Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat – Islamic Center Tulang Bawang Barat memiliki desain yang unik tanpa kubah, dan interiornya yang berbeda dengan Islamic Center lainnya menjadikan Islamic Center Tulang Bawang Barat salah satu bangunan termegah di Lampung.

Sebagai sebuah kompleks kegiatan keagamaan, namanya merupakan “kompleks dunia akhirat”, dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar daerah. Seperti apa kemegahan tempat wisata di Tulang Bawang Barat? Di sini, saya akan memberi Anda informasi.

Islamic Canter Tulang Bawang Barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat terletak di Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA), Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Desa Panaragan Jaya, Pulung Kencana.

Jika Anda ingin mencapai tempat ini dari Bandar Lampung, Anda perlu menggunakan mobil pribadi sekitar 4-5 jam. Jika bisa ditempuh dengan sepeda motor, lokasi ini memang jauh, namun Anda tidak akan merasa lelah saat sampai di tempat ini.

Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Wisata di Islamic Canter Tulang Bawang Barat

Saat mengunjungi Islamic Center di Kecamatan Tulang Bawang Barat, Anda akan melihat banyak bangunan seperti Masjid Agung, Rumah Adat dan pemandangan danau buatan yang indah.

Tempat ini diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim pada tahun 2016 lalu. Ada Masjid Agung Baitu Sobhur dengan dekorasi yang unik. Detailnya di bawah.

Baca juga:  Informasi Terkini dari Puncak Mas Lampung Dengan Lengkap

Masjid Agung Baitu Sobhur (Masjid Asmaul Husna)

Sebenarnya lebih dikenal dengan Masjid 99 Cahaya atau Masjid Asmaul Husna, masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat berbeda dengan kebanyakan masjid di Indonesia bahkan dunia.

Karena masjid ini dibuat secara vertikal dan tidak ada menara atau kubah di atasnya. Arti nama Masjid Baitu Shobur adalah “Tempat Orang Yang Sabar”. Selain itu, terdapat filosofi dari 99 lampu masjid ini, yaitu:

  • Memiliki ukuran 34×34 meter diambil dari banyaknya jumlah sujud ketika menjalankan Sholat Wajib dalam Umat Islam.
  • Ditopang dengan 114 pilar dari beton merupakan lambang banyaknya surat dari kitab suci Al-Qur’an.
  • Meski kubah yang tidak ada di masjid ini tentunya memiliki arti tersendiri. Jika kebanyakan masjid biasanya memiliki kubah bulat, maka Masjid Asmaul Husna berbentuk persegi lima. Artinya itu melambangkan lima shalat wajib.
  • Kemudian masjid ini mempunyai tinggi 30 meter yang memiliki arti bahwa Juz dalam Al-Qur’an ada 30 Juz.

Ciri unik lain dari masjid ini adalah terdapat 99 lubang cahaya untuk menerangi masjid dan berubah sesuai dengan perputaran bumi mengelilingi matahari, yang sering disebut sebagai kubah cahaya 99 Asmaul Husna.

Di dalam masjid selain digunakan sebagai tempat kegiatan ibadah juga sering dijadikan sebagai tempat foto selfie, mencari foto ataupun foto pernikahan.

Banyak wisatawan disana yang penasaran, karena ingin melihat keindahan desain arsitektur masjid ini. Bahkan karena kemegahannya, bangunan masjid ini berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu “Venice Biennale Architect” di Venice, Italia.

Baca juga:  Ngarai Sianok : Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket Masuk

Sesat Agung Bumi Gayo

Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Anda bisa melihat rumah adat Lampung di sekitar masjid di Islamic center Tulang Bawang Barat. Rumah adat Lampung ini bersebelahan dengan Masjid Agung dan disebut “Sesat Agung Bumi Gayo”

Dibangun dengan desain yang berbeda dan menggabungkan empat rumah besar, yang berarti empat suku besar di Tulang Bawang. Empat rumah besar ini menaungi lima rumah besar di dalamnya, yang berarti “melindungi para imigran dari lima pulau besar di Indonesia, menyatukan dan menyatu menjadi satu”

Danau Indah dengan Ribuan Ikan Hias

Terdapat danau buatan di sekitar kompleks masjid, yang tak kalah menawan bagi anda yang mengunjunginya. Danau ini sangat luas karena terbentang panjang di halaman Islamic Center.

Memasuki halaman, Anda bisa melihat danau. Di dalam danau disajikan ikan hias cantik yang siap diberi makan oleh pengunjung. Anda bisa memberi makan ikan hanya dengan membayar Rp. Hanya 5000.

Kemegahan Islamic Center Tulang Bawang Barat

Taman Santai

Ada sebuah taman yang indah dimana Anda bisa bersantai atau sekedar berfoto selfie. Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang bebatuan yang tertata rapi atau pepohonan kecil yang terlihat seperti hutan lebat.

Demikian informasi tentang Islamic Center di Tulang Bawang Barat yang sangat megah dan terkenal di Italia. Semoga bisa menjadi patokan Anda saat akhir pekan bersama keluarga. Selamat berlibur.