Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia

Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia – Sudah tak asing lagi dengan candi yang satu ini ya teman-teman. Candi budha terbesar ini sering dijadikan tempat destinasi karena memiliki keindahan yang tak kalah cantik dengan candi prambanan, dan candi-candi lain di sekitarnya konsep didalam candi ini juga menceritakan sebuah kehidupan di masa lampau yang memiliki daya Tarik tersendiri, Dikempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengkaji sedikit tentang candi borobudur yuk simak sebentar penjelasan ini ya.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar dan merupakan warisan budaya dunia UNESCO. Wisata candi populer yang mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Lokasi Candi Borobudur

Banyak orang salah mengira letak candi Borobudur ini yaitu di daerah istimewa Yogyakarta, padahal letak sesugguhnya dari candi Borobudur adalah di kota magelang jawa tengah Tepatnya di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Mungkin jarak antara Yogyakarta dengan kota magelang yang dianggap cukup dekat sekitar 40 km, membuat banyak orang salah paham letak candi ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke candi Borobudur dijual dengan harga,Rp 30.000 untuk wisatawan lokal anak-anak,Rp 50.000 untuk wisatawan lokal dewasa, dan Rp25.000 untuk tiket rombongan dengan jumlah minimum 20 orang.

Adapun juga tiket yang dijual kepada wisatawan asing dengan harga, Rp 350.000 untuk wisatawan asing dewasa, dan Rp 210.000 untuk wisatawan asing anak-anak.

Candi Borobudur sendiri beroperasi setiap hari pukul 06.00–17.00 WIB.

Daya Tarik Candi Borobudur

Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia

Lantas apa saja sih yang menjadi daya Tarik di candi borobudur ini? Akan kita bahas disini.

1. Menjadi salah satu keajiban didunia

Pada tahun 1991 UNESCO menetapkan candi Borobudur menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang kita diketahui. Alasan yang menguatkan mengapa UNESCO menetapkan hal tersebut dikarenakan beberapa alasan tertentu alasan pertama, kompleks Candi Borobudur berbentuk piramida tanpa atap terdiri 10 berurutan ke atas, bermahkotakan sebuah kubah berbentuk genta besar.Borobudur juga merupakan gabungan stupa dan gunung yang jadi mahakarya arsitektur dan seni monumental Budhhisme.alasan kedua, kompleks Candi Borobudur menjadi contoh luar biasa dari seni dan arsitektur Indonesia dari masa awal abad 8 dan akhir abad 9. Karya ini memberi pengaruh besar kebangkitan arsitektural pada masa awal abad 13 dan awal abad 16.alasan yang terakhir, Candi Borobudur berbentuk teratai, bunga yang disucikan dalam tradisi Budha.

Baca juga:  Keindahan Candi Prambanan, Candi Terbesar di Asia Tenggara

2. Situs bersejarah

Menurut para ahli, candi Borobudur dibangun pada masa dinasti syailendra sekitar abad ke-9 Dimasa pemerintahan raja samarantungga. Arsitek dari candi Borobudur ini adalah seorang bernama gunadharma, dengan rancangan yang telah ia buat untuk membangun sebuah candi dengan keindahan luar biasa ini baru rampung setelah 50 -70 tahun kemudian. Kata Borobudur sendiri berasal dari Bahasa sanserkerta `vira budha uhr`yang berarti biara budha di Bukit. Ya.. candi Borobudur menjadi pusat keagamaan pada masa itu, hingga pada abad ke-15 banyak yang beralih ke agama islam yang membuat candi ini terlupakan dan terkubur abu vulkanik setelah gunung Merapi Meletus.

Setelah 10 abad kemudian candi Borobudur ditemukan oleh Sir Thomas Raffles pada tahun 1814 dengan kondisi tertimbun abu vulkanik dan dipenuhi semak belukar. Sejak ditemukan pemugaran ,dan usaha rekronstruksi dilakukan Dari waktu penjajahan inggris,belanda, hingga Indonesia merdeka.

3. Meraih banyak penghargaan

Kemegahan dan keunikan candi yang indah ini menarik banyak pihak. Salah satu sebutan yang banyak dimiliki dan dikenal orang adalah Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Selain dikenal sebagai candi terbesar di dunia, Candi Borobudur sebenarnya telah menyabet banyak penghargaan seperti penghargaan kawasan pariwisata bebas asap dari SEATCA pada tahun 2018, penghargaan sebagai candi terbesar di dunia menurut Rekor Dunia Guinness pada tahun 2012. Dan PATA Gold Awards 2011 untuk kategori Heritage.

4. Pusat ibadah umat Budha di Indonesia

Borobudur merupakan pusat peribadahan umat Budha di Indonesia. Jadi, pengunjung yang datang pada hari-hari pemujaan umat Buddha bisa melihat ritual yang dilakukan di candi ini. Pura ini akan ramai pada hari-hari besar, terutama pada setiap perayaan Waisak.

Baca juga:  Candi Sewu, Candi Budha Terbesar Kedua di Indonesia

Waisak jatuh setiap Mei atau Juni jika merupakan tahun kabisat. Waisak adalah peringatan kelahiran, kematian dan ketika Siddharta Gautama memperoleh kebijaksanaan tertinggi untuk menjadi Buddha Shakyamuni.

Upacara dilakukan saat bulan purnama berpusat di tiga candi yaitu Candi Mendut, Pawon dan Borobudur. Hari Raya Waisak merupakan momen berkumpulnya umat Buddha dari seluruh Indonesia.

5. Kemegahan arsitektur candi yang bermakna

Arsitektur yang bermakna ini terdapat pada relief- relief yang ada dicandi yang bila di totalkan ada sebanyak 1.460 relief. Relief yang ada dicandi Borobudur terdapat dididindin candi dan terdapat deretan pagar disetiap tingkatnya. Dideret pertama ada 4 deret relief sedangkan dideret seterusnya terdapat 2 deret. Yang salah satu deretnya menceritakan seorang budha sebelum dilahirkan sebagai sidharta. Bagaimana Tertarik mempelajarinya bukan?

6. Kebun binatang

Di area candi ada safari gajah. Wisatawan yang datang bisa menikmati atraksi gajah yang di adakan khusus untuk menghibur pengunjung. Lokasi objek wisata tidak jauh dari kawasan candi induk sehingga tidak sulit untuk ditemukan.

7. Pemandangan yang menyejukkan mata

Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia

Bagaimana tidak menyejukkan mata? Lingkungan disekitar candi Borobudur sangatlah nyaman untuk merilekskan diri,Udara yang sejuk dengan lingkungan yang bersih dan terjaga jadi makin betah deh berlama-lam disana. Apalagi bila kita berada di lantai paling tinggi di candi Borobudur wah.. kita bisa melihat banyak gunung dan bukit mengelingi candi Borobudur loh diantaranya ada gunung merbabu tepat dibagian sebelah timur laut,gunung Merapi di sebelah timur,dan gunung sindoro serta gunung sumbing di barat laut.

8. Aneka ragam souvenir untuk buah tangan

Setelah puas mengunjungi candi Borobudur pengungjung juga bisa mencari berbagai macam souvenir disekitaran lingkungan candi Borobudur sebagai cindera mata untuk sanak saudara yang tidak ikut mengungjungi candi Borobudur nih gimana udah ada rencana kesini belum?

Demikianlah ulasan tentang Keindahan Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar Sedunia dari Menatapnegeri.com, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi destinasi liburan anda berikutnya.