Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta

Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta – Yogyakarta atau lebih sering dikenal dengan Jogja memang kaya akan destinasi wisatanya, maka tidak salah Yogyakarta menjadi salah satu tujuaan saat berwisata. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Candi Ratu Boko mari simak ulasan berikut.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko adalah situs purbakala yang unik dan istimewa di Yogyakarta. Kompleks istana megah Ratu Baka dibangun pada abad ke-8 yang kaya akan pesona, mitos dan legenda yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi Candi Ratu Boko

Destinasi wisata candi ini terletak di Jalan Raya Yogya-Solo KM 16 Prambanan, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dari Kota Yogyakarta ikuti saja jalan menuju Kota Solo. Tetap di jalan sampai Anda mencapai pertigaan Pasar Prambanan. Kalau sudah sampai pertigaan, belok kanan saja. Pengunjung bisa mencapai tempat wisata ini dalam jarak 3 kilometer setelahnya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk tempat ini juga tergolong murah. Pengunjung bisa membeli tiket yang sudah menjadi satu paket dengan Candi Prambanan atau belum. Jika pengunjung ingin memesan paket tersebut, tentunya akan membayar biaya yang lebih murah.

Harga tiket masuk Candi Ratu Boko sendiri berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 40.000 saja. Jika wisatawan membeli tiket yang sudah disepakati dengan Candi Prambanan, cukup membayar Rp. 35.000 sampai Rp. 75.000.

Baca juga:  Sejarah Candi Prambanan - Wisata Bersejarah Di Indonesia

Daya Tarik Candi Ratu Boko

Daya tarik apa saja yang ada di Candi Ratu Boko? Simak ulasan berikut.

1. Mengeksplor Candi Bersejarah

Candi unik ini terletak di sekitar Candi Prambanan. Jarak antara kedua candi kurang lebih 3 kilometer. Jaraknya yang berdekatan menjadikannya istimewa karena pengunjung tidak hanya dapat menikmati satu tempat wisata saja.
Candi ini berada di ketinggian 195 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, candi ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Pengunjung bisa mengabadikan momen di tempat wisata ini dengan latar belakang yang indah.

2. Gerbang Istana Ratu Baka

Bagian ini merupakan bagian unik dari candi. Bagian ini terlihat dari bangunan berbentuk gapura di candi. Ada 5 gerbang.

Tempat ini terletak di bagian barat pura. Gerbang ini dapat ditemukan pengunjung dengan mudah karena berada di tempat yang cukup tinggi. Jarak dari tempat parkir kurang lebih 100 meter.

Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta

3. Pemandangan Sunset

Candi ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa. Candi Ratu Boko yang terletak di dataran tinggi membuatnya memiliki tampilan alam yang luar biasa. Pengunjung pasti akan dibuat takjub begitu sampai di tempat wisata ini.

Dari sekian banyak pemandangan yang ada di sekitar candi, yang paling indah adalah melihat momen matahari terbenam. Banyak turis datang ke sini jauh-jauh untuk melihat momen matahari terbenam.

4. Candi Pembokoran

Tempat ini letaknya cukup dekat dengan gerbang utama destinasi wisata tersebut. Bentuknya sangat sederhana berupa tanah bertingkat dengan ketinggian mencapai 3 meter. Luas tempat ini sekitar 26 m2 dengan bentuk persegi.
Ada teras kedua yang lebih sempit dari yang pertama. Di tengah lapangan ada kotak mirip sumur. Ukurannya sekitar 4 x 4 meter. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat pemakaman mayat.

Baca juga:  Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Sedangkan dibagian tenggara tempat ini terdapat sumur air yang sudah cukup tua. Sumur tersebut dipercaya sebagai sumber mata air suci di Pura. Kedalaman sumur bisa mencapai kurang lebih 2 meter saat musim kemarau.

5. Goa Lanang dan Goa Wadon

Tempat ini memang merupakan keistimewaan pura. Penamaan tempat tersebut demikian karena terdapat beberapa simbol yang menggambarkannya. Dalam lambang kuno, laki-laki atau lanang dilambangkan dengan lingga sedangkan perempuan atau wadon dilambangkan dengan yoni.

Di bagian atas gua terdapat simbol-simbol ini sehingga dinamai demikian. Dengan begitu, diharapkan kawasan di sekitar candi bisa menjadi tanah yang subur. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini juga merupakan tempat meditasi pada jaman dahulu kala.

Di sisi Gua Lanang dan Gua Wadon di pura ini terdapat sebuah tangga. Tangga tersebut sebenarnya adalah batu besar yang diukir sedemikian rupa untuk sampai ke puncak. Pemandangan di sekitar goa hampir sama dengan pemandangan di sekitar candi. Cukup indah karena ada beberapa pohon yang tumbuh.

Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta

6. Arsitektur Candi

Destinasi wisata candi ini memiliki 2 gerbang yaitu gerbang dalam dan gerbang luar. Gerbang dalam merupakan gerbang utama dalam keraton. Gerbang tersebut ada 5 buah, sehingga lebih besar dari gerbang luar. Gerbang luar berukuran lebih kecil, yang terdiri dari gerbang paduraksa. Hanya ada 3 gerbang.

Itulah sedikit ulasan tentang Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda.