Curug Love : Air Terjun Yang Mirip Green Canyon di Bogor

Curug Love : Air Terjun Yang Mirip Green Canyon di Bogor – Bogor memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bogor , yaitu Curug Love simak ulasan berikut.

Curug Love

Curug Love merupakan salah satu wisata alam dengan panorama yang menakjubkan di Bogor, Jawa Barat sehingga tempat wisata ini sangat menarik untuk dieksplor keindahannya. Dikenal sebagai Mini Green Canyon, air terjun ini menyuguhkan pesona alam yang luar biasa indah dan juga sejuk untuk berbagai aktivitas liburan yang seru ini.

Lokasi Curug Love

Lantas, di manakah letak Curug Love ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor, Jawa Barat. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk untuk tempat wisata ini pun sangat terjangkau. Bila anda ingin memasuki tempat wisata ini anda hanya akan dikenakan tarif untuk tiket masuknya sebesar Rp. 10.000 per orangnya.

Tak hanya itu bila anda membawa kendaraan pribadi, anda juga akan dikenakan biaya untuk tiket parkirnya. Bila anda membawa kendaraan roda dua anda akan dikenakan tarif parkir Rp. 5000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000. Bagaimana cukup terjangkau bukan mengingat bahwa tempat wisata ini mempunyai tempat parkir yang luas serta di tambah lagi dengan personil keamanan yang cukup banyak sehingga membuat tempat ini menjadi aman dan nyaman.

Baca juga:  Keindahan Air Terjun Lorodan Semar Pati

Jika anda datang ke curug ini anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa untuk oprasional tempat wisata ini mulai buka dari jam 07.00 sampai dengan 17.00 dan curug ini buka setiap hari. Disarankan untuk anda yang ingin datang kecurug ini agar datang pada pagi hari agar anda dapat merasakan kesegaran suasana di tampat wisata ini.

Daya Tarik Curug Love

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Curug Love.

1. Memiliki Aliran Air yang Unik

Curug Love : Air Terjun Yang Mirip Green Canyon di Bogor

Daya tarik yang pertama serta menjadi pusat perhatian untuk para wisatawan yang datang kesini yaitu aliran air yang unik. Seperti yang telah diketahui, bahwa curug ini terlihat seperti diapit oleh dua bebatuan yang dipahat dengan indah. Namun, sebenarnya bebatuan ini nyatanya tidak dipahat, melainkan hal ini terjadi karena proses alami.

Abrasi yang terjadi yang disebabkan oleh aliran air yang mengalir selama ratusan tahun sehingga membuat bebatuan ini kelihatan tampak seperti pahatan. Maka tak heran apabila banyak yang menyebut curug ini mirip dengan yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Sehingga hal inilah yang membuat para wisatawan semakin betah berlama-lama di area curug.

2. Airnya yang Masih Jernih dan Bersih

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Curug Cinta adalah airnya yang masih sangat bersih dan alami. Air yang mengalir melalui air terjun ini memiliki debit aliran yang cukup deras, oleh karena itu banyak yang menjadikan aliran air dari sungai air terjun ini sebagai sumber mata pencaharian seperti PDAM, irigasi lahan dan masih banyak lainnya.

Curug Love : Air Terjun Yang Mirip Green Canyon di Bogor

Tak heran banyak wisatawan memanfaatkan kejernihan air terjun untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, arung jeram, mandi, atau bahkan sekedar bermain air saat berada di bawah air terjun. Warga sekitar air terjun percaya bahwa dengan menjaga kebersihan air terjun, mereka akan mendapatkan manfaat dari air terjun.

Baca juga:  Kumpulan Air Terjun Lampung Favorit Para Wisatawan

Tak hanya itu, air sungai di sini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh air sungai di tempat lain. Meski airnya berwarna biru, kandungan airnya tetap jernih dan tidak terkontaminasi bahan kimia apapun. Apalagi kedalaman yang dimiliki aliran ini sangat dangkal yaitu hanya sekitar 1 meter dan aliran airnya tenang.

3. Kawasan Sekitar Air Terjun yang Cukup Unik

Batuan alam berupa Cinta menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung di pagi hari. Nama Curug Cinta yang terinspirasi dari bentuk batu karang memang terlihat sangat indah dan mempesona. Biasanya wisata bertema air terjun ini berada di kawasan yang dekat dengan hutan hijau atau pegunungan. Namun, berbeda dengan air terjun yang satu ini.

Lokasi air terjun ini terletak di sebuah area perkebunan dan persawahan yang merupakan milik warga setempat. Lebih tepatnya terletak di sebelah atas batuan. Batuan ini mengapit sebuah sungai sehingga terbentuklah air terjun yang indah ini. Bebatuan yang mengapit sungai serta ditumbuhi dengan semak belukar dan juga tanaman liar. Bahkan di semak tersebut juga terdapat selang yang mana milik warga setempat.

Selang itu berguna sebagai irigasi untuk persawahan disekitaran area curug. Memang sedauh sejak dahulu dan sebelum curug ini terkenal seperti sekarang, aliran air disini hanya dimanfaatkan oleh para warga untuk mengairi kebun atau sawah sekitar. Meski tempat ini sekarang sudah ramai pengunjung, fungsi aliran sungai juga masih tetap dipertahankan serta tidak mengurangi keindahan yang dimiliki curug ini.

Itulah sedikit ulasan Curug Love : Air Terjun Yang Mirip Green Canyon di Bogor dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.