Kampung Kapitan, Kampung Bersejarah di Kota Palembang

Kampung Kapitan, Kampung Bersejarah di Kota Palembang – Pastinya anda sudah tidak asing dengan dengan Palembang, yang mana kota ini terkenal dengan akan makanan khasnya bernama pempek. Palembang juga tak hanya terkenal wisata ikonnya yaitu Jembatan Ampera, namun ada juga wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat berada di Kota Palembang. Kali ini saya akan membahasa salah satu tempat wisata di Palembang yaitu Kampung Kapitan.

Kampung Kapitan

Jika anda sedang berlibur ke Palembang sepertinya ada yang kurang jika anda tidak mampir ke Kampung Kapitan. Dan letaknya dari kampung ini yaitu berada di tepian sungai Musi. Apabila anda sedang di area perkampungan tersebut anda akan berbagai keunikan dan dilengkapi dengan sejarang yang menarik. Jika anda penasaran dengan keunikan desa ini anda bisa langsung datang saja ke kampung ini yang letaknya berada di kota Palembang.

Tak hanya itu saja, daya tarik lain dari kampung in yaitu terdapat beberapa peninggalan Tionghoa. Biasanya pada saat sedang perayaan besar Tionghoa seperti Tahun Baru China dan Cap Go Meh, tempat ini akan sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal saja yang bekjung kesini, bahkan dari luar kota pun ikut berbondong-bondong kesini untuk melihat kedua perayaan tersebut.

Kampung ini juga bisa dikatakan spot wisata terbaik dengan harga yang sangat terjangkau jika anda ingin ingin menghabiskan waktu libur anda di kota pempek ini. Yang lebih menarik lagi, nantinya anda akan menemukan berbagai wisata sejarah serta spot-spot menarik di kampung ini.

Lokasi Kampung Kapitan

Lokasi Kampung Kapitan

Letak dari Kampung kapitan ini sendiri yaitu berada di 7 Ulu, kota Palembang. Untuk lokasinya sendiri bisa anda lihat dari pinggiran sungai musi. Jadi jika anda sedang berada di dekat sungai musi maka anda akan melihat jelas keberadaan kampung ini, karena letaknya berada di pusat keramaian. Jika anda ingin kesini anda bisa memilih dua jalur yaitu jalur sungai dan jalur darat. Maka dari itu anda bisa memilih akses yang menurut anda lebih mudah.

Harga Tiket Masuk

Kampung ini sendiri manjadi salah satu spot wisata favorit bgai bagi masyarakay Palembang. Selain pemandangannya yang unik dan juga sangat khas, untuk masuk ke kawasan in juga tidak merogoh kocek yang begitu mahal. Yang mana disini anda hanya perlu mengeluarkan biaya 5 ribu per orang saja, dan anda sudah bisa menikmati keindahan kampung ini sepuasnya.

Daya Tarik Kampung Kapitan

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ada di kampung wisata kapitan, diantaranya yaitu.

1. Mengusung Gaya Arsitektur Cina

Daya Tarik Kampung Kapitan

Kampung ini menyimpan banyak sekali keunikan yang mana keunikan tersebut tidak akan anda temukan ditempat wisata lainnya. Salah satu yang bikin menarik dari kampung ini yaitu mengusung gaya arsitektur Cina. Disini nantinya anda akan menemukan 3 rumah yang memiliki usia lebih dari 300 tahun dengan dinding yang masih kokoh.

Ketiga rumah in merupakan bangunan dari sang Kapitan beserta dengan keturunannya. Hingga saat ini keturunannya ini masih berada dikawasan kampung tersebut bahkan sekarang ini sudah mencapai keturunannya yang ke 13. Berdasarkan dari informasi masyarakat sekitar bahwasannya tiga rumah ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Rumah satu untuk abu para leluhur dan dua rumah lainnya digunakan sebagai hunian dan tempat ibadah.

Daya Tarik Kampung Kapitan

2. Warna Merah yang Mendominasi

Tak hanya itu saja, anda juga akan menemukan warna merah yang begitu sangat mendominasi tempat tersebut. Apalagi pada bagian interiar rumah ketiga yang ada kawasan kampung wisata tersebut. Sehingga sangat wajar jika warna merah sangat mencolok disini. Dari sebagian besar Klenteng Tionghoa akan menggunakan warna merah paba bangunannya.

Apabila anda disini pernah melihat bangunan-bangunan Tionghoa seperti Klentang, pasti warna yang mendominasi bangunan tersebut adalah warna merah. Jika anda disini sering menemukan banyaknya warna merah maka itu merupakan ciri dari bangunan Tionghoa.

3. Pagoda dari Taiwan

Di kampung ini anda nantinya akan menemukan pagoda asli yang mana pagoda tersebut berasal dari Taiwan. Pagoda tua ini merupakan pemberian dari orang Taiwan. Jika anda ingin melihat pagoda tersebut maka adna harus datang ke komplek ini.

Akan tetapi ada yang mengatakan bahwa pagoda ini sudah merusak hadian yang diberikan oleh Menteri Budaya Taiwan. Apabila anda disini ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, maka tidak ada salahnya jika anda mengunjungi langsung tempat ini.

Daya Tarik Kampung Kapitan

4. Lukisan Sang Kapitan

Masih ada satu lagi daya tarik yang ada ditempat ini, daya tarik tersebut adalah terdapat lukisan Sang Kapiran. Yang lebih menarik lagi dari lukisan ini adalah matanya seakan-akan mengikuti wisatwan yang melihat lukisan tersebut. Tidak hanya bagian mata saja akan tetapi bagian sepatu juga.

Jika nanti anda berkunjung kesini anda sudah tidak perlu heran lagi. Sebab dari keunikan ini lah yang membuat wisatwan tertarik untuk melihatnya secara langsung. Apalagi lukisan tersebuat sudah lama ada.

Fasilitas Kampung Kapitan

Fasilitas Kampung Kapitan

Disini anda akan menemukan fasilitas foodcourt serta terdapat pusat kuliner yang begitu khas. Di area sini juga terdapat retoran yang sangat populer. Jadi apabila anda sudah merasakan lapar, alangkah baiknya anda singgah sejenak dan merasakan kelezatan hidangan makanan kota Palembang ini.

Untuk anda disini yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarganya anda tidak perlu khawatir. Sebab disini telah tersedia pusat oleh-oleh atau kuliner yang nantinya bisa anda beli. Sudah pasti harganya juga sangat terjangkau. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir jika ingin mengeluarkan biaya untuk oleh-oleh nanti merogoh kocek and ayang cukup dalam.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya tentang wisata Kampung Kapitan, Kampung Bersejarah di Kota Palembang. Semoga penjelasan yang telah saya berikan ini bisa bermanfaat dan bisa jadikan sebagai referensi liburan anda. Terimakasih.