Goa Pindul Yogyakarta, Goa Bawah Tanah Yang Menakjubkan

Goa Pindul Yogyakarta, Goa Bawah Tanah Yang Menakjubkan – Yogyakarta Memang kaya akan wisatanya mulai dari wisata edukasi, wisata sejarah hingga wisata alamnya. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Yaitu Goa Pindul mari simak ulasan berikut.

Keindahan Goa Pindul

Goa Pindul Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata alam terpopuler dan penuh petualangan seru di Yogyakarta. Sensasi berjalan menyusuri sungai bawah tanah dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Lokasi Goa Pindul

Gua yang terletak di Gunungkidul ini merupakan salah satu dari tujuh gua yang memiliki sungai bawah tanah di Yogyakarta. Ketujuh gua tersebut memiliki sumber air yang sama yaitu Air Gedong Tujuh. Terletak di Desa Gelaran 1, destinasi wisata ini sangat terkenal di sekitar Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Menurut rencana yang telah disediakan, gua ini berjarak 7 kilometer dari Wonosari.

Harga Tiket Masuk

Gua ini merupakan salah satu destinasi yang terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan keindahannya yang eksotis, Gua Pindul juga punya tarif yang murah. Tarif murah tersebut memungkinkan siapa saja untuk menikmati keindahan alam goa dan menyusuri sungai bawah tanah.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, ada patokan biaya yang harus anda keluarkan untuk melihat keindahan Goa Pindul. Misalnya, saat Anda memasuki kawasan goa, Anda diharuskan membayar Rp 10.000. Sebelumnya, ada biaya parkir Rp. 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Rp 15.000 diberikan untuk kendaraan besar seperti bus.

Berbeda dengan tiket masuk warga sekitar yang harganya Rp. 10.000, tarif untuk turis asing sedikit lebih mahal, yaitu Rp. 25.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak, setengah harga orang dewasa akan dipatok.

Baca juga:  Goa Jomblang : Goa Vertikal yang Eksotis Jogja

Pepohonan di sekitar goa sangat hijau dan rindang. Setelah memasuki kawasan Goa Pindul, Anda diharuskan membayar Rp 40.000 untuk masuk ke dalam goa ini. Jangan lupa total pengeluaran sebelumnya belum termasuk alat cave tubing. Perlengkapan seperti ban, rubber boots, helm, dan life jacket sudah termasuk dalam satu paket dengan harga sewa sekitar Rp. 60.000.

Daya Tarik Gua Pindul

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ada di gua pindul diantaranya sebagai berikut.

Goa Pindul Yogyakarta, Goa Bawah Tanah Yang Menakjubkan

1. Memiliki Stalaktit Terbesar ke-4 di Dunia

Stalaktit adalah bagian gua yang terbentuk dari endapan kalsium karbonat dan mineral lain yang juga diendapkan di air mineral. Benda ini ditemukan di langit-langit gua. Sedangkan Stalaktit di Gua Pindul dikenal sebagai stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Butuh lima orang dewasa untuk melingkari benda ini.

Keindahan tempat ini tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Saat Anda menyusuri sungai bawah tanah, Anda akan melihat banyak Stalaktit dan Stalagmit berbaris indah dan meneteskan air mineralnya.

Ada mitos yang terkenal di kalangan warga, pengunjung, dan pengelola tempat wisata. Mitos yang beredar adalah jika terkena tetesan batu tertentu akan kuat untuk pria, dan awet muda bagi wanita.

Bentuk aslinya, Stalaktit ini digabungkan dengan Stalagmit yang tercipta dan terus berkembang selama ribuan tahun. Beberapa stalaktit di sini memang berukuran besar dan panjang, membuktikan bahwa gua ini telah ada sejak jutaan tahun yang lalu.

2. Tiga Zona Disepanjang Jalur Sungai

Zona yang dimaksud di sini adalah jalur yang Anda lewati saat menyusuri sungai bawah tanah Goa Pindul. Zona tersebut terbagi menjadi tiga yaitu zona terang, zona redup, dan zona gelap.

Baca juga:  Pantai Tegal Wangi Jimbaran: Surga Tersembunyi di Pulau Bali

Yang berbeda dari ketiga zona tersebut adalah pencahayaan di dalam gua. Jika saat melewati Light Zone maka Anda tidak akan menemukan sesuatu yang aneh. Anda bisa melihat dengan jelas lingkungan sekitar dan ukiran alam yang indah di gua ini. Sedangkan sebaliknya, jika melewati dark zone, tidak ada yang terlihat di sini.

Untuk zona redup, Anda masih bisa melihat, karena sinar matahari akan sedikit menerangi tempat tersebut. Dengan adanya ketiga zona tersebut membuktikan bahwa wisata alam Goa Pindul memiliki banyak kekayaan melalui perbedaan intensitas cahaya di setiap sudut goa.

Penjelasan singkatnya, di zona terang Anda masih aman berenang dan menangkap ikan-ikan kecil. Sedangkan zona redup merupakan tempat yang memiliki sedikit sisa sinar matahari yang terpantul dari gemerlap air.

Dan yang terakhir adalah zona hitam. Di kawasan ini Anda tidak akan menemukan apa-apa karena terlalu gelap. Jangan khawatir, karena biasanya pemandu wisata menjelaskan dan menemani Anda ke pintu keluar.

Goa Pindul Yogyakarta, Goa Bawah Tanah Yang Menakjubkan

3. Keindahan Sumur Terbalik

Sumur terbalik adalah sebutan warga di sekitar Goa Pindul untuk lubang besar di langit gua yang memancarkan sinar matahari yang cerah. Pantulan cahaya di permukaan air sungai yang hijau menciptakan percikan indah di dinding.

Lubangnya ada di dalam gua dan akan terlihat saat Anda menyusuri sungai di tengahnya. Titik ini biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sejenak, dan juga termasuk dalam light zone.

Keindahan di sini tentunya sangat menarik. Air hijau yang berkilau akan memantulkan cahaya matahari membentuk cahaya indah pada dinding gua yang memberikan pancaran cahaya yang indah. Sumur terbalik juga sering digunakan oleh tim SAR untuk latihan mengevakuasi seseorang.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Goa Pindul Yogyakarta, Goa Bawah Tanah Yang Menakjubkan dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi refensi liburan anda selanjutnya.