Pantangan! 6 Hal Tidak Boleh Dilakukan Berwisata

Pantangan! 6 Hal Tidak Boleh Dilakukan Berwisata – Banyak orang mencari kesenangan dengan cara berlibur. Namun jangan sampai terjadi sebaliknya, semua menjadi kacau karena Anda melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata. Maka dari itu penting bagi wisatawan untuk mengetahui aturan norma di tempat yang dikunjungi.

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berwisata

Mengunjungi tempat wisata memang aktivitas menyenangkan. Meskipun begitu Anda tidak bisa melakukan tindakan seenaknya sendiri dan dapat merugikan orang lain. Pasalnya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata, diantaranya seperti berikut ini:

Membuang Sampah Sembarangan

Menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting, dengan melakukannya kondisi lingkungan menjadi lebih nyaman. Perilaku tersebut tentunya harus dibiasakan dimanapun, terutama di tempat-tempat umum.

Untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan lokasi wisata tersebut, para wisatawan dilarang keras membuang sampah secara sembarang karena hal itu dapat menimbulkan masalah. Semua pengunjung sangat disarankan supaya mengumpulkan barang bekas ke tempat yang disediakan.

Membuat Kegaduhan

Selain menjaga kebersihan, wisatawan juga dilarang keras untuk membuat kegaduhan. Pasalnya, hal tersebut dapat mengganggu ketenangan pengunjung lainnya. Karena semua orang yang berlibur tentu mengharapkan dapat menikmati pemandangan dan suasana yang nyaman, bukan sebaliknya.

Baca juga:  Menara Siger Ikon Lampung Yang Menaraik Untuk Dikunjungi

Bahkan di beberapa tempat wisata yang suci seperti pura, masjid dan lainnya. Wisatawan dilarang keras mengucapkan kata-kata kasar dan melakukan kegiatan tercela lainnya sehingga mengundang kegaduhan. Pasalnya, hal itu dipercaya dapat menimbulkan efek buruk bagi kehidupan pelaku.

Mencoret-coret

Jika berkunjung ke suatu tempat wisata mungkin Anda pernah menemui beberapa coretan bertuliskan nama atau lainnya. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk sebagai kenang-kenangan.

Namun perlu diketahui, mencoret-coret di tempat wisata merupakan hal yang sangat dilarang. Pasalnya, secara tidak langsung bekas atau tanda tersebut dapat mengurangi nilai keindahan atau historisnya dari destinasi wisata itu.

Merusak Fasilitas

Hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata berikutnya adalah merusak fasilitas umum. Pasalnya, tindakan ini sangat merugikan karena untuk membuatnya membutuhkan biaya. Selain itu, juga dapat mengurangi rasa nyaman pengunjung lainnya.

Merusak fasilitas umum di tempat wisata, merupakan salah satu tindakan tidak bertanggung jawab. Bahkan perilaku tersebut bisa dikategorikan dalam kriminalitas, jika dilaporkan kepada pihak berwenang tentu pelaku dapat dijerat hukuman pidana dengan hukuman kurungan maupun denda.

Mencuri Benda di Area Wisata

Berikutnya hal yang dilarang dilakukan pengunjung saat berwisata yakni mencuri benda-benda bersejarah. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa situs-situs tersebut mempunyai nilai jual tinggi karena mengandung historis. Meskipun begitu tindakan tersebut tidak bisa dibenarkan.

Baca juga:  Desa Unik di Bali, Tradisi Pemakaman Desa Trunyan

Seharusnya pengunjung harus ikut menjaga benda-benda bersejarah tersebut, bukan malah sebaliknya. Tindakan tidak bertanggung jawab dengan mencuri situs tersebut merupakan kejahatan yang bisa dikenai hukuman pidana, baik berupa denda maupun kurungan penjara.

Berpakaian Tidak Sopan

Hal terakhir yang tidak boleh dilakukan saat berwisata yakni berpakaian tidak sopan. Memang setiap orang mempunyai hak pribadi berpenampilan sesuai keinginan, namun jangan sampai hal itu mengundang perhatian banyak orang dan berakibat menimbulkan masalah atau kegaduhan.

Perlu dipahami bahwa ada beberapa destinasi wisata sakral mempunyai aturan serta norma yang harus dipatuhi. Sebagai bentuk menjaga etika sangat disarankan bagi wisatawan agar berpakaian tertutup, baik pengunjung pria maupun wanita sehingga tampak lebih sopan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai hal tidak boleh dilakukan berwisata. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda maupun wisatawan lain, tentang aturan berkunjung ke tempat wisata.