Keindahan Wisata Danau Ranau Yang Memanjakan Mata

Keindahan Wisata Danau Ranau Yang Memanjakan Mata – jika Anda penyuka suasana sejuk dan damai, rasanya wisata Lampung Barat ini bisa jadi pilihan yang cocok umtuk anda. Nama tempatnya adalah Danau Ranau yang merupakan salah satu lokasi wisata yang menjadi icon daerah Lampung.

Beberapa Informasi Tentang Wisata Danau Ranau

Untuk informasi tambahan saja, Danau Ranau merupakan Danau Terbesar kedua di Sumatera yang tak kalah indah nya dengan Danau Toba dan Danau Singkarak. Danau Ranau memiliki luas 125,9 km2, kedalaman rata-rata 174 M dan kedalaman 229 M maksimal. Berada di kawasan perbukitan yang landai membuat Danau Ranau tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tapi juga udaranya yang segar.

Lokasi Wisata Danau Ranau

Lokasi Danau Ranau ini terletak diantara dua provinsi, lebih tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung. Untuk menuju danau ini kita dapat menempuh dari Kota Lampung dengan waktu tempuh 6 jam perjalanan. Disini anda bisa melalui rute Bandar Lampung – Kota Bumi – Bukit Kemuning – Liwa – Kota Batu – Suka Marga – Banding Agung. Untuk perjalanan di mulai dari Bandar Lampung bisa menenpuh waktu sekitar 6-7 jam.

Baca juga:  Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Danau Ranau

Tempat Penginapan

Danau Ranau

Meski lumayan jauh, untungnya akses jalan sudah cukup baik apalagi selama perjalanan anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Karena lokasinya yang lumayan jauh, bagi anda yang berasal dari luar kota sebaiknya menginap minimal sehari jika berkunjung kesini. Di sekitar danau sudah banyak terdapat penginapan. Salah satunya adalah wisma milik PT. Pusri yang letaknya persis di sebelah Danau Ranau, dan sepertinya ini satu-satunya villa yang berada tepat di pinggir Danau Ranau, masih ada villa atau penginapan lain, tapi lokasinya di atas. Harga sewa semalam mulai dari Rp 250K. Fasilitas kamar standar di Wisma Pusri terdiri dari single bed, meja, lemari pakaian, dan kamar mandi serta sarapan pagi untuk 2 orang. Jika Boboers ingin mendapatkan view yang bagus bisa memilih kamar type cottage seharga Rp 440K, anda bisa menikmati view danau secara langsung.

Fasilitas yang Terdapat di Danau Ranau

Apa yang membuat danau ini wajib ada di wishlist perjalanan Anda? Danau Ranau memiliki pemandangan yang begitu indah, dengan latar belakang Gunung Seminung. Airnya tenang, dengan Pulau Marisa di tengahnya yang tentunya tak kalah indah dengan Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Disini anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling untuk menyusuri danau ini, harga untuk sewa perahunya sekitar Rp 300 ribu. Jika anda ingin menyewa perahu, pastikan Anda juga berkunjung ke pemandian air panas murni di Pulau Marisa.

Baca juga:  Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Danau Ranau

Saat mampir di kawasan Danau Ranau, jangan lewatkan untuk singgah di Waterboom Danau Ranau. Lokasinya sekitar 3 Km dari Dermaga Ponton (sebutan orang Ranau untuk pelabuhan perahu air yang sibuk). Mungkin kalian yang tinggal di Jakarta atau kota-kota besar lainnya sudah bosan dengan urban waterboom, kini waterboom ini diposisikan tepat di pinggir danau, jadi pemandangannya sungguh indah. Namun karena berada di kaki bukit maka suhu air di Waterboom tergolong dingin, mirip dengan kolam di Puncak. Namun airnya jernih, karena berasal dari mata air di atas bukit di atasnya. Harga tiket masuknya sekitar Rp50 ribu untuk dewasa & Rp30 ribu untuk anak-anak.

Danau Ranau

Itulah beberapa ulasan tentang Keindahan Wisata Danau Ranau Yang Memanjakan MataDanau Ranau semoga menjadi reverensi untuk anda dan juga bisa sebagai list wisata anda.