Bukit Siguntang, Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan

Bukit Siguntang, Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan – Tak ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Sumatera Selatan, Karena Sumatera Selatan memiliki banyak wisata mulai dari wisata alam, wisata buatan hingga situs sejarahnya, Kali ini Menatapnegeri.com kan mengulas tentang salah satusitus bersejarah yang terdapat di Sumatera Selatan yang sangat menarik untuk dikunjungi, mari simak artikel berikut ini.

Bukit Siguntang

Ada sebuah situs sejarah di kawasan Palembang yang kini menarik perhatian masyarakat awam atau para arkeolog Tanah Air, yaitu Bukit Siguntang. Pesona alam dan pemandangan sekitar menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu, banyak pula bukti sejarah yang ditemukan pada masa pemerintahan kerajaan Sriwijaya di masa lalu.

Lokasi Bukit Siguntang

Bukit Siguntang bisa dicapai di titik lokasi yang beralamat di kawasan Bukit Lama, Kawasan Ilir Barat, Palembang. Saat baru pertama kali berangkat bisa memanfaatkan fasilitas umum yang tidak jauh dari lokasi yaitu bus. Apabila digunakan sebagai pilihan untuk mencapai lokasi, maka rute yang harus ditempuh adalah melalui halte Simpang SMA 10 b dengan jarak tempuh sekitar 8 menit.

Selain bus, Anda juga bisa menggunakan Kapal KM Bukit Siguntang. Namun untuk fasilitas umum tersebut, perlu dilakukan konfirmasi jadwal keberangkatan jauh-jauh hari sebelum Anda datang ke lokasi. Jika keduanya terlalu ribet untuk dipilih dan dikerjakan bisa juga menggunakan kendaraan pribadi, jika bingung mau kemana arah gunakan folder elektronik di smartphone kamu.

Baca juga:  Keindahan Goa kreo yang Dibaluti Dengan Misteri

Daya Tarik bukit Siguntang

Berikut ini adalah daya tartik yang dimiliki dari bukit siguntang yaitu:

1. Sebagai Tempat Persembayangan Masa Kerajaan Sriwijaya

Kisah dan latar belakang sejarah yang melandasi keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Banyak yang mengatakan bahwa berdasarkan temuan benda purbakala di sekitarnya berupa arca atau artefak yang ada, memiliki keterkaitan yang erat dengan perkembangan yang terjadi pada masa kerajaan Sriwijaya.

Faktanya, karena telah ditemukan banyak artefak atau patung bernilai spiritual bagi agama Buddha, ada anggapan bahwa tempat itu dulunya adalah tempat persembayangan. Hingga saat ini, ada juga sebagian masyarakat yang menganggap Bukit Siguntang sebagai tempat berkah karena beberapa cerita dan legenda yang berkembang di masyarakat sekitar.

2. Terdapat Temuan Artefak Budhisme

Para arkeolog dan sejarawan juga telah melakukan penelitian terkait beberapa peninggalan sejarah yang ada di sana. Seperti banyak artefak Buddha yang muncul sebagai bukti sejarah keberadaan kerajaan Sriwijaya di masa lalu.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan ditemukannya patung Buddha bergaya Amarawati. Awalnya hanya ada tubuh. Kemudian, setelah dilakukan pencarian lagi, ditemukan juga potongan-potongan lain, seperti kepala, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah patung lengkap. Namun sayangnya, sejauh ini belum ada kaki yang ditemukan.

Bukit Siguntang, Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan

3. Pemandangan Pepohonan Yang Hijau

Bukit Siguntang, banyak orang mengenal tempat ini dengan ketinggian anak tangga 29m – 30m.Sebagai salah satu kawasan perbukitan yang dikenal masyarakat, tentunya banyak fakta unik yang menjadi daya tariknya. Di sana juga ditemukan sejarah serta berbagai hal yang mengandung unsur pendidikan.

Baca juga:  Kebun Binatang di Indonesia yang Paling Populer

Namun selain itu, ada satu elemen yang bisa memikat keberadaannya yaitu pemandangan hijau taman dan pepohonan di sekitarnya. Bagi Anda yang terbiasa dengan kehidupan kota dan bangunan yang padat di seluruh dunia, ini jelas salah satu alasan mengapa Anda harus datang untuk menyembuhkan stres yang menumpuk. Selain itu, udara yang sejuk dan berbukit membuat pikiran bekerja panas.

4. Makan Kerajan Sriwijaya

Di salah satu tempat di bukit Siguntang terdapat kompleks makam yang dianggap oleh banyak orang sebagai tempat pemakaman raja dan bangsawan di kerajaan Melayu kuno. Kompleks ini dipenuhi dengan pemandangan hijau taman dengan pepohonan yang tersebar di sekitarnya. Selain itu, jalan setapak juga dibangun untuk memfasilitasi ziarah.

Bukit Siguntang, Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan

Beberapa nama raja atau bangsawan yang dimakamkan di sana adalah Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Karang, dan juga Panglima Bagus Kuning. Selain itu, ada juga yang menyatakan bahwa ada tempat keturunan Iskandar Zukarnain atau Sang Sapurba.

Fasilitas Bukit Siguntang

Fasilitas di Bukit Siguntang yang semakin ramai pengunjung kini mulai berkembang. Berbagai sarana dan prasarana penunjang telah dibangun khusus untuk kenyamanan pengunjung. Seperti memperbaiki toilet umum dan memperbanyak jumlah, juga dengan tempat parkir untuk menjamin keamanan kendaraan pribadi.

Demikianlah ulasan tentang Bukit Siguntang Wisata Bersejarah di Sumatera Selatan, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda selanjutnya, terimakasih.