Bukit Trunyan, Spot Menikmati Sunset & Sunrise di Bangli

Posted on

Bukit Trunyan, Spot Menikmati Sunset & Sunrise di Bangli – Bali adalah sebuah pulau dengan destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Bali sendiri bisa dikatakan sebagai ikon wisata Indonesia, sebab banyak sekali wisatawan dari mancanegara yang berdatangan kepulau ini untuk berlibur. Karena banyaknya tempat wisata yang ada di bali sehingga banyak orang yang bingung mau pergi kemana. Disini saya akan merkomendasikan salah satu tempat wisata yang ada di Bali dan pastinya sangat cocok untuk anda.

Bukit Trunyan

Bukit trunyan merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada Bangli, Bali dan tempat ini sering kali disebut juga dengan Puncak Indrakila. Sekarang ini tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang paling sering didatangi. Jika anda suka akan panorama alam, maka anda wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Puncak trunyan ini juga tidak kalah menarik dari berbagai tempat wisata alam lainnya yang ada di Pulau Bali ini. Ditempat ini juga terdapat panorama Gunung Batur dan Gunung Abang sehingga akan menjadi bonus untuk para pengunjung yang datang ketempat ini. Sehingga dengan anda datang kesini anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Meskipun orang yang datang ke bukit ini masih belum terlalalu banyak, akan tetapai tidak bisa jugan yang dibilang yang datang kesini sedikit. Setiap harinya pasti ada wisawatan yang datanuntuk mendaki ri bukit ini. Hal yang paling penting saat bersisata ke bukit ini yaitu mematuhi segala peraturan yang telah diberlakukan oleh warga setempat.

Bukit Trunyan

Lokasi Bukit Trunyan

Untuk bisa berwisata ke Gunung Trouni, Anda harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Gunung ini terletak di Bali, atau tepat di desa Kintamani di Kabupaten Bangli. Jika wisatawan ingin mendaki ke puncak, maka yang terbaik adalah memanfaatkan jasa pendakian gunung Bali.

Untuk menuju ke bukit yang menawan ini tidaklah sulit. Bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya perjalanan, mobil sewaan atau mobil pribadi adalah pilihan terbaik.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Tidak ada biaya masuk ke Gunung Trunyan, tetapi sebagai alternatif, akan ada beberapa tas hiking. Yang pertama adalah paket reguler, dimana pengunjung akan mendapatkan fasilitas dan pemandu berupa peralatan pendakian. Harga paketnya adalah 1,25 hingga 400.000.

Yang kedua juga paket reguler, tapi dengan fasilitas tambahan yaitu sarapan. Harga paket kedua adalah 200 hingga 550.000. Ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan agar bisa sampai ketempat penyewaaan alat pendakian.

Yang pertama adalah menggunakan layanan penjemputan hotel dengan biaya tambahan. Kemudian, opsi kedua adalah langsung menuju lokasi rental. Anda dapat memilih opsi yang cocok untuk Anda.

Daya Tarik Bukit Trunyan

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang akan anda jumpai pada saat datang ke bukit trunyan ini

1. Lokasinya Berada Pada Ketinggian

Lokasinya Berada Pada Ketinggian

Gunung Troya sendiri memiliki ketinggian yang relatif istimewa, 1800 meter di atas permukaan laut. Tentu hal ini juga menjadi penyebab banyak pendaki yang kelelahan.

Lokasinya yang berada di ketinggian ini juga memungkinkan semua pengunjung untuk melihat panorama alam yang sangat indah di sana. Dengan cara ini, tubuh yang lelah karena mendaki bisa langsung hilang dan tergantikan dengan rasa nikmat.

2. Berdekatan dengan Tiga Gunung

Berdekatan dengan Tiga Gunung

Banyak orang yang tertarik dengan Bukit Trunyan, bukan hanya karena ketinggiannya, tapi juga karena keindahan 3 gunungnya. Tiga gunung yang juga dekat dengan perbukitan adalah Gunung Abang, Gunung Agung dan Gunung Rinjani.

Ketiga gunung tersebut juga menyuguhkan keindahan dan keunikan tersendiri. Anda juga dapat melihat pemandangan gunung dari atas gunung.

3. Tersedia Dua Jalur Untuk Pendakian

Tersedia Dua Jalur Untuk Pendakian

Saat ini terdapat dua jalur atau titik awal di lokasi wisata yang dapat digunakan wisatawan untuk mencapai puncak gunung. Tentu saja, kedua jalur tersebut memiliki lokasi yang sama sekali berbeda dari lokasinya masing-masing.

Titik awal pertama adalah mendaki dari Desa Trunyan menuju tempat Pura Pencering Jagat di sisi timur berada. Setelah itu, pendakian memakan waktu sekitar 3 jam. Dibandingkan dengan rute lain, rute ini adalah titik awal yang paling populer.

Titik awal selanjutnya adalah Desa TIM Tianya. Rute ini tidak banyak dipilih oleh wisatawan karena lokasinya yang jauh dari tempat wisata di Bali Barat, Bali Tengah dan Bali Selatan.

Aktivitas Menarik Yang Dapat Dilakukan di Bukit Trunyan

Aktivitas Menarik Yang Dapat Dilakukan di Bukit Trunyan

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan ketika saat sedang berada di bukit trunyan, diantaranya yaitu:

1. Camping di Ketinggian

Aktivitas yang wajib dilakukan pengunjung Bukit Trunyan adalah berkemah menikmati nuansa malam yang indah di ketinggian. Bukit-bukit yang sangat terkenal di Bali telah menyiapkan tempat perkemahan yang nyaman dengan panorama perbukitan hijau yang menakjubkan.

2. Menikmati Sunrise ataupun Sunset

Panorama matahari terbit di Gunung Trunyan tidak kalah dengan di tempat lain. Untuk melihat panorama yang indah, pengunjung harus rela bangun pagi, sekitar jam 2 pagi, dan langsung menuju puncak gunung. Pengunjung dapat mencapai puncak pada pukul 5 pagi untuk menyambut matahari terbit.

3. Berfoto

Potret yang bisa dibuat di Bukit Trunyan tentunya sangat welcome. Anda bisa berfoto selfie dengan latar panorama hijau. Jadi, bawalah kamera Anda agar ketika Anda pergi ke tempat ini. Situs-situs alam ini dijamin akan menjadi surga bagi mereka yang menyukai dunia fotografi.

Fasilitas Yang Ada di Bukit Trunyan

Fasilitas wisata yang disediakan Bukit Trunyan memang tidak terlalu lengkap, namun masih bisa dikatakan lumayan. Pasalnya, fasilitas seperti toilet umum yang tergolong sangat penting belum ada. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang bingung saat ingin buang air kecil di area tersebut.

Selain belum adanya toilet umum, fasilitas penting lainnya yang belum ada adalah warung makan. Oleh karena itu, wisatawan sangat disarankan untuk membawa makanan sendiri jika ingin menuju ke bukit ini. Sementara itu, fasilitas yang bisa Anda temukan di kawasan ini adalah area parkir kendaraan yang relatif luas.

Fasilitas lain yang akan pengunjung temukan di perbukitan yang indah ini adalah tempat persewaan peralatan pendakian. Dengan cara ini, wisatawan yang lupa membawa atau tidak memiliki peralatan pendakian tidak perlu khawatir. Namun tentunya wisatawan perlu menyiapkan uang lebih.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang Bukit Trunyan, Spot Menikmati Sunset & Sunrise di Bangli. Semoga penjelasan yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi liburan dikemudian hari, sekian terima kasih.