Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara – Takan ada habisnya bila membahas tentang wisata yang ada di Sumatera Utara. Sumatera Utara memang kaya akan wisatanya mulai dari wisata danau, air terjun, pantai, pulau dan masij banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara, Yaitu Danau Toba mari simak ulasan berikut.

Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia

Danau Toba merupakan danau air tawar terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang konon menurut peneliti terbentuk dari letusan yang sangat dahsyat dari Gunung Toba. Gunung ini pernah meletus sekitar 74 ribu tahun yang lalu dan membunuh hampir 60 persen makhluk di bumi.

Lokasi Danau Toba

Lokasi danau terluas di Sumatera Utara berada di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Akses transportasi menuju lokasi juga sangat mudah. Anda bahkan dapat menggunakan akses bus dari Terminal Pinang Baris.

Perjalanan dari pusat kota menuju Danau Toba memakan waktu kurang lebih 6 jam. Cukup jauh dari pusat kota. Namun akses transportasi darat tersedia.

Beberapa sarana transportasi seperti bus, mobil travel, dan taksi tersedia. Sehingga memudahkan Anda untuk mencapai lokasi.

Baca juga:  Keindahan Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

Rutenya cukup mudah. Dari pusat kota Medan, Anda bisa menuju Brastagi. Dari Brastasgi, Anda juga bisa langsung menuju Pulau Samosir tepatnya di Parapat.

Jika ingin akses transportasi yang lebih praktis, sebaiknya menggunakan bus dengan harga hingga 40 ribu. Kemudian dari transportasi menuju Pulau Samosir Anda bisa naik kapal feri dengan biaya 10 ribu per orang.

Harga Tiket Masuk

Dalam menikmati liburan ke Danau Toba, setiap pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk. Untuk akhir pekan masih ada tarif Rp 5.000 per orang. Sedangkan pada hari kerja juga sama yaitu Rp. 5.000.

Wisata danau di Medan ini bisa Anda kunjungi setiap hari. Karena tidak ada jam operasional. Sehingga banyak kesempatan untuk menikmati keindahannya.

Jika ingin melihat pemandangan yang spektakuler, sebaiknya Anda mengunjunginya dari pagi hingga sore hari.

Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Daya Tarik Danau Toba

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di danau toba, diantaranya sebagai berikut.

1. Pemandangan Indah dan Udara Sejuk

Di Danau Toba Anda bisa menemukan suasana yang pas untuk duduk-duduk sambil menikmati keindahan pemandangan yang begitu alami. Sambil bersantai dan menikmati panorama pegunungan di depan danau yang sejuk dan jernih ini, segala kekhawatiran yang Anda rasakan di dunia ini pasti akan sirna.

Posisi Danau Toba yang terletak 900 meter di atas permukaan laut membuat suasana di sekitar danau menjadi lebih sejuk, dan suasana inilah yang sangat dibutuhkan setelah lelah bekerja setiap hari di tengah kota yang panas dan penuh dengan polusi.

Baca juga:  Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan

2. Boneka Kayu Sigale-gale

Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Ada pula boneka kayu seukuran manusia bernama Sigale-gale yang menjadi objek wisata di Pulau Samosir karena mistik dan mitos yang mengelilinginya. Masyarakat setempat percaya bahwa wayang sigale-gale dapat menari dan meraung sendirian tanpa diiringi musik.

Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa boneka sigale-gale hanya bisa dimasukkan ke dalam peti. Boneka ini juga biasa digunakan dalam perayaan kematian keluarga di kawasan Samosir karena masyarakat setempat percaya bahwa tarian sigale-gale akan mengantarkan arwah mereka yang sudah mati ke alam baka.

3. The Kaldera Toba Nomadic Escape

Anda juga bisa menikmati suasana danau yang sejuk dengan glamping atau kemah mewah di The Caldera Toba Nomadic Escape yang terletak di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Di sini Anda bisa membenamkan diri dalam keindahan alam tanpa harus repot menyiapkan perlengkapan camping pada umumnya.

Apalagi kamu juga bisa dimanjakan dengan fasilitas mewah di tempat ini, seperti tenda bergaya Bohemian, tenda bubble transparan, ecopods atau camping pod ramah lingkungan dan juga teater terbuka berkapasitas 300 orang.

Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

4. Kopi Arabica

Ada juga ukiran kayu asli yang bisa ditemukan di toko suvenir. Jika Anda penggemar kopi, jangan lupa untuk membeli biji kopi arabika yang enak bernama Sumatra Mandheling.

Itulah beberapa ulasan tentang Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, terimakasih.