Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan

Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan – Banyuwangi memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi yaitu kawah ijen simak ulasan berikut.

Kawah Ijen

Kawah ijen merupakan sala satu wisata alam yang sangat eksotis dan menarik untuk dijelajahi di banyuwangi. Terdapat api biru abadi dan kawahnya yang membuat kesan eksotis sehingga banyak wisatawan yang datang karena daya tariknya.

Lokasi Kawah Ijen

Lantas, di manakah letak Wisata Kawah Ijen Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi.. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Bila anda yang ingin berkunjung ketempat wisata ini tempat peniketan buka dari jam 00.00 hingga jam 12.00. tiket masuk untuk warga indonesia yaitu dikenakan tarif sebesar 5.000 dan 7.500 pada hari besar atau hari libur. Untuk turis mancanegara akan dikenakan tarif sebesar 100.000 pada hari biasa dan 150.000 pada hari libur atau hari besar.

Baca juga:  Puncak Akui : Keindahan Panorama Alam di Langkat

Daya Tarik Kawah Ijen

Daya tarik apa saja yang ada Kawah Ijen? Mari simak pembahasan berikut.

1. Pemandangan Dari Atas Gunung yang Menawan

Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan

Untuk para wisatawan atau pendaki yang berkunjung ketempat ini pasti tidak akan kecewa apabila sudah berada di puncak gunung ini. Pemandangan dari titik tertinggi kawasan wisata ini sangat menawan, karena Anda bisa melihat keindahan danau kawah, pegunungan, api biru dan pemandangan alam yang luar biasa sekaligus.

2. Menyaksikan Sunrise

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Jika Anda mendaki di malam hari, Anda akan berkesempatan untuk menikmati indahnya matahari terbit atau yang serimg dikenal dengan sunrise dari puncak Gunung Ijen. Pengunjung bisa melihat matahari terbit perlahan dari tepi pegunungan di kedua sisi kawasan wisata.

3. Dikelilingi Jejeran Gunung Besar di Pulau Jawa

Dari kawasan kompleks kawasan Ijen, pengunjung akan dihadapkan pada pegunungan megah di pulau Jawa. Pengunjung dapat melihat puncak Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung raung dan Gunung suket dari atas gunung tersebut.

4. Fenomena Api Biru yang Ikonik

Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan

Fenomena inilah yang menjadi tujuan utama wisatawan datang ke tempat wisata Banyuwangi. Api biru yang mempesona dan eksotis di Kawah Ijen akan terlihat jelas di tempat yang masih gelap di pagi hari. Uniknya, fenomena langka di dunia hanya ada dua, yakni Ethiopia dan Banyuwangi.

5. Danau Kawah yang Indah

Danau kawah di puncak Gunung Ijen merupakan pusat dari tempat wisata itu sendiri. Danau air asam terbesar di dunia yang memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter dan luas hingga 5.466 hektar. Warna hijaunya air terlihat asri, terutama di tengah hamparan pasir gunung yang berwarna putih.

Baca juga:  Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten

6. Alamnya yang Terjaga

Berada di kawasan cagar budaya, Anda bisa menjaga lingkungan alam sekitarnya dengan baik. Pada bagian bawah gunung ini sangat hijau dan alami, dan di puncak gunung terdapat pasir yang memiliki warna putih kecoklatan, dan juga area kawahnya sangat menakjubkan. Karena pengunjung dan pengelola yang sangat menjaga tempat betul-betul tempat ini agar selalu rapi dan teratur, ada juga area yang sangat bersih.

7. Kabut Putih yang Bercampur dengan Belerang

Bagi wisatawan yang berkunjung, anda akan merasakan udara yang dingin di sekitar gunung dan akan melihat kabut putih yang naik dari lereng. Kabut putih biasanya memiliki bau belerang yang tidak terlalu menyengat, yang berasal dari pegunungan, membentuk pemandangan indah seperti dipadang pasir.

8. Tambang Belerang

Sebagai tempat yang kaya akan belerang, inilah tambang belerang yang menjadi salah satu pendapatan warga sekitar. Pengunjung akan melihat penambang yang secara tradisional memasuki kawasan kawah ini dan mengambil puluhan kilogram batu belerang yangberwarna kekuningan.

9. Kopi Lego Khas di Lereng Gunung

Di lereng bukit ini terdapat kopi yang unik yang sayang untuk dilewatkan saat Anda berkunjung ke kawasan wisata ini. Nama Kopi Robusta sendiri mewakili tempat di mana kopi ini tumbuh yaitu Lerek-Gombengsari. Keistimewaannya, pengunjung bisa memetik dan menyeduh kopi di perkebunan kopi yang ada di tempat ini.

Itulah sedikit ulasan Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.