Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara – Yogyakarta atau lebih sering dikenal dengan Jogja memang kaya akan destinasi wisatanya, maka tidak salah Yogyakarta menjadi salah satu tujuaan saat berwisata. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, yaitu Candi Prambanan mari simak ulasan berikut.

Candi Prambanan

Candi Prambanan, candi Hindu legendaris dengan kisah cinta abadi. Candi Prambanan merupakan warisan sejarah termegah dan terbesar di Asia Tenggara, kekayaan budaya Indonesia diakui oleh UNESCO.

Lokasi Candi Prambanan

Tempat wisata ini cukup mudah ditemukan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari jalan raya Jogja – Solo. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat untuk menuju lokasi tersebut. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk menuju tempat wisata tersebut.

Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

Harga Tiket Masuk

Pihak pengelola tempat wisata ini mengenakan biaya untuk masuk ke tempat wisata ini. Harganya lumayan mahal. Wisatawan Indonesia akan dikenakan tarif sekitar Rp 40.000,00. Sedangkan turis asing akan dikenakan tarif sekitar Rp 400.000,00 atau 25 USD.

Baca juga:  Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau

Anda juga perlu membayar di beberapa fasilitas umum yang disediakan. Salah satunya adalah parkir jika membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir kendaraan roda dua berkisar Rp. 3.000,00 dan untuk kendaraan roda empat sekitar Rp. 10.000,00. Tingkat keamanannya juga cukup terjamin sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Daya Tarik Candi Prambanan

Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

Daya tarik apa saja yang ada di candi prambanan? Simak penjelasan berikut.

1. Terdapat Nilai Sejarah yang Sangat Kental

Candi ini memiliki cerita sejarah yang cukup menarik. Candi ini dibuat atas permintaan Rara Jonggrang yang ingin membangun seribu candi dalam waktu yang cukup singkat yaitu satu malam. Permintaan ini ditujukan kepada Bandung Bandawasa yang ingin melamar Rara Jonggrang.

Bandung Bandawasa dapat menyelesaikan permintaan lamaran. Namun, usahanya digagalkan oleh Rara Jonggrang. Mengetahui hal tersebut, Bandung Bandawasa pun marah dan mengutuk perempuan itu menjadi arca candi yang terakhir. Kemudian muncul arca yang ternyata menyerupai sosok perempuan.

Ceritanya sangat menarik dan banyak orang ingin mengetahui secara langsung bukti fisik dari cerita tersebut. Karenanya, tak sedikit orang yang ingin berlibur ke tempat ini. Kisah cinta Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa memang melegenda dan dikenal hingga saat ini.

2. Pemandangan Yang Sangat Indah

Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

Pemandangan dari tempat wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Anda akan disuguhkan seribu candi megah yang memiliki pesona keindahan berbeda. Tempat wisata ini juga cukup luas sehingga mungkin membutuhkan waktu seharian penuh untuk menjelajahi tempat ini.

Baca juga:  Candi Sewu, Candi Budha Terbesar Kedua di Indonesia

3. Pagelaran Yang Menarik

Banyak sekali acara yang diadakan di tempat wisata ini. Pada hari-hari tertentu Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari yang dimainkan oleh para penari tradisional yang sudah memiliki sepak terjang tinggi. Selain itu kamu juga bisa melihat Prambanan Jazz Festival yang selalu diadakan setiap tahun. Acara ini sangat bergengsi di kalangan anak muda.

4. Aneka Ragam Souvenir

Anda bisa menemukan banyak toko oleh-oleh di kawasan Candi Prambanan. Anda bisa membeli berbagai suvenir dari daerah ini. Harganya pun relatif murah sehingga bisa membeli barang sebanyak-banyaknya untuk dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa kamu temukan antara lain gantungan kunci, kaos oblong, miniatur candi, gelang, dan lain-lain.

Anda juga bisa pergi ke toko-toko selain oleh-oleh yang bisa dengan mudah ditemukan di kawasan ini. Anda bisa mengunjungi warung makan atau pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman khas lokal yang lezat.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara dari Menatapnegeri.com semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda.