Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan

Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan – Sumatera Barat memang kaya akan wisatanya mulai dari pantai, danau, air terjun, dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu wisata yang ter kenal di Sumatera Barat, yaitu Danau Singkarak mari simak ulasan berikut.

Keindahan Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Keunikan alam dan ekosistemnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menjelajah ke danau yang indah ini.

Lokasi Danau Singkarak

Danau Singkrak terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Dimana kedua kabupaten tersebut berada di provinsi Sumatera Barat.

Daya Tarik Danau Singkarak

Berikut adalah daya tarik yang ada di danau singkarak diantaranya sebagai berikut.

1. Tour De Singkarak

Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan

Tour de Singkarak merupakan ajang balap sepeda yang diikuti oleh peserta nasional dan internasional. Anda juga dapat menonton program ini saat sedang diadakan. Biasanya acara ini diadakan setiap tahun secara rutin. Selain itu, acara ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tidak hanya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mendukung, tapi juga Organisasi Olahraga Amaury. Yang merupakan penyelenggara acara serupa di Perancis yaitu Tour de France.

Baca juga:  Keindahan Taman Air Percut Yang Menarik Para Wisatawan

Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2009. Dimana pelaksanaannya berlangsung dalam waktu 7 hari antara bulan April hingga Juni. Dalam ajang ini, ada 7 tahapan yang dilalui oleh para peserta.

Tour de Singkarak tidak hanya merupakan ajang perlombaan balap sepeda, melainkan sebagai media untuk mengenalkan budaya Minang dan keindahan panorama Sumatera Barat yang sangat beragam. Dengan adanya perantara tersebut, Indonesia mulai dikenal masyarakat dunia khususnya di Sumatera Barat.

Acara ini dimulai di Sawahlunto, yang merupakan kota tua bersejarah. Garis finis ada di kota Padang. Namun sebelum itu dimulainya acara ini dimulai di kota Padang dan garis finisnya adalah Tour de Singkarak.

Meski saat ini Danau Singkarak sudah tidak lagi menjadi garis finish, namun wisata ini tetap dilalui oleh peserta Tour de Singkarak bersama dengan wisata indah lainnya di Sumatera Barat. Hal ini memungkinkan untuk menunjukkan kekayaan wisata alam di Sumatera Barat kepada dunia.

2. Danau Terbesar Kedua Di Sumatera

Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan

Danau ini memiliki daya tarik di kawasan danau. Dimana danau ini memiliki luas sekitar 1000 ha. Selain itu, danau ini juga berada di ketinggian 363,5 mdpl lho. Telaga ini juga memiliki kedalaman yang cukup dalam yaitu sekitar 270 m lebih.

Ketinggian tempat Danau Singkarak berada membuat udara di wisata ini tergolong dingin. Jadi harus siapkan jaket untuk liburan ke destinasi wisata yang satu ini.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

Selain itu, menurut penelitian para arkeolog, awalnya danau ini hanya memiliki panjang sekitar 3 km. Namun akibat aktivitas lempeng bumi yang bergeser, panjangnya terus bertambah hingga kini, yang kini panjangnya sekitar 23 km.

3. Ekosistem Danau Air Tawar

Wisata di Sumatera Barat ini memiliki ekosistem air tawar yang unik. Tempat ini tidak memiliki banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya, hanya ada sekitar 19 jenis ikan air tawar yang dapat hidup.

Namun yang membuatnya unik adalah salah satu jenis ikan yang hanya bisa hidup di satu tempat yaitu di perairan Danau Singkrak. Ikan tersebut adalah Mystacoleocus Padangensis atau lebih sederhana disebut ikan bilih. Sangat asing bukan nama ikan ini?

Karena ikan ini juga para ilmuwan ikut melakukan penelitian. Baik ilmuwan lokal maupun internasional tertarik dengan spesies ikan Bilih Danau Singkrak untuk dijadikan objek penelitian mereka.

Demikianlah ulasan mengenai Keindahan Danau Singkarak Yang Menarik Para Wisatawan dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, Terimakasih.