Gunung Kerinci Salah Satu Dari Seven Summits Of Indonesia

Gunung Kerinci Salah Satu Dari Seven Summits Of Indonesia – Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan gunung tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung kerinci gunun berapi tertinggi dan masih aktif di pulau sumatera yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl ( meter dari permukan laut ). Letak gunung kerinci yaitu berada di Provinsi Jambi. Gunung kerinci atau yang disebut juga puncak Indrapura ini di kelilingi oleh hutan dari Taman Nasional Kerinci Seblat dan menjadi tempat habitat dari Badak Sumatera dan Harimau Sumatera.

Pendakian Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Taman Nasional Kerinci Seblat sendiri merupakan kawasan konservasi yang memiliki luas 1.484.650 hektar yang berletakan di empat provinsi yang sebagian besarnya berada di kawasan Jambi. Taman Nasional Kerinci Seblat sendiri merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari utara ke selatan di Sumatera.

Gunung Kerinci adalah gunung tipe A aktif yang terletak kurang lebih 130 kilometer sebelah selatan Kota Padang. Jenis letusan: Jenis Hawaii Bentuk gunung: Strato atau kerucut Jenis letusan: Letusan eksplosif Aktivitas gunung: jenis A

Baca juga:  Keindahan Punthuk Setumbu, Wisata Alam di Magelang

Flora dan Fauna di daerah Gunung Kerinci

Gunung Kerinci Salah Satu Dari Seven Summits Of Indonesia

Tanaman dataran rendah didominasi oleh beberapa varietas mahoni, ada juga tanaman raksasa Rafflesia Rafflesia Arnoldi dan Giant Suweg Amorphophallus Titanum. Pohon pinus juga tumbuh di Gunung Kerinci. Taman Nasional Leuser diblokir oleh Danau Toba dan Ngarai Sianok. Beberapa satwa yang tidak ada di Taman Leuser ada di sini, seperti tapir (Tapirus indicus) dan couscous (Tarsius bancanus).

Hewan khas Sumatera banyak terdapat, seperti gajah, badak sumatera, harimau, beruang madu, macan tutul, kecuali orangutan. Berbagai primata seperti owa, owa, monyet ekor panjang, dan presbytis melapophos. Ada juga 140 spesies burung.

Jalur Pendakian

Bagi para pendakki Gunung Kerinci merupakan salah satu spot favorit para pendaki, dan tidak hanya itu keaadan jalan setapak gunung tersebut juga sudah jelas dan mudah diikuti. terdapat dua jalur resmi yang sering digunakan oleh pendaki yaitu :

Jalur pendakian via Kersik Tuo

Gunung Kerinci Salah Satu Dari Seven Summits Of Indonesia

Jalur via Kersik Tuo merupakan jalur yang banyak diminati oleh para pendaki karena jalur ini lebih landai dibandingka jalur lainya. Saat melalui jalur ini kita akan membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 11-12 jam perjalanan. Untuk rute jalur ini kita akan memulai dari basecamp, menuju pos 1 (1.890 mdpl), ke pos 2 (2.010 mdpl), ke pos 3 (2.225 mdpl), dan ke shelter 1 (2.505 mdpl), ke shelter 2 (3.056 mdpl), setelah itu ke Tugu Yuda, dan setelah itu sampai kepuncak kerinci (3.805 mdpl).

Baca juga:  Wisata Terjangkau? Ya di Bukit Sakura Lampung

Jalur pendakian via Solok Selatan

Jalur via Solok Selatan ini masih menjadi simpang siur antara pro dan kontra. Jalur ini di buka oleh TNKS agar dapat meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Solok Selatan. Tetapi jalur in bisa dibilang cukup membahayakan bagi para pendaki karena jalur ini masih memiliki medan yang sangat terjal. Jalur pendakian via Solok Selatan ini juga memiliki waktu tempuh yang lebih lama di kaerakan para pendaki harus mengambil jalan memutar dulu untuk menuju ke Tugu Yuda sebelum akhirnya sampai ke puncak kerinci. Dan tidak hanya itu para pendaki juga harus melewati kawasan untuk habitat kura-kura, sehingga adanya aktivitas pendakian dikhawatirkan akan menggangu kelangsungan ekosistem alam sana.

Mendaki Gunung Kerinci tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam dari puncak setinggi hampir empat ribu meter itu. Lebih dari itu! Banyak rahasia alam yang belum terungkap, yang patut direnungkan dalam wisata siang dan malam yang memacu adrenalin ini.

Itulah sedikit ulasan tentang Gunung Kerinci, semoga menambah wawwasan anda. Dari keindahan alamnya hingga nilai sejarahnya yang ada di gunun ini.