila anda Anda memakai kendaraan roda dua atau bermotor anda bisa membayar Rp 2.000, sedangkan untuk mobil anda akan dikenai biaya Rp 4.000.

Daya Tarik Kebun Binatang Medan

Sebagai tempat liburan keluarga dengan biaya yang murah meriah, kebun binatang ini mempunyai daya tarik yang tersendiri. Maka tak heran apabila destinasi yang satu wisata ini tidak pernah sepi akan pengunjung, tekebih lagi pada saat musim libur tiba. Kebun binatang disini tak hanya digunakann sebagai tempat yang menyenangkan untuk berlibur, akan tetapi juga dapat memberikan edukasi terlebih lagi kepada anak-anak.

1. Koleksi Hewan

Taman marga satwa yang satu ini mempunyai koleksi yang menarik dan banyak sekali jenisnya. Jumlah hewan yang terdapat tempat ini juga cukup banyak. Dikebun binatang ini ada sekitar 26 jenis burung, yang totalnya mencapai 167 ekor. Sedangkan untuk reptilnya sendi ada 6 jenis dengan jumlah 37 ekor dan 16 jenis mamalia dengan jumlah 70 ekor. Seluruh hewan yang terdapat pada kebun binatang ini sebanyak mencapau 274 ekor hewan.

Kebun Binatang Medan

Terdapat berbagai hewan yang mana memang cukup banyak untuk anda temukan di Medan. Misalnya seperti Buaya Sengulong yang mana disini ada penangkaran buaya yang tidak jauh dari lokasi wisata ini, yang mana hanya berjarak berkisar 5 kilometer saja. Terdapat pula Harimau Sumatra yang jumlahnya 11 ekor di kebun binatang ini dan bisa dibilang masih cukup mudah untuk ditemukan di hutan-hutan yang ada di Sumatra.

Kebun Binatang Medan

Sementara itu, ada juga hewan-hewan yang langka yang bisa anda temukan pada kebun binatang ini, yang mana salah satunya adalah benggala putih. Jenis harimau ini sangat langka sehingga sangat perlu untuk dijaga dan dilindungi agar keberadaan harimai ini tidak punah. Hewan yang cukup buas ini tidak boleh didekati sebab hewan ini cukup berbahaya. Akan tetapi terdapat pula beberapa hewan jinak yang mana seperti rusa yang mana disini pengunjung boleh mendekat dan bahkan pengunjung juga bisa memberinya makanan.

2. Tempat yang Luas dan Asri

Kawasan kebun binatang ini bisa dibilang sangat luas, maka dari itu disini para pengunjung bisa leluasa untuk menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan serta berkeliling di kebun binatang. Untuk satu kandang hewan menuju kandang hewan lainnya memang perlu menempuh jarak yang lumayan jauh, akan tetapi disini pengunjung tidak akan merasa lelah sebab seluruh perhatian anda disini akan tercuri pada hewan-hewan yang menarik.

Tak hanya itu, di kebun binatang ini juga suasananya masih sangat asri. Ada banyak sekali pepohonan rimbun yang tumbuh di kanan kiri area kebun binatan ini. Dengan adanya pepohonan yang ada ditempat ini membuatĀ  kebun binatang menjadi teduh dan rindang. Meskipun anda disini datang pada siang hari, panas matahari disini tidak akan terlalu menyengat sehingaga anda tidak akan merasa kepanasan disini. Ditambah dengan adanya sungai kecil yang mana membuat suasana dikebun binatang ini menjadi lebih alami.

3. Wahana Lain

Kebun Binatang Medan

Tidak hanya terdapat binatang saja, di Kebun Binatang Medan juga terdapat wahana-wahana lain yang mana sangat seru jika anda ingin menghabiskan liburan ditempat ini bersama keluarga. Sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga, kebun binatang ini juga menyediakan taman untuk bermain dengan berbagai macam permainan yang menyenangkan. Ditempat ini juga terdapat bebek air serta permainan mobil-mobilan yang bisa disewa untuk para pengunjung yang datang.

Kebun Binatang Medan

Terdapat pula penyewaan ATV apabila anda disini ingin merasakan tantangan dengan berkendara di hutan yang mempunyai track dengan jalur berbukit-bukit. ADa juga permainan paint ball sebagai permainan yang bisa anda lakukan dengan teman atau keluarga anda saat berlibur kesini. Wahana lainnya yaitu berupa outbond serta camping ground yang mana banyak menarik wisatawn untuk merasakan kegiatan yang berada diluar ruangan.

Kebun Binatang Medan ini bisa menjadi sarana alternatif liburan untuk bersama keluarga Anda. Tak hanya menyenangkan, di tempat wisata ini juga bisa menjadi tempat untuk edukasi anak-anak tentang berbagai macam binatang dan pentingnya untuk menjaga satwa langka supaya satwa tersebut nantinya tidak punah. Liburan anda disini akan semakin menarik sebab terdapat wahana seru yang bisa anda coba bersama teman atau keluarga.

Sekian penjelasan dari saya mengenai Kebun Binatang Medan : Tempat Liburan Untuk Keluarga. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi liaburan anda bersama teman atau keluarga anda. Sekian terima kasih.