Benteng Portugis, Wisata Sejarah Dengan Panorama yang Indah

Benteng Portugis, Wisata Sejarah Dengan Panorama yang Indah – Jepara memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Jepara, yaitu Benteng Portugis simak ulasan berikut.

Benteng Portugis

Benteng Postugis adalah salah satu tempat wisata yang bersejarah juga keindahan pemandangan alamnya yang begitu indah sehingga tempat wisata ini menarik untuk dijelajahi. Benteng ini merupakan bukti sejarah dari bangsa kita dari perlawanan penjajah.

Lokasi Benteng Portugis

Lantas, di manakah letak Wisata Benteng Portugis Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Bila anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tak perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya yang banyak, harga tiket untuk masuk ketempat ini pada hari senin sampai sabtu yaitu 5000, apabila datang pada hari libur anda akan di kenakan tarif dua kali lipat dari harga normal.

Daya Tarik Benteng Portugis

Benteng Portugis, Wisata Sejarah Dengan Panorama yang Indah

Daya tarik apa saja yang ada Benteng Portugis? Mari simak pembahasan berikut.

1. Kesan Modern Benteng

Berbeda dengan kebanyakan benteng penjajahan di Indonesia, destinasi ini tampak seperti kawasan modern yang dibangun pada era milenium saat ini. Hal tersebut akan langsung dirasakan oleh para pengunjung yang hadir disana. Beberapa keistimewaan pada bangunan ini menjadi faktor penyebab munculnya kesan tersebut.

Baca juga:  Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul, Yogyakarta

Salah satu yang paling eksentrik dari bangunan Benteng Portugis adalah warnanya di bagian depan benteng. Benteng-benteng lain pada umumnya menampilkan warna-warna gelap yang memberikan kesan sangat tua ketika Anda memasukinya, hal ini berbeda dengan benteng yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Bangunannya yang memiliki warna oranye cerah akan memikat mata orang-orang di sekitarnya.

Dengan warna-warna tersebut, benteng ini memiliki keunikan tersendiri sebagai tujuan wisata sejarah yang berharga. Meski mayoritas tampilan modernnya hanya di luar, namun hal ini justru menjadi sambutan yang berharga bagi wisatawan. Layar juga secara otomatis menampilkan titik foto tempat wisata tersebut.

Selain itu, pada bagian luarnya, sebelum mencapai gapura berwarna menarik tersebut, pengunjung harus melewati jalan setapak yang memberikan kesan luar biasa. Bagaimana bisa? Jalur masuknya dibangun seperti jalan untuk memasuki perumahan elit kelas menengah ke atas. Pastinya wisatawan akan merasakan liburan di tempat yang terlihat seperti destinasi kelas dunia.

Di bagian luar Benteng Portugis, kebanggaan masyarakat Jepara, juga terdapat bendera merah putih yang berkibar. Tiang bendera memang dipasang di sana untuk menambah kesan bahwa ini adalah saksi bisu perjuangan rakyat atas penjajahan yang sebelumnya terjadi di sana. Kehadiran bendera tersebut turut memperkuat kesan sejarah bangsa ini.

2. Panorama Alam Sekitarnya

Mengunjungi benteng ini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan bangunan-bangunan tua peninggalan jaman dahulu. Namun, masyarakat juga bisa dengan leluasa menikmati keindahan alam yang tak jauh dari pendirian benteng tersebut.

Benteng ini masih berada di pesisir utara Pulau Jawa. Dengan begitu, saat pengunjung menaiki puncaknya, mereka akan disuguhkan dengan diorama alam lautan yang begitu luar biasa indahnya. Kecantikan alam inilah yang kerap menarik banyak orang untuk datang ke sana. Pengunjung juga bisa berjalan kaki langsung ke pantai terdekat. Jarak tempuh tidak mencapai 10 menit.

Baca juga:  Menikmati Keindahan Pantai Tanjung Setia Lampung

Di bagian atas benteng juga terdapat fasilitas penunjang bagi pengunjung untuk mengamati kondisi sekitarnya. Teropong jarak jauh yang sebenarnya merupakan peninggalan tentara Portugis, sebagian masih bisa digunakan. Bagaimanapun, kehadirannya bisa menjadi latar belakang yang bagus bagi wisatawan yang berfoto.

Ada juga pepohonan yang tumbuh rindang berpadu dengan bebatuan putih. Mereka berdua berada di taman tepat di samping benteng. Inilah salah satu jalur yang harus dilalui ketika ingin menuruni bukit disana untuk menuju lautan. Jalan setapak tersebut tak lain adalah kumpulan anak tangga yang terbuat dari batu karang putih alami.

3. Penampakan Pulau Mandalika

Benteng Portugis, Wisata Sejarah Dengan Panorama yang Indah

Tepat di utara Benteng Portugis, terdapat pemandangan yang akan memukau wisatawan dengan keindahannya. Bentangannya adalah pulau kecil bernama Mandalika. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung untuk melakukan berbagai hal untuk menikmati liburannya. Pulau ini juga menjadi objek yang cocok untuk diamati melalui teropong di bagian atas benteng.

Dengan observasi tersebut, pengunjung akan melihat pemandangan sebuah pulau yang indah. Dari kejauhan Anda juga akan melihat pulau, dan itu bisa menjadi salah satu background wajib untuk beberapa foto yang diambil di sana.

Itulah sedikit ulasan Benteng Portugis, Wisata Sejarah Dengan Panorama yang Indah dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.