Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Klaten . Klaten memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Klaten, yaitu Candi Plaosan mari simak ulasan berikut.

Keindahan Candi Plaosan

Candi Plaosan merupakan situs budaya yang masih dilestarikan di Klaten. Kompleks candi yang kaya akan pesona dari pemerintahan Rakai Pikatan Kerajaan Mataram.

Lokasi Candi Plosan

Destinasi wisata candi ini terletak di daerah perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah. Candi Plaosan terletak di dekat Candi Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan. Meski memiliki lokasi di dekat candi Prambanan, namun candi ini tetap masuk dalam destinasi wisata Provinsi Jawa Tengah.

HargaTiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata candi, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Turis lokal dan mancanegara atau mancanegara memiliki tarif yang sama. Hanya dengan membayar Rp 5.000, Anda sudah bisa menjelajahi seluruh area pura. Anda juga bisa dengan leluasa dan gratis memotret sesuka hati. Dengan membayar tiket masuk Anda sudah bisa menjelajahi tempat wisata ini sepuasnya.

Baca juga:  Candi Ratu Boko, Situs Purbakala Yogyakarta

Daya Tarik Candi Plaosan

Daya tarik apa saja yang ada di Candi Plaosan? Seimak penjelasan berikut.

1. Terdapat Candi Kembar

Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Objek wisata candi ini memiliki 2 buah candi, atau tepatnya kembar disebut Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Kidul (Selatan), keduanya banyak dikunjungi wisatawan. Candi yang terletak di sebelah utara ini memiliki 2 buah candi utama yang terletak di sebelah selatan dan utara.

Candi induk yang berada bagian selatan memiliki hiasan relief berupa gambar laki-laki. Candi induk di utara memiliki relief dekoratif berbentuk perempuan. Untuk candi yang terletak di sebelah selatan ini masih belum diketahui relief apa saja yang terbentuk karena gambarnya yang kurang jelas dan ada beberapa bagian yang sudah pudar.

2. Susunannya yang Rapi

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata ini adalah susunan batunya yang rapi dan menjulang tinggi. Bebatuan yang menyusun candi tersusun rapi dan sejajar dengan puncaknya. Inilah yang kerap membuat takjub wisatawan. Kuil ini konon merupakan tempat yang berupa teras dan digunakan oleh Rakai Pikatan sebagai tempat peribadahan atau persembahyangan.

Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi

3. Simbol Kerukunan Agama

Candi yang berada di tengah persawahan ini merupakan candi yang dibuat oleh umat Hindu dan diberikan kepada umat Budha. Kuil ini digunakan sebagai Vihara yang merupakan tempat suci untuk melakukan pemujaan bagi orang-orang tersebut. Relief yang terukir di dinding candi ini berasal dari penggabunganantara dua arsitektur khas kedua agama tersebut.

Baca juga:  Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

Unsur arsitektur inilah yang menjadi cikal bakal simbol kerukunan umat beragama di candi ini. Perlu Anda ketahui, kerukunan umat beragama sudah berlangsung sejak zaman dahulu tanpa ada perebutan wilayah dan pertumpahan darah.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Candi Plaosan Yang Wajib Untuk Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.