Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat

Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat – Sumatera barat memang sangat kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Barat, yaitu Jembatan Siti Nurbaya simak ulasan berikut.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan siti nurbaya merupakan jembatan ikonik yang berada di Sumatera Barat. Nama jembatan ini mengadopsi sebuah judul novel kalsik yang berlatarkan Minangkabau. Jembatan siti nubaya ini sudah sangat melekat di hati masyarakat padang. Jembatan ini terbentang di atas sungai dengan keindahan panorama kota tua yang bersejarah.

Lokasi Jembatan Siti Nurbaya

Lantas, di manakah letak jembatan siti nurbaya Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Jl. Kp. Batu, Batang Arau, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bila anda belum mengetahui letak dari tempat wisata ini maka anda bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Jembatan Siti Nurbaya

Berikut adalah daya tarik yang ada di Jembatan Siti Nurbaya yaitu:

1. Terhubung dengan Gunung Padang

Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat

Daya tarik yang pertama yaitu jembatan ini terhubung langsung dengan Gunung Padang. Ditempat ini anda bisa melihat langsung deretan pepohonan yang indah yang nampak dari kejauhan. Panorama serba hijau ini memberikan tersendiri bila anda mengunjungi tempat wisata ini. Udaranya yang sejuk dan segar membuat para wisatawan betah berwisata di tempat ini. Dan tak hanya itu lingkungannya juga relatif bersih dan juga terawat.

Baca juga:  Bukit Cinta Ambarawa, Keindahan Perbukitan di Rawa Pening

Gunung padang merupakan bukit kecil yang memiliki ketinggian 80 mdpl. Masyarakat disana menyebut demikian karena karena bukit tersebut merupakan daerah tertinggi yang berada pada pusat kota. Bila anda berkujung kesini anda akan melintasi jembata siti nurbaya.

2. Hamparan Sungai Batang Arau

Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat

Jembatan ini membentang di sungai batang arau, sungai batang arau sendiri memisahkan pusat kota dengan Sebarang Padang. Bila anda berjunjung kesini anda akan mendapati kapal-kapal yang berlabuh di tepian sunagai Arau.

Keindahan panorama dari atas jembatan siti nurbaya sangat menakjubkan. Muara ini berujung di Samudra Hindia. Namun, kualaitas air tersebut tidak terlalu baik, ter kadang tampat airnya berwarna kecoklatan dan keruh.

Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat

Yang bikin menarik dari tempat ini yaitu terdapat gubuk kecil berbentuk seperti kapal yang berada di tepi sungai. Bagi anda yang gemar membaca gubuk ini sangat cocok untuk anda karena gubuk ini menampung banyak buku.

3. Panorama Kota Tua Padang

Kenapa di sebut kota tua? Karena kota ini nuansanya sangat kental seperti zaman dahulu. Kota ini sangat berkaitan sangat erat dengan masa penjajahan. Bangunan disini juga bergayakan kuno, namun tak hanya itu bangunan ini juga kaya akan sejaraahnya. Bila anda datang ketempat ini anda akan merasakan seolah-olah anda dibawa kembali kemasa sebelum Indonesia merdeka. Anda bisa saksikan sema keistimewaan tersebut melalui jembatan siti nurbaya.

Baca juga:  Keindahan The Lodge Maribaya Bandung yang Merarik Untuk Dikunjungi

Tak akan ada salahnya bila anda mampir ke Kota Tua ini. Ditempat ini perpaduan budayanya beragam etnis melebur menjadi satu. Di Kota Tua ini sangat cocok untuk anda yang ingin menambah wawasan mengenai Nusantara. Di sini anda akan menemukan berbagai budaya mulai dari suku Minangkabau, Jawa, India, Tionghoa, Nias hingga Melayu berkumpul menjadi satu. Hal tersebut mencerminkan tentang makna toleransi yang belakangan ini banyak di perbincangkan oleh khalayak.

Itulah sedikit ulasan Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.