Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi

Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi – Takan ada habisnya bila mengulas tentang wisata yang ada di Sumatera Utara. Sumatera Memang kaya akan wisatanya mulai dari air terjun, pantai, danau dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Sumatera Utara, Yaitu Danau Linting mari simak ulasan berikut.

Keindahan Danau Linting

Danau Linting merupakan salah satu danau unik di Deli Serdang yang memiliki air hangat yang menarik untuk dikunjungi untuk berendam dalam merasakan relaksasi. Air di danau vulkanik ini juga terkadang berubah menjadi hijau dan biru.

Lokasi Danau linting

Wisata alam ini terletak di Sumatera Utara, Kecamatan Sinembah Tanjung Mudan, Deli Serdang. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar bisa sampai di sana tanpa harus berjalan kaki cukup jauh dari jalan utama menuju danau.

Harga Tiket Masuk

Tempat wisata ini masih belum terkelola sepenuhnya, sehingga untuk menuju kesana Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Dengan membayar harga tersebut Anda sudah bisa menikmati wisata yang menyuguhkan keindahan berpadu dengan air danau yang hangat.

Baca juga:  Landak River : Keindahan Sungai yang Jenih di Langkat

Untuk kamu yang akan berkunjung kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk kamu yang membawa kendaraan roda 4 dan Rp 5.000 untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda 2.

Daya Tarik Danau Linting

Berikut adalah daya tarik yang terdapat di danau linting diantaranya.

1. Suhu Air Yang Hangat

Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi

Danau yang tergolong vulkanik ini memiliki suhu air yang cukup panas berkisar 30 derajat Celcius. Kehangatan air di danau ini terjadi karena kandungan belerang aktif bercampur di dalam air sehingga memiliki suhu air yang hangat.

Meski terdapat kandungan belerang aktif di danau ini, namun baunya tidak menyengat sehingga Anda bisa menikmati keindahan alamnya yang menyejukkan.

2. Spot Foto Yang Menarik

Dengan airnya yang jernih dan gradasi antara hijau dan biru, Danau Linting kerap dijadikan spot foto para pengunjung di sana. Selain telaga yang menyuguhkan keindahannya, terdapat juga pepohonan rindang yang menambah kesan alamnya yang masih asri.

Untuk berfoto di sana, pengunjung juga harus memperhatikan cuaca di sekitar. Saat hujan turun, akan ada kabut yang menyelimuti danau ini. Momen tersebut dapat membuat foto Anda kurang optimal, karena lokasinya yang berada di ketinggian membuat cuaca di sana tidak dapat diprediksi.

3. Sejarah Danau

Dulunya kawasan yang kini menjadi danau vulkanik ini hanyalah kawasan pegunungan biasa. Danau ini juga terbilang baru untuk umum sekitar 3 tahun terakhir.

Baca juga:  Waduk Jatibarang, Wisata Bendungan Terindah di Semarang

Berdasarkan cerita masyarakat di sana, awalnya ada gedebuk keras yang terjadi di area sekitar bukit yang juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun beberapa saat setelah suara tersebut menghilang, ternyata kawasan yang dulunya berupa bukit berubah menjadi danau vulkanik yang memiliki kombinasi warna air yang sangat mempesona.

4. Keindahan Alam Yang Belum Diketahui

Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi

Hal yang menarik dari kawasan Danau Linting adalah kedalamannya yang belum diketahui. Ada cerita bahwa pernah ada peneliti yang mencoba mengukur kedalaman danau vulkanik ini dengan menggunakan alat yang bisa mengukur hingga 100 meter. Namun, alat yang ditaruh di tengah danau tidak pernah sampai ke dasar.

Hal tersebut membuat telaga cantik ini tidak direkomendasikan sebagai area berenang karena dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa. Meski air hangat bercampur belerang selalu menggoda pengunjung untuk berendam di sana, namun mereka hanya diperbolehkan berendam di pinggir danau yang masih terdapat bebatuan yang sangat dangkal.

Demikianlah ulasan tentang Danau Linting, Wisata Air Hangat Yang Menarik Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda.