Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi

Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi – Jambi memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata ikoniknya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata ikonik yang ada di Jambi, yaitu Gentala arasy simak ulasan berikut.

Gentala Arasy

Gentala Arasy adalah menara jam yang mempunyai ketinggian 80 meter serta menjadi landmark kota Jambi, yang berada dekat dari Jembatan Pedestrian. Menara yang megah ini mempunyai museum budaya dan mini bioskop untuk menayangkan film dokumenter.

Lokasi Gentala Arasy

Lantas, di manakah letak Gentala Arasy ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Kasang, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Daya Tarik Gentala Arasy

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Gentala Arasy.

1. Jembatan Pedestrian

Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi

Daya tarik yang menjadikan merana jam ini menjadi salah satu tempat wisata yang unik yaitu dikarenakan terdapat jembatan pedestrian yang letakmya tepat di belakang museum ini. Yang mana jembatan itu dikenal dengan sebutan Titian Arasy.

Titian Arasy memang sengaja dibuat oleh pemerintah daerah yang mana berguna untuk memanjakan pejalan kaki supaya bisa menikmati suasana di sekitar museum dan sungai. Jembatan ini mempunyai ukuran yang mungil dengan panjang 5000 m dan lebar 4,5 m saja.

Baca juga:  5 TEMPAT WISATA JAMBI FAVORIT PARAWISATAWAN

Namun jembatan ini tidak boleh ada kendaraan yang melintasi jembatan ini, tentunya jika berjalan kaki di jembatan ini akan terasa sangat nyaman dan aman.

Jembatan ini menghubungkan antara museum dengan seberang sungai sehingga jembatan ini mempunyai bentuk seperti huruf S yang diartikan sebagai lambang terhadap rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa.

Terdapat dua tiang pancang pada jembatan yang mempunyai arti sebagai keseimbangan hidup atas keberadaan laki-laki dan perempuan. Gentala sangat kental akan nuansa islami, baik itu dalam segi arsitekturnya atau dari segi sejarahnya.

Museum ini banyak sejarah tentang berkembangnya Islam di kota Jambi. Terdapat pula Alquran yang mempunyai ukuran yang sangay besar di dalam museum ini.

2. Desain Menara yang Menarik

Gentala Arasy yaitu museum budaya yang letaknya di tepi sungai Batanghari Jambi. Menurut pengakuan oleh warga sekitar bahwa nama Gentala Arasy sendiri diambil dari 3 suku kata yang berbeda, diantaranya yaitu genta yang berarti suara, tala yang berarti keselarasan serta arasy yang artinya memancar ke langit.

Sehingga bila dibaca secara keseluruhan bisa diartikan bahwa Gentala Arasy adalah bunyi yang selaras dan memancar hingga ke langit. Bunyi yang dimaksud adalah bunyi dari sebuah lonceng Gentala itu berbunyi digunakan sebagai penanda waktu salat fardhu umat muslim.

Ketinggian menara jam ini mencapai 80 meter serta berwarna kuning dan hijau. Pada bagian puncak menara ini terdapat sebuah jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan. Menara ini tidak jauh berbeda dengan landmark pada suatu daerah.

Baca juga:  14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi

Tempat wisata ini juga banyak memberikan edukasi kepada para pengunjung mengenai sejarah dari kota Jambi ini. Sisi sejarah ini diperlihatkan melalui museum serta bioskop mini yang berada di dasar menara serta menayangkan beragam film-film sejarah.

3. Museum Mini

Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi

Museum ini mempunyai koleksi yang cukup menarik untuk dilihat. Koleksi tersebut diantanranya yaitu seperti kitab-kitab kuno Islam dan naskah-naskah kuno.

Dimuseum ini juga terdapat benda-benda bersejarah Islam seperti jubah, sabuk, tasbih, sorban, uang logam kuno, gelas, mangkok, rompi dan masih banyak lagi yang benda tersebut merupakan pemberian dari para ulama-ulama besar.

Sementara itu di halaman menara, anda juga akan mendapati relief dua dimensi yang menggambarkan tentang perjalanan Islam. Di atas bangunan menara ini terdapat jam yang ukurannya sangat besar yang mana mengadopsi menara jam yang ada di kota Mekah.

Di sekitaran menara juga terdapat kios-kios yang digunakan sebagai sentra wisata, sehingga para oengunjung akan disuguhkan aneka kuliner kota Jambi.

Itulah sedikit ulasan Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.