Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau

Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau – Bogor memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bogor, yaitu Curug Cikuluwung mari simak ulasan berikut.

Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung adalah salah satu tempat wisata alam tersembunyi di Bogor. Keunikannya memiliki danau air terjun berwarna biru yang mempesona dan mampu menarik perhatian para pecinta petualangan.

Lokasi Curug Cikuluwung

Lantas, di manakah letak Wisata Curug Cikuluwung Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan tidak perlu khawatir ketika mengunjungi air terjun ini karena biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses ke tempat ini sangat bersahabat untuk kantong. Hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 20.000 untuk mendapatkan tiket masuk air terjun pertama semua orang.

Sedangkan pengunjung yang berminat mengunjungi air terjun kedua ini bisa membayar tiket kurang lebih Rp 10.000 per orang. Nominal yang terbilang murah mendapatkan akses ke tempat yang sangat mempesona ini. Anda tidak akan rugi jika melihat langsung keindahan air terjun ini.

Selain itu, jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, juga dikenakan biaya parkir. Ongkos parkir sepeda motor Rp 5.000, dan mobil Rp 10.000. Wisatawan juga bisa menyewa life tube untuk lebih menikmati keseruan air terjun dengan harga Rp 35.000.

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau

Daya tarik apa saja yang ada Curug Cikuluwung? Mari simak pembahasan berikut.

1. Susunan Tebing Batu yang Rapi Nan Indah

Sudah menjadi ciri khas tersendiri bahwa air terjun di kawasan Bogor ini memiliki tebing-tebing bebatuan yang mengelilinginya. Bebatuan inilah yang membuat tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi wisatawan. Banyak orang yang ramai mengunjungi tempat ini hanya untuk melihat langsung air terjun dengan bebatuan di sekitarnya.

Baca juga:  Curug Cipeuteuy Majalengka : Panorama Alam yang Menawan

Bahkan, Curug Cikuluwung sering dijuluki sebagai “Little Green Canyon” karena keindahan tebing yang mengapit air terjun tersebut. Namun, bebatuan di tempat itu cukup berbahaya jika wisatawan tidak berhati-hati. Untuk itu, pihak pengelola menerapkan aturan khusus untuk bisa berada di tempat ini.

Aturan ini membatasi jumlah pengunjung hanya 30 orang untuk berada di air terjun ini di setiap sesinya. Pengunjung yang pergi ke dan yang berada di air terjun harus sepenuhnya di bawah kendali pengelola. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keselamatan dan keamanan pengunjung.

Meski ada aturan yang membuat pengunjung harus mengantri, namun tidak membuat antusias untuk datang ke tempat ini berkurang. Aturan sistem buka dan tutup trek tidak mengurangi jumlah pengunjung. Mereka begitu tertarik untuk melihat langsung keunikan tempat ini.

Susunan bebatuan yang membentuk tebing di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahannya.

2. Kejernihan Air yang Mempesona

Disini terdapat wisata air yang menjadi salah satu daya tarik tempat wisata tersebut. Air yang ada di air terjun tersebut berasal dari Sungai Cikuluwung. Sungai tersebut merupakan salah satu sungai yang bersumber dari Gunung Salak.

Kejernihan airnya membuat tempat wisata ini banyak dicari oleh pengunjung. Orang-orang berbondong-bondong ke tempat ini untuk menikmati kesegaran air di air terjun tersebut.

Wisatawan bisa menikmati air dengan berendam atau bermain air. Selain itu, mengambil foto dengan latar belakang air yang murni dapat membuat gambar yang Anda ambil menjadi lebih eksotis. Kejernihan air ini bisa membuat wisatawan betah berada di tempat asri di luar negeri.

Baca juga:  Curug Pangeran : Air Terjun Eksotis di Tengah Hutan Bogor

Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau

3. Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Dengan beberapa pemandangan yang terdapat di tempat ini, membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Curug Cikuluwung adalah tempat wisata alam yang sangat indah, sayang jika jika anda tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Panorama alam di sekitar tempat ini terlihat begitu asri dan alami. Air terjun ini menampilkan perpaduan sempurna antara tebing batu, air biru jernih, dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Mengunjungi surga tersembunyi di Bogor ini tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Ada juga air terjun kedua dari tempat ini. Keberadaannya tidak jauh dari lokasi air terjun pertama. Kedua air terjun inilah yang menjadikan kawasan ini wajib dikunjungi.

Lokasi air terjun kedua dari destinasi ini cukup dekat dengan air terjun pertama. Pemandangan alam yang disuguhkan cukup berbeda namun memiliki keindahan yang sama dengan air terjun pertama. Panorama yang disuguhkan akan membuat wisatawan berdecak kagum dengan keindahannya.

Sama halnya dengan air terjun pertama, air terjun kedua dari destinasi ini memiliki bebatuan yang mengelilinginya. Bedanya, ketinggian air terjun kedua relatif lebih rendah dari yang pertama. Meski begitu, air terjun ini ditumbuhi pepohonan tepat di sekitar aliran air yang terjun dari atas.

Wisatawan juga bisa menemukan kejernihan air yang terdapat di kedua air terjun tersebut. Luas kolam di air terjun kedua lebih besar dari yang pertama sehingga wisatawan yang menikmatinya merasa lebih nyaman.

Keunikan lain dari air terjun kedua ini adalah terdapat goa di atasnya. Jadi, air yang mengalir di tempat itu berasal dari sebuah gua. Gua tersebut berisi sungai yang merupakan cabang yang sama dengan air terjun pertama. Pemandangan indah ilahan yang menjadikan liburan anda menjad tak terlupakan.

Itulah sedikit ulasan tentang Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.