Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur – Kalimantan Timur memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Kalimantan Timur, yaitu Danau Labuan Cermin simak ulasan berikut.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu tujuan rekreasi yang sangat menarik ketika sedang berada di Kalimantan Timur. Danau ini memiliki keunikan tersendiri yaitu mempunyai air dengan dua rasa, yaitu tawar di permukan dan asin di dasar danau.

Lokasi Danau Labuan Cermin

Lantas, di manakah letak Danau Labuan Cermin ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Biduk-Biduk, Kec. Biduk-Biduk, Kab. Berau. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Salah satu kelebihan dari tempat wisata ini yaitu tidak menarik biaya untuk tiket masuk sepeser pun. Untuk para wisatawan bisakeluar masuk tanpa adanya merogoh kantong dompet. Namun, agar dapat sampai ke lokasi Danau Labuan Cermin anda perlu datang ke dermaga terlebih dahulu dengan menaiki perahu untuk mengantarkan Anda sampai ke tujuan.

Pada saat di dermaga itulah, Anda perlu mengeluarkan uang untuk menyewa perahu. Pada umumnya untuk perjalanan pulang pergi memerlukan biaya kurang lebih 100 ribu rupiah. Nominal tersebut bisa dibilang tidak terlalu mahal apabila Anda sudah sampai ke danau ini dengan menikmati keindahan pesona alamnya yang menakjubkan. Selama dalam perjalanan menuju kelokasi danau, Anda akan disuguhkan panorama keindahan alam yang tiada tara.

Baca juga:  Keindahan Umbul Cokro Klaten yang Menarik Untuk Dikunjungi

Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Asal Usul Nama Danau Labuan Cermin

Nama Labuan Cermin sendiri di berikan bukan tanpa alasan. Salah satu dari alasannya yaitu sebab danau ini terletak di desa yang bernama Labuan Kelambu sehingga dari warga sekitar berinisiatif untuk menjadikannya sebagai nama. Sedangkan untuk asal cermin sendiri diambil dari beningnya air danau yang memantulkan bayangan luar yang sangat jelas seperti sedang berkaca.

Saking beningnya, Anda dapat melihat jelas ke arah bagian dalam air yang berisilan keanekaragaman biota danau. Mulai dari ikan-ikan kecil, lumut, terumbu karang, dan lain-lain. Ditambah lagi apabila matahari sedang bersinar sangat terang maka dijamin isi dari danau ini seakan akan terlihat transparan. Pantulan dari sinar matahari juga membuat air danau berkilau layaknya seperti cermin.

Daya Tarik Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Berbeda dengan danau pada umumnya yang tergolong air asin atau air tawar. Sedangkan pada Danau Labuan Cermin ini memiliki dua rasa yang berbeda yang mana menjadi ciri khas utamanya untuk danau ini. Dua rasa terdiri atas gabungan antara air tawar dan juga air asin. Pada bagian dasar permukaan air rasanya yaitu asin sedangkan pada bagian permukaan atasnya akan terasa asin.

Hasil dari perpaduan kedua rasa ini lah yang menciptakan keunikan baru dari danau ini. Anda tahu sendiri apabila ikan hidup pada jenis air yang berbeda. Seperti terdapat ikan yang tinggal pda air tawar dan di air asin. Kedua ikan tersebut tidak bisa hidup di satu jenis lingkungan yang sama. Maka dari itu untuk keberadaan ikan di danau cantik ini terbagi menjadi 2 yaitu sisi atas dan sisi bawah.

Baca juga:  5 Destisani Wisata Lampung Timur Yang Wajib Dikunjungi

Penggolongan ikan sendiri dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk mengetahui mana jenis ikan air tawar dan asin yang sesuai dengan tempatnya. Jika terdapat ikan yang berenang di area atas permukaan maka kita pastikan bahwa ikan tersebut tergolong air tawar. Sedangkan apabila ikan berenang di area danau yang dalam maka tergolong asin.

Apabila Anda berada di lokasi Danau Labuan Cermin, selain Anda bisa menikmati keindahan danaunya Anda juga dapat melihat-lihat pohon tropis yang tumbuh dengan lebat yang mengelilingi danau ini. Pulau Kalimantan sendiri termasuk dalam wilayah yang memiliki persebaran hutan hujan tropis cukup banyak sehingga tampilan dari danau ini terligat jauh lebih menarik dan sangat mengesankan.

Perpaduan antara hijaunya pohon tropis yang terpantul di atas permukaan air danau berwarna hijau tosca ini seakan-akan meninggalkan kesan yang sangat mempesona. Terlebih lagi apabila dibantu dengan pencahayaan dari matahari yang membuat air ini menjadi semakin jernih dan bernilai estetika tinggi apabila difoto.

Itulah sedikit ulasan Danau Labuan Cermin : Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.