Gunung Gede Pangrango : Kawasan Taman Nasional di Jawa Barat

Gunung Gede Pangrango : Kawasan Taman Nasional di Jawa Barat – Para penjelah alam yang saya banggakan, Gunung merupakan salah satu tempat wisata yang banyak di minati oleh banyak orang. Sebab gunung sendiri menawarkan sensasi wisata yang tersendiri. Maka dari itu Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata gunung yang ada di Jawa Barat yaitu Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu spot fovorit oleh para pendaki.

Gunung Gede Pangrango

Jika Anda mengaku sebagai pecinta alam sera menyukai dengan aktivitas mendaki gunung, maka nama Gunung Gede Pangrango sudah sangat tidak asing di telinga anda, atau bahkan gunung ini termasuk dalam salah satu dari list gunung yang ingin ditaklukan. Gunung Gede pangrangi ini tak hanya hanya menawarkan keindahan dari puncak saja, akan tetapi gunung gede pangrango ini termasuk juga bagian dari Taman Nasional Gunung Gede yang mana gunung gede ini menghadirkan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan.

Gunung Gede Pangrango : Kawasan Taman Nasional di Jawa Barat

Lokasi Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango adalah gunung yang sangay istimewa, sebab lokasi dari gunung gede ini berada  di tiga kabupaten yaitu  Sukabumi, Cianjur, dan juga Bogor. Sehingga untuk menuju guneng gede ini, disini Anda bisa memilih tiga jalur yaitu via Gunung Putri, Cibodas, maupun vua Selabintana. Akan tetapi biasanya, kebanyakan pendaki memilih jalur via Gunung Putri dan via Cibodas.

1. Via Gunung Putri

Akses untuk menuju Gunung Gede Pangrango yang melaui via Gunung Putri ini bisa dikatakan jalur yang cukup sulit, akan tetapai jalur ini merupakan jalur favorit oleh para pendaki. Ditambah dengan adanya Alun Alun Surya Kencana (yang merupakan padang savana) serta terdapat pula keindahan dari bunga edelweiss yang ditawarkan. Tak hanya itu, perkiraan waktu untuk pendakian gunung gede ini bisa dikatakan cukup singkat atau memakan waktu berkisar antara 6 jam perjalanan.

Baca juga:  Jembatan Siti Nurbaya : Jembatan Ikonik di Sumatera Barat

Jika anda berangkat dari daerah Cipanas, maka jarak yang ditempuh untuk menuju pintu masuk Gunung Putri yaitu sejauh antara 7 kilometer. Bahkan disini anda bisa memamaki angkutan umum dari terminal, yang mana hanya memerlukan waktu 30 menit saja.

2. Via Cibodas

Untuk akses ke Gunung ini, disini Anda bisa melalui jalur pendakian via Cibodas. Apabila anda naik angkutan umum dari Jakarta, maka disini anda perlu ambil jurusan Jakarta – Bandung dan selanjutnya Bogor – Bandung yang melewati Puncak. Dari situ anda turun langsung di pertigaan Cibodas, yang mana pertigaan tersebut letaknya dekat dengan adanya papan nama yang bertuliskan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dari pertigaan tersebut, Selanjutnya anda naik angkutan umum yang jurusan menuju Cibodas Rarahan,dan anda akan diantaran langsung ke depan gerbang taman nasional tersebut.

3. Via Selabintana

Meski pun jalur Via Selabintana ini tidak seramai dibandingkan dengan jalur Gunung Putri dan julur Cibodas, maka tidak ada salahnya untuk mengakses Gunung Gede Pangrango ini via Selabintana, jika anda ingin merasakan jalur yang tidak diramaikan oleh para pendakai. Secara administratif, Selabintana letaknya berada di daerah Sukabumi,dimana jaraknya dari pusat kota berkisar antara 10 kilometer.

Biaya Pendakian Gunung Gede Pangrango

Jika anda ingin mendaki gunung ini, disini anda perlu memiliki SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) terlebih dahulu. Jika anda inigin mendapatkan surat tersebut maka anda perlu mendatangin  Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP).

Harga tiket pendakian di gunung gede pangrango ini dibanderol berkisar antara Rp. 17.500 untuk pelajar di hari biasa sedangkan untuk Rp. 20.500 pada saat hari libur. Kalau untuk umum maka dibanderil sebesar Rp. 29.000 pada saat hari biasa sedangkan  Rp. 34.000 pada saat hari libur. Sedangkan untuk WNA akan dibanderol berkisar anatara Rp. 320.000 apabila datang pada saat  hari kerja, sedangkan pada hari libur akan dikenai biaya Rp. 470.000. Harga yang tertera di atas sudah termasuk dengan asuransi pendakian selama 2 hari 1 malam yang mana untuk satu orang.

Baca juga:  Bukit Daun : Bukit dengan Pesona Danau di Rejang Lebong

Spot Menarik di Gunung Gede Pangrango

1. Lembah Mandalawangi

Mandalawangi yaitu nama Puncak dari gunung gede pangrango ini, tak jauh dari puncak  gunung gede ini terdapat sebuah lembah yang bernama Lembah Mandalawangi. Di sini, Anda akan disuguhkan keindahan ditambah dengan ketenangan alam yang berupa panorama padang bunga edelweiss.

2. Alun Alun Suryakencana

Jika anda melalui jalur Gunung Putri, maka para pendaki nantinya akan menemukan Alun Alun yang bernama Suryakencana. Maka dari itulah Gunung Putri merupakan pintu masuk paling ramai, meski memiliki jalur track- yang bisa dikatakan cukup sulit. Alun Alun ini letaknya diketinggian 2.958 mdpl (meter diatas permukaan laut), yang mana tempat ini merupakan padang edelweis yang mana sebagai suganya bunga edeleweis di TNGGP.

3. Telaga Biru

Bagi anda yang menggunakan jalur Cibodas, maka anda perlu mengunjungi Telaga Biru yang berada di area hutan tropis. Dinamakan Telaga Biru ini karena warna air dari telaga ini, mempunyai tampilan visual yang berwarna biru.

4. Wisata Air Panas

Di Taman Nasional ini, bagi para pendaki yang lelah, disini anda menikmati air panas sebagai penghilang untuk rasa lelah dan penat. Namun, medan yang dilewati agar bisa menuju air panas ini tidaklah mudah. Namun dijalurnya telah dipasang tali yang mana sebagai alau bantui untuk para pendaki agar dapat melaluinya.

Demikian ulasan mengenai Gunung Gede Pangrango : Kawasan Taman Nasional di Jawa Barat. Semoga bisa menjadi referensi untuk perjalanan anda.