Grojogan Sewu: Keindahan Air Terjun di Kulon Progo Jogja

Grojogan Sewu: Keindahan Air Terjun di Kulon Progo Jogja – Jogja memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jogja, yaitu Grojogan Sewu mari simak ulasan berikut.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu merupakan salah satu wisata air terjun di Kulon Progo Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Wisata air di perbukitan Menoreh menyuguhkan panorama alam yang memanjakan mata.

Lokasi Grojogan Sewu

Lantas, di manakah letak Wisata Grojogan SewuIni? Wisata ini berada tepat di Alamat: Beteng, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Grojogan Sewu: Keindahan Air Terjun di Kulon Progo Jogja

Layaknya tempat wisata pada umumnya, mengembangkan tempat wisata menjadi lebih baik. Pengunjung juga dikenakan tarif tertentu agar bisa menjelajahi segala bentuk keindahan alam di tempat ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pengelola Grojogan Sewu Kulon Progo tetap mematok harga bersahabat untuk setiap wisatawan yang datang. Dengan hanya Rp. 6000 Anda dapat menikmati air tawar dan udara pegunungan yang sejuk.

Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri berkisar Rp. 2000 untuk kendaraan bermotor. Sedangkan mobil dipatok dengan harga lebih tinggi yaitu Rp. 4000

Segala hal yang tersaji di tempat ini akan sangat berkesan. Bagaimana tidak, berlibur di salah satu penampakan alam ciptaan Tuhan tidak pernah mengecewakan. Harga yang tertera diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan pengelola.

Baca juga:  16 Spot Wisata di Pati Yang Banyak Diminati Para Pengunjung

Daya Tarik Grojogan Sewu

Grojogan Sewu: Keindahan Air Terjun di Kulon Progo Jogja

Daya tarik apa saja yang ada Grojogan Sewu? Mari simak pembahasan berikut.

1. Dilengkapi Taman Cantik

Saat memasuki kawasan wisata Grojogan Sewu, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan taman yang indah di area pintu masuk. Taman ini sengaja dijaga agar kawasan wisatanya semakin asri. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai macam bunga berwarna-warni. Ada berbagai macam tumbuhan yang bisa Anda temukan.

Bahkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang, lokasi taman dilengkapi dengan gazebo sebagai tempat istirahat sementara. Sehingga pengunjung juga bisa duduk santai menikmati pemandangan indah di sekitar lokasi.

2. Ketinggian Air Terjun yang Memukau

Daya tarik utama wisata alam ini adalah air terjunnya yang menakjubkan. Disini anda akan melihat tebing yang tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Selain itu, sekitarnya juga dipenuhi pepohonan dan pakis yang rindang.

Sehingga Anda bisa merasakan suasana sejuk di wisata alam ini. Anda akan merasakan bagaimana rasanya menyatu dengan alam dan sebagian penghuninya. Burung, hewan kecil yang bahkan tak segan-segan tampil ke hadapan pengunjung.

Tebing yang terkena aliran air secara terus menerus membuatnya terlihat seperti cekungan. Sehingga posisi air terjun seakan diapit oleh dua tebing tinggi sekaligus.

Apalagi bila Anda berkunjung sekitar pagi dan sore hari, Anda hanya akan merasakan kesejukan yang sesungguhnya. Suara air yang jatuh ditambah dengan kicauan burung tampak begitu harmonis.

3. Tersemat Legenda Pewayangan Mahabarata

Perlu anda ketahui dibalik keindahan dan pesona alam yang dimiliki oleh Grojogan Sewu Kulon Progo. Bahkan, di tempat ini juga terdapat legenda pewayangan Mahabharata yang disebarkan dari mulut ke mulut.

Baca juga:  Pantai Nambung : Wisata Unik Dengan Air Terjun di Lombok

Konon dahulu kala tempat wisata ini pernah menjadi tempat semedi oleh seorang pria bernama Prabu Baladewa. Dia adalah kakak dari Raja Kresna. Saat itu, Raja Kresna menyuruh adiknya untuk bersemedi di air terjun. Langkah ini diambil semata-mata untuk mencegah Prabu Baladewa ikut dalam perang Baratayuda Agung.

Raja Kresna menggantikan Grojogan Sewu karena debit air yang deras. Dengan adanya air terjun setinggi 15 meter, menurutnya dapat meredam suara baku tembak.

Akhirnya Prabu Baladewa pun menuruti keinginan adiknya dengan bersemedi di lokasi air terjun. Karena serius ingin bertapa, Prabu Balarama tidak menyadari bahwa perang Baratayuda telah dilakukan.

4. Air yang Jernih dan Segar

Lokasinya berada di kawasan yang jauh dari kendaraan bermotor. Bikin udara di sekitar air terjun jadi sejuk. Selain itu air yang berasal dari pegunungan juga sangat jernih. Sehingga muncullah bebatuan alam yang berada di dasar perairan. Air tawar yang dipadukan dengan panorama dataran tinggi yang khas akan membuat Anda terkagum-kagum.

Di sinilah tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan. Nyatanya, semakin larut malam, semakin banyak pengunjung yang datang. Grojogan Sewu adalah tempat yang eksotis di Kulon Progo. Airnya yang berwarna kebiruan ini seolah memberikan keajaiban tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Apalagi saat itu masih sangat pagi. Tempat ini sering dipenuhi pengunjung yang menunggu cahaya senja menyinari tebing air terjun.

Itulah sedikit ulasan tentang Grojogan Sewu: Keindahan Air Terjun di Kulon Progo Jogja dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.