Bukit Cinta Ambarawa, Keindahan Perbukitan di Rawa Pening

Bukit Cinta Ambarawa, Keindahan Perbukitan di Rawa Pening – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Semarang. Semarang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Semarang, yaitu Bukit Cinta Ambarawa mari simak ulasan berikut.

Bukit Cinta Ambarawa

Bukit Cinta Ambarawa,merupakan tempat yang menarik untuk menikmati suasana keindahan Rawa Pening dan Bukit Brawijaya. Tempat wisata terbaik yang menyediakan panorama alam dan spot foto keren di Semarang.

Lokasi Bukit Cinta Ambarawa

Lantas, di manakah letak Wisata Bukit Cinta Ambarawa? Bukit ini berada tepat di Alamat: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Bukit ini sekarang terlihat baru dan lebih modern. Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dan fasilitas wisata yang lengkap. Pengunjung bisa menikmati tempat wisata yang buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 ini hanya dengan membayar tiket di loket masuk. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar Rp. 15.000.

Bagi Anda yang membawa kendaraan bisa membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Setelah membayar biaya parkir dan tiket masuk, Anda bisa langsung masuk menikmati liburan seru dan menyenangkan di bukit ini.

Semua fasilitas di tempat wisata ini disediakan gratis sehingga pengunjung tidak perlu membayar lagi. Namun bagi pengunjung yang ingin naik perahu perlu membayar sewa perahu sekitar Rp100.000 untuk 7 orang.

Baca juga:  Taman Pintar Yogyakarta : Wisata Edukasi Favorit Keluarga

Daya Tarik Bukit Bukit Cinta Ambarawa

bukit cinta ambarawa terbaru

Daya tarik apa saja yang ada di Bukit Cinta Ambarawa? Masik simak pembahasan berikut.

1. Pemandangan Rawa

Daya tarik utama wisata Bukit Cinta ini adalah pemandangan rawa yang indah. Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan langsung disambut dengan hamparan rawa yang terlihat asri dengan beberapa tanaman eceng gondok.

bukit cinta ambarawa terbaru

Rawa Pening memang terkenal sebagai salah satu rawa yang banyak ditumbuhi daun eceng gondok. Kini dengan pengelolaan yang lebih modern, rawa ini telah disulap menjadi rawa yang lebih asri dan rapi. Sebagian eceng gondok tertinggal di rawa tetapi tidak menutupi seluruh permukaan air.

2. Pemandangan Bukit

Selain rawa, daya tarik Bukit Cinta Rawa Pening adalah pemandangan indah di sekitarnya. Rawa Pening dikelilingi oleh deretan perbukitan yang terlihat hijau dan segar. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan Bukit Brawijaya yang semakin menambah pesona keindahan objek wisata Bukit Cinta.

bukit cinta ambarawa terbaru

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini juga bisa melihat beberapa gunung. Selain Bukit Brawijaya, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Telomoto, dan perbukitan Gajah Mungkur dari kejauhan. Pegunungan dan perbukitan di sekitarnya memberikan latar yang indah untuk dinikmati wisatawan.

3. Spot Selfie

Bukit Cinta Ambarawa tak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya saja. Tempat wisata ini juga menyuguhkan tempat wisata yang lebih modern dengan banyak spot selfie. Berkembangnya kawasan wisata ini menjadikan wisata Rawa Pening lebih segar dari sebelumnya yang hanya sebatas menikmati rawa.

Bangunan dan beberapa fasilitas yang ada di tempat ini memang dibuat dan desain yang menarik untuk dijadikan spot selfie. Bukit Cinta Ambarawa kini terkenal sebagai tempat wisata yang instagramablenya. Maka tak heran jika banyak anak muda yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Baca juga:  Gentala Arasy : Menara Jam Ikonik di Jambi

4. Mitos

Tempat wisata ini masih menarik karena adanya mitos yang menyelimuti kawasan Rawa Pening. Salah satunya adalah mitos naga yang menjaga rawa. Menurut cerita rakyat, ular itu menunggu pengakuan ibunya yang sayangnya tidak terjadi karena ular itu mati.

Mitos ular naga inilah yang membuat tempat wisata ini dibangun dengan bangunan dengan gambar ular naga. Bangunan ini dapat ditemukan di pintu masuk, kepala ular adalah bangunan untuk jendela masuk. Sedangkan ekor ular berada di depan kepalanya sehingga terlihat seperti sedang mengitari kawasan Rawa Pening.

Selain mitos ular naga, tempat wisata ini juga menarik dengan mitos lainnya. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, Rawa Pening merupakan kawasan terlarang bagi setiap pasangan. Jika Anda datang ke rawa ini, mitosnya adalah pasangan akan putus.

Namun mitos tersebut tidak menghalangi pasangan muda untuk berkunjung ke tempat wisata Bukit Cinta Rawa Pening. Sebagian besar pengunjung yang datang adalah anak muda yang membawa pasangannya.

5. Suasana yang Sejuk

Daya tarik lain dari tempat wisata hits ini adalah suasananya yang sejuk dan tenang. Pemandangan alam yang disuguhkan di Bukit Cinta menawarkan suasana damai dan alam yang asri. Udara segar juga bisa dinikmati setiap pengunjung yang menghabiskan waktunya di bukit cinta ini.

6. Tempat Mudah Diakses

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Bukit Cinta terletak di dekat jalan utama sehingga wisatawan dapat dengan mudah menemukannya. Setiap hari, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur.

Itulah sedikit ulasan Bukit Cinta Ambarawa, Keindahan Perbukitan di Rawa Pening dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.