Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau

Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau – Riau memang sangat kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Riau, yaitu Candi Muara Takus simak ulasan berikut.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus adalah salah satu situs bersejarah yang merupakan peninggalan padasaat peradaban Buddha di masa kerajaan Sriwijaya. Letak candi dekat dengan sungai Kampar, candi ini juga menjadi destinasi wisata sejarah yang ada di Riau dan tempat ini sangat menarik di eksplor keindahannya.

Lokasi Candi Muara Takus

Lantas, di manakah letak Menara Siger Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Desa Muara Takus Kec. XIII Koto Kampar Kab. Kampar, Riau. Bila anda belum mengetahui letak dari tempat wisata ini maka anda bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Seperti halnya dengan tempat wisata yang lainnya, bila anda datang kesini anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Harga tiket yang murah tersebut tak sebanding keindahan dengan keindahan tempat wisata tersebut. Dengan membayar harga tiket tersebut anda sudah menikmati keindahan alam yang tiada duanya dan juga anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada disana.

Baca juga:  14 Tempat Wisata di Jogja Yang Menarik Untuk Dikujungi

Terdapat biaya tambahan yaitu biaya parkir bila anda membawa kendaraan pribadi sendiri, untuk biaya parkir kedaraan bermotor hanya di patok sebesar Rp. 2.000 saja sedangkan untuk kendaraan roda empat anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 5.000. dengan membayar biaya parkir tersebut anda sudah di tempatkan di halaman parkir yang cukup luas.

Daya Tarik Candi Muara Takus

Berikut adalah daya tarik yang ada di Candi Muara Takus yaitu:

1. Gaya Bangunan yang Unik

Candi ini dibangun pada abad ke-4, dari bentuk bangunannya anda akan melihat bentuk khas dari candi Buddha yang disajikan. Terdapat stupa pada kawasan candi tersebut, stupa inilah yang menjadi ciri khusus yang dibangun untuk agama Budha.

Candi ini juga memiliki warna yang berbeda dengan candi-candi lainnya, candi ini mempunyai warna kuning yang didapatkan dari batuan pasir yang digunakan sebagai konstruksi utamanya. Namun tak hanya batuan pasir tersebut, terdapat juga batuan sungai dan batu bata yang digunakan sebgai komponen pembatuan pembatuan pada bangunan candi tersebut.

Bentuk dari candi keagamaan ini juga mirip dengan dengan bentuk candi yang ada di Asia lainnya. Seperti India dan Myanmar merupakan negara yang diyakini sebagai kiblat bentuk arsitektur dari candi ini.

2. Suasana yang Tenang

Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau

Suasana dikawasan candi begitu sangat tenang karena letak candi ini di pedalaman desa, hal tersebutlah yang mebuat kawasan candi ini menjadi tenang. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang sudah bosan dengan suasana perkotaan karena candi ini letaknya jauh dari hiruk pikuknya perkotaan, banyak dari wisatawan yang ingin mencari suasana baru dari candi Muara Takus ini.

Baca juga:  Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia

Udara dikawasan candi pun jauh lebuh segar, dikarenakan banyak dedauanan yang hijau dari pohon yang tumbuh pada kawasan candi tersebut. Oksigen yang berasal dari daun-daun ini belum sama sekali tercemar oleh polusi udara.

Tempat dengan suasana seperti ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk bermeditasi. Lingkungannya yang tenang dan udaranya yang segar bisa membuat anda menjadi lebih fokus saat bermeditasi. Tak hanya itu, disini juga anda tidak akan mendengarkan bisingnya suara kendaraan sehingga mebuat pikiran anda menjadi lebih rileks.

Itulah sedikit ulasan Candi Muara Takus : Bangunan Bersejarah yang Unik di Riau dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.