Curug Ciherang, Wisata Air Terjun yang Eksotis di Bogor

Curug Ciherang, Wisata Air Terjun yang Eksotis di Bogor – Bogor memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bogor, yaitu Curug Ciherang mari simak ulasan berikut.

Curug Ciherang

Curug Ciherang di Bogor merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyegarkan sekaligus menikmati keindahan alam pegunungan. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan dan berbagai wahana menarik.

Lokasi Curug Ciherang

Lantas, di manakah letak Wisata Curug Ciherang Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Sebelum berangkat berlibur ke air terjun ini sebaiknya cari tahu dulu informasi detail mengenai jam operasional dan tiket masuknya. Jika ingin membawa oleh-oleh berupa hasil jepretan foto dengan background yang bagus.

Sebelum pergi, sebaiknya ambil screenshot foto orang lain dari Instagram yang memiliki sudut foto yang tepat. Per Desember 2020, jam operasional air terjun ini setiap hari Senin – Minggu pukul 07.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuk wisata air terjun ini adalah Rp. 40.000 per orang.

Baca juga:  Curug Nangka, Air Terjun di Bogor Yang Mempesona

Harga tiket berlaku untuk anak-anak berusia 10 tahun ke atas dan orang dewasa. Khusus untuk anak di bawah usia 10 tahun tidak ada biaya masuk alias gratis.

Meski terdengar kurang terjangkau, jangan salah tarif ini sudah termasuk semua biaya wahana di air terjun. Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang lagi jika ingin mencoba wahana permainan di kawasan air terjun. Ongkos parkir sepeda motor di air terjun ini adalah Rp. 5.000, sedangkan parkir mobil dipatok dengan biaya Rp. 10.000.

Tak perlu khawatir karena kendaraan Anda aman di sini. Untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan lebih lama di sini, ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih sebagai tempat menginap.

Akomodasi tersebut berupa homestay, villa, hotel dan bungalow. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda. Tentunya disesuaikan juga dengan bujet. Anda hanya perlu menyediakan budget sekitar 100 ribu – 1 juta rupiah per malam.

Daya Tarik Curug Ciherang

Curug Ciherang, Wisata Air Terjun yang Eksotis di Bogor

Daya tarik apa saja yang ada Curug Ciherang? Mari simak pembahasan berikut.

1. Curug yang Unik

Yang membedakan air terjun ini dari yang lain adalah air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Arus deras dan air jernih mengalir di setiap tingkat. Batu-batu dengan berbagai ukuran dan pepohonan hijau yang menyejukkan menemani derasnya aliran air terjun.

Pengunjung disini akan selalu betah dengan panorama dan suasana yang dibawa oleh air terjun. Keunikan air terjun Ciherang akan membius setiap pengunjung yang datang.

Baca juga:  Klasifikasi Keindahan Wisata Air Terjun Sri Gethuk

2. Memiliki Mitos yang Membuat Penasaran

Banyak mitos yang bertebaran tentang air terjun yang satu ini. Banyak orang di sekitar air terjun yang percaya bahwa air terjun ini adalah tempat pemandian para bidadari dan raja. Kemudian juga dilaporkan bahwa ada tempat misterius dimana orang-orang sihir bermeditasi.

Ada juga cerita wisatawan yang melihat penampakan makhluk astral di area sekitar air terjun ini. Ada pula mitos yang beredar bahwa air dari Curug Ciherang merupakan air suci yang memudahkan seseorang untuk mencari jodoh.
Kabarnya, jika seseorang membasuh mukanya dengan air terjun ini, ia akan segera menemukan jodoh. Tak heran jika banyak turis muda yang mempercayai mitos ini, sehingga mereka datang kesini dengan harapan bisa segera bertemu jodoh mereka.

3. Pemandangan Alam yang Tiada Duanya

Bagi anda yang bosan dengan pemandangan jalanan kota yang sibuk dan padat, anda bisa mengunjungi objek wisata ini karena menawarkan pemandangan yang tidak ada duanya. Ikon Kota Bogor berupa Gunung Gede dan Pangrango akan terlihat jelas di sepanjang jalan menuju air terjun ini.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati panorama pedesaan di sepanjang jalan.

Itulah sedikit ulasan tentang Curug Ciherang, Wisata Air Terjun yang Eksotis di Bogor dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.