Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor

Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor – Bogor memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bogor, yaitu Hutan Pinus Sentul simak ulasan berikut.

Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul merupakan salah satu destinasi alam yang menawan di Bogor, Jawa Barat. Hutan asri di kawasan Gunung Pancar ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan, ditambah berbagai aktivitas liburan seru yang bisa dilakukan.

Lokasi Hutan Pinus Sentul

Lantas, di manakah letak Hutan Pinus Sentul ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Jl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk dari Senin hingga Jumat adalah Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 100.000 untuk wisatawan asing. Untuk liburan saat akhir pekan tiba, biayanya Rp 7.500 untuk turis lokal dan Rp 150.000 untuk turis asing.Sedan

Baca juga:  Taman Pelangi Jogja : Wisata Malam Kekinian di Sleman

gkan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan roda empat sebesar Rp 7.500 pada hari biasa. Apalagi di akhir pekan atau hari libur biaya parkirnya naik dua kali lipat.

Daya Hutan Pinus Sentul

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Hutan Pinus Sentul.

1. Tegakan Pinus

Daya tarik utama di tempat wisata ini tentu saja karena banyaknya pohon pinus yang tegak dan menjulang tinggi. Pemandangan yang disajikan tentunya sangat khas dari hutan lindung yang masih alami. Selain keberadaan pohon pinus, juga terdapat banyak pohon dengan jenis yang berbeda-beda dengan keindahan yang tidak jauh berbeda.

Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor

2. Flora dan Fauna

Liburan anda di tempat wisata ini juga akan ditemani dengan berbagai suara yang berasal dari hewan liar yang hidup disana. berbagai macam hewan yang hidup disana antara lain seperti babi hutan, jelatang, surili, kera, dan owa jawa.

Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat berbagai jenis burung eksotis. Misalnya seperti elang, jalak, hingga kutilang. Kemudian, flora di hutan pinus ini juga beragam, seperti jamuju, saninten, puspa, rotan, dan rasamala.

3. Wisata Ziarah

Tidak hanya sebagai wisata alam, di Hutan Pinus Gunung Pancar juga terdapat makam keramat beberapa tokoh lokal yang dijadikan wisata religi oleh pengunjung. Konon makam tersebut memang sudah tua dan memiliki aura yang berbeda bagi orang yang mengunjunginya.

Baca juga:  Taman Kyai Langgeng, Tempat Wisata Keluarga Favorit di Magelang

Beberapa makam tersebut milik Raden Surya Kencana, Kalijaga, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Lawulung dan beberapa tokoh lokal lainnya. Menariknya, di makam tersebut juga terdapat berbagai pertunjukan seni budaya yang ditampilkan hanya pada hari-hari tertentu saja.

4. Misteri Gunung Pancar

Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor

Gunung Pancar yang menjadi lokasi hutan pinus ini juga memiliki cerita misteri yang bisa dijadikan objek wisata disana. Kisah misteri ini juga sudah populer dan tersebar luas, terutama di kalangan masyarakat sekitar sana. Konon Gunung Pancar merupakan dasar bumi yang diciptakan pertama kali.

Saat diciptakan, bumi itu sendiri masih datar dengan tanah dan tidak ada bukit atau gunung yang menjulang. Suatu hari, terjadi berbagai gempa bumi hingga akhirnya Yang Maha Kuasa menciptakan sebuah gunung yang berfungsi untuk menstabilkan bumi.

Gunung ini dimaksudkan untuk dijadikan pasak bumi agar bisa lebih tenang dan kuat. Oleh karena itu, jika pasak bumi ini kemudian disebut sebagai “Pancar”. Kata “Pancar” sendiri memiliki arti “Tampil Pertama”.

Itulah sedikit ulasan Hutan Pinus Sentul : Keindahan Panorama Gunung Pancar Bogor dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.