Keindahan Danau Maninjau Yang Menarik Para Wisatawan

Keindahan Danau Maninjau Yang Menarik Para Wisatawan – Tak akan ada habisnya bila mengulas tentang wisata yang ada di Sumatera Barat. Sumatera Barat memang kaya akan wisatanya mulai dari pantai, danau, air terjun, dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang salah satu wisata yang ada di Sumatera Barat, yaitu Danau Maninjau mari simak ulasan berikut.

Keindahan Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau legendaris yang menyimpan sejuta pesona dan keunikan di Kabupaten Agam. Wisata alam yang indah dikelilingi perbukitan hijau yang menarik untuk dijelajahi di Sumatera Barat.

Lokasi Danau Maninjau

Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Posisinya cukup strategis karena hanya cukup dekat dengan beberapa pusat kota seperti Bukittinggi dan Padang. Padahal, tempat ini hanya berjarak kurang dari 30 km dari Kota Lubuk Basung.

Jika Anda memiliki rencana untuk berwisata ke sini, sangat disarankan hanya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Pasalnya, saat ini belum ada transportasi umum yang memadai untuk memudahkan pengunjung mencapai lokasi ini.

Ada dua rute yang bisa Anda pilih untuk mengunjungi Danau Maninjau, yaitu jalur barat melalui kota Pariaman atau jalur timur melalui kota Bukittinggi. Lewat jalur apapun, Anda masih akan melewati jalan sepanjang 8 km, berkelok-kelok dan berkelok-kelok sebelum sampai di lokasi. Jalan ini sering dikenal dengan Tikungan 44 atau Kelok 44.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

Saat ini belum ada tiket masuk yang dipatok untuk memasuki kawasan wisata ini sehingga Anda bisa masuk melalui beberapa pintu masuk. Untuk itulah, destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari hiburan atau relaksasi dengan biaya yang minim tanpa harus khawatir mengeluarkan uang terlalu banyak.

Keindahan Danau Maninjau Yang Menarik Para Wisatawan

Biaya Masuk

Saat memasuki tempat ini, pengunjung yang datang hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Jika Anda membawa sepeda motor, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp2.000. Tidak jauh berbeda, saat Anda membawa mobil Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000.

Daya Taril Danau Maninjau

Berikut adalah daya tarik yang terdapat di Danau Maninjau, yaitu sebagai berikut.

1. Danau Vulkanik

Danau Maninjau merupakan danau yang memiliki keunikan sejarah. Secara historis, danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Sitinjau yang terjadi ribuan tahun lalu. Letusan dahsyat tersebut akhirnya membentuk kaldera yang terus membentuk danau seperti sekarang.

2. Panorama Yang Indah

Karena lokasinya yang dikelilingi pegunungan, danau ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah. Kamu pasti akan dimanjakan dengan pesona alam yang penuh dengan hijaunya saat berkunjung ke danau ini. Di setiap sisinya terdapat barisan tebing yang menarik, dan kumpulan awan yang selalu menyelimuti tempat ini akan membuat pemandangan semakin indah.

3. Pemandangan Sunset

Meski saat ini pengunjung dapat berwisata dengan bebas di tempat ini, namun ada kalanya yang paling bisa menunjukkan keindahan tempat ini. Karena danau ini diapit oleh dua buah gunung, maka pemandangan yang bisa disaksikan pada sore dan pagi hari akan terlihat sangat indah karena perlahan-lahan matahari muncul dan tenggelam sembari tertutup kabut dan pegunungan.

Baca juga:  Kawah Ijen, Wisata Banyuwangi Favorti Para Wisatawan

4. Suasana Asri

Sama seperti danau lainnya, suasana di danau ini sangat indah karena terdapat hamparan danau yang terbentang dari kiri ke kanan yang diapit oleh perbukitan yang berjajar rapi. Dari tepian telaga, Anda juga bisa melihat keagungan Gunung Marapi dan Gunung Singgaang yang seakan dibayang-bayangi awan putih tebal di atasnya.

Kadang-kadang, kabut tampak berhenti di puncak gunung dan kemudian membanjiri kaki perbukitan angin. Pemandangannya terlihat sangat indah dan Anda tidak akan bisa melihatnya di tempat lain dengan begitu mudah karena tempat ini memiliki pesona yang membuat pengunjung enggan untuk pergi dengan cepat.

Keindahan Danau Maninjau Yang Menarik Para Wisatawan

5. Keindahan Air

Air di Danau Maninjau juga terlihat sangat menarik jika dilihat dari atas. Warna kebiruan disertai gradasi hijau tua juga akan memukau siapapun yang melihatnya. Tak hanya itu, aliran air yang tenang juga akan membuat Anda merasa damai hanya dengan melihat ke permukaan.

Demikianlah ulasan mengenai Keindahan Danau Maninjau Yang Menarik Para Wisatawan dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, Terimakasih.