Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata – Magelang memang kaya akan destinasi wisatanya mulai dari wisata sejarah, wisata alam, dan masih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu situs bersejarah yang ada di Magelang, yaitu Candi Pawon mari simak ulasan berikut.

Keindahan Candi Pawon

Candi Pawon merupakan salah satu candi peninggalan klasik di Magelang yang terletak di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Bangunan bersejarah yang menarik untuk dijelajahi selama liburan dan akhir pekan.

Lokasi Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Brunjukan, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rute menuju lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat selama 1 jam lebih dengan jarak tempuh sekitar 30km lebih dari pusat kota Jogja.

Pilih rute melalui jalan Mataram dan Diponegoro hingga Anda menemukan bundaran dari Jogjakarta ke Magelang. Ambil rute melewati Walikota Kusen dan Nagggulan untuk menyeberang jalan Borobudur tempat Candi Mendut berada. Langsung melewati sungai yang disebut Kali Elo dan temui jalan yang bercabang ke dalam area pura.

Mengingat Candi Pawon terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk, maka perlu ekstra hati-hati dalam mencarinya. Sebelum menemui jalan bercabang tersebut terdapat rambu-rambu jalan menuju candi, namun ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga menyulitkan banyak pengunjung untuk menemukannya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar tentang keberadaan pura tersebut.

Baca juga:  Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia

Harga Tiket Masuk

Memasuki kawasan wisata ini, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk pengunjung lokal dan Rp 15.000 untuk pengunjung asing. Dan pengunjung yang membawa kendaraan diharuskan membayar parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.30 WIB.

Daya Tarik Candi Pawon

Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

Apa saja daya tarik yang terdapat di candi pawon, simak penjelasan berikut.

1. Bangunan Candi

Andi Pawon dibangun dengan menggunakan jenis batu andesit dengan bentuk yang ramping dari atas ke bawah. Bangunan candi tidak terlalu besar dan hanya ada satu bangunan. Namun sebenarnya terlihat pas karena dibangun pada zaman klasik sehingga masih terlihat megah hingga saat ini.

Seperti kebanyakan candi, batur yang digunakan memiliki tinggi sekitar satu meter dan memiliki tangga. Sedangkan di puncaknya terdapat beberapa stupa dengan berbagai ukuran sehingga terlihat semakin cantik. Beberapa hiasan kepala batu lainnya juga cocok dengan bangunannya.

2. Relief yang Unik

Selain ornamen di bagian atas candi yang dihias dengan stupa, pada dinding luar candi Pavon juga dihiasi dengan relief-relief yang tidak kalah uniknya. Relief tersebar dari dinding barat, timur, utara dan selatan dengan maknanya masing-masing.

Seperti relief di atas pintu dengan gambar Kuwera yang sedang berdiri, yang menggambarkan dewa kekayaan. Kemudian pada dinding selatan dan utara terdapat relief yang sama berupa Kinari Kinara yaitu makhluk setengah manusia dan seekor burung. Makhluk itu digambarkan sedang mengapit kalpataru atau pohon hidup dan dikelilingi oleh pundi-pundi.

Baca juga:  Candi Sewu, Candi Budha Terbesar Kedua di Indonesia

Di sisi lain terdapat relief seorang manusia yang seolah-olah sedang terbang ke angkasa. Relief yang besar masih dapat terlihat dengan jelas sedangkan ukuran yang lebih kecil tidak jelas karena erosi air hujan dan udara.

3. Letaknya yang Strategis

Candi Pawon terletak di lokasi yang strategis dan bersih. Jika kebanyakan candi dengan satu bangunan bisa dikunjungi di tempat-tempat terpencil atau medan yang sulit, candi ini justru sebaliknya sehingga pengunjung bahkan bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Bangunan candi berada di kawasan desa sehingga jalur yang akan dilalui cukup aman dan banyak kendaraan yang lalu lalang. Selain itu letak candi tidak jauh dari destinasi wisata lain seperti Candi Mendut dan Borobudur. Dengan begitu, pengunjung bisa langsung mengunjungi tempat tersebut tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

4. Berada Dikawasan Yang Asri

Sebuah daya tarik yang selalu membuat pengunjung enggan meninggalkan tempat wisata ini. Selain sebagai candi yang menarik, suasana di sekitarnya juga cukup asri dan bersih, terbukti dengan adanya tanaman hijau dan rerumputan yang mengelilingi candi. Dengan begitu, tempat ini sangat cocok sebagai tujuan liburan keluarga ataupun untuk menenangkan pikiran.

Demikianlah ulasan tentang Keindahan Candi Pawon Magelang dari Menatapnegeri.com, Semoga bermanfaat dan bisa menajadi referensi liburdan anda selanjutnya, Terimakasih.