Danau Kaolin : Danau Biru yang Menawan di Belitung

Danau Kaolin : Danau Biru yang Menawan di Belitung – Bangka Belitung memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bangka Belitung, yaitu Danau Kaolin simak ulasan berikut.

Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan salah satu tempat wisat ayang menjadi saksi bisu kekayaan alam mineral yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Pada awalnya danau bekas merupakan tambang ini yang mempumyai air nan jernih berwarna biru berdinding bebatuan berwarna putih yang menjadi perpaduan yang menakjubkan maka tak heran jika danau ini menjadi saksi bisu keindahan alam yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

Lokasi Danau Kaolin

Lantas, di manakah letak Danau Kaolin ini? Wisata ini berada tepat di Alamat :Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Kebanyakan orang penasaran dengan harga tiket untuk masuk wisata danau yang sangat menawan ini. Bisanya, kebanyakan dari masyarakat awam menganggap bahwa untuk harga tiket masuk ke danau ini pasti sangatlah mahal. Karena keindahan yang di tawarkan tempat wisata tersebut tidak bisa diremehkan.

Siapa sangka untuk masuk ke tempat wisata ini tidak memungut biaya sepeser atau bisa dibilang gratis kepada wisatawan yang datang ke sana. Mengapa demikian? sebab temat wisata ini belum ada kebijakan resmi yang menerapkan tentang harga tiket masuk ke Danau Kaolin di Bangka Belitung ini. Hal ini merupakan menjadi salah satu kabar gembira bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan yang indah dengan biaya yang murah.

Baca juga:  Danau Toba, Danau Terbesar Di Indonesia dan Asia Tenggara

Daya Tarik Danau Kaolin

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Danau Kaolin.

1. Kandungan Mineral Kaolin

Kandungan kaolin yang ada dalam bebatuan, air, dan juga dasarnya. Bagi Anda yang belum mengetahui, kaolin yaitu mineral natural yang tidak jarang digunakan sebagai kebutuhan industri yang mana digunakan sebagai pewarna serta bahan reaksi kimia khusus. Biasanya, kandungan kaolin dapat kita temukan pada bahan pasta gigi, makanan proses, kertas, kosmetik, dan lain sebagainya.

Bahan yang satu ini terkenal dengan tekstur yang halus, kuat, putih, dan bisa digunakan sebagai suatu penghalang panas dan listrik. Banyak dari wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar daerah bahkan luar negeri karena mereka penasaran dengan kandungan kaolin yang terdaat dalam danau ini. Adanya kandungan ini lah yang menjadijan asal-usul dari nama danau ini.

Danau Kaolin : Danau Biru yang Menawan di Belitung

2. Air Danau yang Indah

Air yang terdapat dalam Danau Kaolin ini tidak terlihat warna yang bening, namun airnya malah lebih ke warna kebiruan cerah. Warna tersebut sangat indah apabila dipadukan dengan pantulan sinar matahari pada pagi hara yang menembus air danau. Sehingga hal ini lah yang menjadikan warna kebiruan air danau ini menjadi semakin terlihat lebih jelas serta menghasilkan kilauan yang sangat indah.

Sinar matahari pada pagi harilah yang mampu membuat warna dari batuan karang yang berada di sekitar air danau semakin terlihat indah. Jika ingin Anda berkunjung ke danau  ini pastinya wajib untuk menyaksikan keindahan pemandangan yang satu ini. Tentu Anda juga akan merasa sangat betah untuk menghabiskan berlama-lama dan menghabiskan wakti di danau ini.

Baca juga:  Waduk Riam Kanan : Danau Buatan Terbesar di Kalimantan Selatan

3. Tumpukan Kaolin Menyerupai Bukit Bersalju

Banyak sekali kaolin di tempat wisata ini hingga membentuk tumpukan seperti bukit. Banyaknya tumpukan kaolin yang menyerupai perbukitan memiliki warna putih bersih mirip salju. Maka tak heran jika banyak pengunjung menyebutnya sebagai bukit salju. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Banyak juga yang bilang kalau bukit salju ini salah satu spot terbaik di danau. Adanya tumpukan kaolin yang menyerupai bukit salju dan ditambah dengan udara yang sedikit dingin akan membuat Anda serasa bisa merasakan sensasi berlibur di negara yang memiliki empat musim.

Danau Kaolin : Danau Biru yang Menawan di Belitung

4. Pepohonan nan Hijau

Di sekitar Danau Kaolin ini banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh dengan baik. Pepohonannya juga cukup besar dan tinggi, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh saat cuaca panas di siang hari. Suasana di sana juga terasa lebih asri dan segar berkat hijaunya pepohonan. Panorama alamnya pun terlihat semakin mempesona.

Itulah sedikit ulasan Danau Kaolin : Danau Biru yang Menawan di Belitung dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.