Gunung Lampung, Spot Favorit Para Pendaki

Gunung Lampung, Spot Favorit Para Pendaki – Teruntuk teman-teman para pecinta alam maupun pendaki gunung, di Lampung memiliki 3 gunung yang wajib dikunjungi oleh para pendaki, daya tarik yang disajikan di gunung-gunung lampung juga tidak kalah dengan gunung-gunung tersohor di kawasan jawa.

Di lampung rata-rata ketinggian gunung nya mulai dari sekitar 800 mdpl (meter di bawah permukaan laut) hingga 2.200 mdpl. Kali ini saya akan mengulas beberapa gunung yang wajib di eksplor para pendaki khususnya di daerah lampung.

Spot Pendakian Gunung Lampung

Berikut ini adalah beberapa spot pendakian gunung di lampung:

Gunung Tanggamus

Gunung Lampung, Spot Favorit Para Pendaki

Letak Gungung Tanggamus yaitu Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Gunung ini mencakup tiga kecamatan yaitu Kota Agung, Gisting, dan Ulubelu. Untuk ketinggian gunung Tanggamus ini yaitu mencapai 2.102 mdpl. Untuk gunung Tanggamus ini pemandangannya sangat indah dan anda bisa melihat teluk semangka dari sana.

Untuk jalur yang paling sering digunakan para pendaki adalah jalur dari gisting. Untuk jalur gisting pendaki harus berjalan sejauh 5 km untuk sampai ke ujung aspal. Dari tempat tersebut pendaki menempuh 15 menit perjalanan untuk ke pintu masuk atau yang disebut juga rimba hutan. Tiga jam dari sana kemudian pendaki akan menemukan shelter ke 2.

Baca juga:  Keindahan Bukit Bintang Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bagian menantang untuk pendaki di gunung Tanggamus adalah terdapat tebing yang terjal sehingga di harus kan membawa alat bantu untuk mendaki dan juga tidak adanya air di puncak sehingga pendaki harus membawa air sendiri dari bawah atau base camp. Namun semua itu akan terbalas kan, di puncak gunung pendaki akan menemukan hutan lumut yang begitu indah dan sejuk.

Gunung Seminung

Gunung Lampung, Spot Favorit Para Pendaki

Gunung Seminung diperkirakan tingginya tidak sampai 1881 mdpl. Di gunung Seminung ini anda bisa menemukan bunga Edelweis khas Sumatera di puncaknya. Waktu yang tepat untuk menemukan bunga tersbut di gunung Seminung ialah pada bulan juli sampai Agustus.

Untuk jarak ke gunung Seminung tidaklah begitu sulit dari kota bandar lampung anda langsung saja naik bus jurusan Kota Batu. Setelah itu dari Kota Batu, anda bisa naik perahu motor dari pinggir Danau Ranau menuju arah sumber air panas kaki gunung Seminung.

Setelah sampai di Air Panas ambilah jalan setapak yang langsung menuju puncak. Di perjalanan ini anda akan bertemu dengan para petani kopi yang membawa hasil panen atau petani yang sedang menjaga kebunnya, di puncak Gunung Seminung sendiri akan ditandai dengan adanya sebuah gubuk kecil yang beratapkan seng.

Gunung Rajabasa

Gunung Lampung, Spot Favorit Para Pendaki

Gunung Rajabasa merupakan gunung berapi kerucut vulkanik yang memiliki ketinggian sekitar 1.281 MDPL. Gunung juga ini memiliki keunikan yaitu memiliki lokasi yang tidak jauh dari pantai, walaupun gunung ini tidak begitu tinggi namun pemandangan laut akan sangat jelas terlihat dari atas puncaknya.

Baca juga:  Gunung Pesagi, Gunung Tertinggi di lampung

Untuk menuju ke gunung ini dengan cara menempuh desa terdekatnya yaitu desa Sumur Kumbang, anda dapat menyewa angkutan kota atau sejenisnya mulai dari Bandar Lampung ataupun ataupun Pelabuhan Bakauheni. Kedua sama-sama memiliki waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.

Untuk menuju ke puncak Rajabasa menempuh waktu sekitar tujuh jam dari start trekking dan melewati lima pos. Awal pendakian dimulai dari desa kumbang, dan anda akan melewati perkebunan kopi dan coklat milik penduduk sekitar.

Anda bisa melihat pemandangan yang tak kalah indah dari puncak Rajabasa dan tidak kalah dengan gunung-gunung lain. sepertinya gunung Rajabasa bisa membuat anda betah berlama-lama untuk menikmatinya.

Itulah beberapa Spot Pendakian Gunung Lampung yang siap untuk di jelajahi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mentaati tata tertib yang ada.