Danau Kaco : Danau Indah di Balut Cerita Misteri di Jambi

Danau Kaco : Danau Indah yang di Balut Cerita Misteri di Jambi – Jambi memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jambi, yaitu Danau Kaco simak ulasan berikut.

Danau Kaco

Danau Kaco adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Kerinci, Jambi. Sebuah oasis di tengah hutan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat menawarkan panorama alam yang indah, air yang jernih dan berbalut legenda putri cantik.

Lokasi Danau Kaco

Lantas, di manakah letak Danau Kaco ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Dusun Baru Lempur, Kec. Gunung Raya, Kab. Kerinci, Jambi. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Karena danau ini berada di kawasan TNKS, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebelum menelusuri kawasan tersebut. Harga weekdays (Senin-Jumat) dan weekend sejauh ini tidak ada perbedaan yaitu Rp. 5.000 (lima ribu rupiah) saja.

Daya Tarik Danau Kaco

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Danau Kaco.

1. Suasana Danau yang Masih Asri

Danau Kaco : Danau Indah di Balut Cerita Misteri di Jambi

Karena letaknya yang cukup tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, keindahan danau ini tidak perlu diragukan lagi. Danau ini memiliki potensi sebagai indikator alam yang masih terjaga dengan baik karena memiliki warna air yang biru. Selain itu, tidak terlalu banyak aktivitas manusia yang dilakukan di lokasi ini sehingga kualitas lingkungan di sekitar danau masih alami.

Baca juga:  Keindahan Umbul Ponggok, Kolam Mata Air Alami di Klaten

Flora dan fauna di sekitar danau juga masih sangat terjaga kelestariannya, sehingga siapapun yang ingin singgah di danau ini akan merasa tenang menikmati kesegaran air danau sambil menikmati suasana hutan. Ikan-ikan kecil juga terlihat berenang di sana-sini di dasar danau.

Anda bisa memancing di danau ini. Bagi pecinta camping, lokasi danau ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menikmati keindahan alam di Jambi.

2. Lokasi Tracking yang Menantang

Berada di ketinggian 1289 mdpl di kawasan rimba TNKS menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang. Satu-satunya akses menuju lokasi Danau Kaco adalah dengan berjalan kaki melewati hutan. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan pepohonan, dengan jalan yang sedikit berlumpur.

Daerah ini termasuk dalam kategori daerah dengan curah hujan tinggi sekitar 80-90%, oleh karena itu keselamatan saat berjalan di sepanjang jalan perlu diperhatikan. Tak jarang jalan yang ditempuh akan sangat terjal dan licin. Rute akan melewati sungai dengan jembatan penyeberangan berupa pohon.

Sehingga dibutuhkan fisik dan mental yang baik jika Anda berencana untuk mengunjungi lokasi wisata ini. Pastikan untuk membawa persediaan logistik yang cukup selama berjalan agar tetap fit secara fisik. Dan yang perlu diperhatikan, jika ingin tracking, pastikan mengetahui jalur menuju lokasi. Solusinya, Anda bisa menyewa pemandu wisata atau teman yang sudah berpengalaman tracking danau ini.

Baca juga:  Landak River : Keindahan Sungai yang Jenih di Langkat

3. Pantulan Air yang Menyerupai Kaca

Danau Kaco : Danau Indah di Balut Cerita Misteri di Jambi

Lelah berjalan menyusuri hutan akan terbayar saat melihat langsung keindahan Danau Kaco. Sinar matahari yang menembus air danau akan dipantulkan seolah-olah menyerupai kaca. Saat malam tiba, cahaya bulan akan sangat jelas terpantul di permukaan air danau. Sehingga pengunjung yang sedang camping tidak perlu memasang lampu tambahan.

Saking jernihnya air di danau, kita bisa melihat langsung biota perairan seperti ikan semah atau yang dikenal dengan nama ilmiah Tor douronensis. Namun, tidak banyak tanaman air yang terlihat. Hanya bebatuan danau dan batang pohon tumbang yang terlihat.

Warna toska danau juga bisa berasal dari fitoplankton dan alga dari kelompok Chlorophyceae dan Cyanophyceacean. Cahaya keemasan di malam hari mungkin berasal dari taksa lain seperti Diatom. Namun, kebenaran lebih lanjut tentang alasan di balik warna cyan dan cahaya danau di malam hari masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Itulah sedikit ulasan Danau Kaco : Danau Indah yang di Balut Cerita Misteri di Jambi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.