Candi Muaro Jambi : Candi yang Unik & Tertua di Indonesia

Candi Muaro Jambi : Candi yang Unik & Tertua di Indonesia – Jambi memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata sejarahnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jambi, yaitu Candi Muaro Jambi simak ulasan berikut.

Candi Muaro Jambi

Indonesia memang sangat kaya akan bangunan peninggalan sejarah, seperti candi yang patut dijaga dan juga dilestarikan. Candi Muaro Jambi marupakan salah satu candi yang termasuk dalam candi bersejarah tertua di Indonesia yang diyakini lebih tua dari Candi Borobudur, sehingga menarik untuk dijelajahi saat liburan.

Lokasi Candi Muaro Jambi

Lantas, di manakah letak Candi Muaro Jambi ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Desa Muara Jambi, Kec. Maro Sebo, Kab. Muaro Jambi, Jambi. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Para pengunjung yang datang ke kompleks percandian akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 9.000 harga tiket ini berlaku ketika weekday maupun weekend. Objek wisata ini dibuka untuk umum, sehingga tempat wisaja ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Baca juga:  Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau

Para pengunjung yang datang bisa menyewa sepeda onthel yang disediakan oleh pihak pengelola wisata dengan tarif sewa sebesar Rp 20.000 agar para pengunjung puas mengelilingi area kompleks percandian. Tak hanya sepeda, ada penyewaan bentor yang digunakan untuk berkeliling di area kompleks Candi Muaro Jambi dengan biaya sewa sebesar Rp 50.000.

Untuk para wisatawan yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya tiket parkir sebesar Rp 15.000 untuk kedaraan roda empat sedangkan tiket parkir motor sebesar Rp 5.000.

Candi Muaro Jambi : Candi yang Unik & Tertua di Indonesia

Daya Tarik Candi Muaro Jambi

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Candi Muaro Jambi.

1. Bangunannya Mirip dengan Universitas Nalanda di India

Agus Widiatmoko, seorang arkeolog yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Budaya mengungkapkan bahwa Candi Muara Jambi ini dulunya adalah kampus atau universitas yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Pada saat Kerajaan Sriwijaya ini mengalami masa kejayaan sekitar tahun 784, para mahasiswanya diutus ke India untuk belajar di Universitas Nalanda.

Kerajaan membangun satu perpustakaan dengan 2000 kamar yang ditujukan untuk mahasiswanya yang sedang melakukan proses belajar di India. Namun disebabkan adanya invasi berasal dari negara lain, sehingga ajaran Budha Dharma di India hancur. Maka dari itu universitas berpindah ke Candi Muaro Jambi di Sumatera dan lulusannya kembali ke India lalu terjadi reformasi agama di Tibet.

Candi Muaro Jambi : Candi yang Unik & Tertua di Indonesia

2. Candi ini 8 Kali Lebih Luas dari Candi Borobudur

Candi Borobudur yang berletakkan di Magelang, Jawa Tengah terkenal dengan areanya yang begitu luas. Ternyata candi yang berada di Jambi ini mempunyai area mempunyai luas 12 kilometer persegi yang merupakan candi terluas di Asia Tenggara. Disebabkan memiliki areanya luas, maka ada beberapa candi berada di sekitarnya.

Baca juga:  Keindahan Candi Pawon Magelang Yang Memanjakan Mata

Beberapa candi yang ada di sekitarnya diantaranya yaiu Candi Tinggi, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, Candi Vando Astano, Candi Kembar Batu, Candi Gumpung, dan juga kolam Talago Rajo. Candi-candi titu juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Ada juga kanal-kanal tua yang terletak di sekeliling kompleks percandian ini.

3. Menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Candi Muaro Jambi adalah peninggalan sejarah dengan area terluas di Asia Tenggara yang disebut dengan situs kota kuno yang ada di Sumatera yang telah dicalonkan sebagai Situs Warisan Dunia sejak tahun 2009 oleh UNESCO. Hal itu didasarkan sebab candi ini mempunyai keunikan serta keindahan tersendiri dengan beragam adat budaya masyarakatnya.

Terdapat bangunan kuil yang berada di kompleks percandian yang merupakan filosofi Hindu dan Budha dan sebagai lambang dari nilai-nilai kemanusiaan terhadap periode budaya Hindu dan Budha yang ada di Jambi. Seorang pakar epigrafi yang bernama Boechari menyimpulkan bahwa peninggalan sejarah yang ada di Jambi ini terbentuk sekitar abad ke 9-12 Masehi.

Itulah sedikit ulasan Candi Muaro Jambi : Candi yang Unik & Tertua di Indonesia dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.