Benteng Marlborough : Benteng Bersejarah di Bengkulu

Benteng Marlborough : Benteng Bersejarah di Bengkulu – Bengkulu memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata sejarahnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Bengkulu, yaitu Benteng Marlborough simak ulasan berikut.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan salah satu benteng peninggalan Inggris di Kota Bengkulu yang menarik untuk dijelajahi. Bangunan bersejarah ini menyimpan jejak-jejak perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Lokasi Benteng Marlborough

Lantas, di manakah letak Benteng Marlborough ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki destinasi benteng bersejarah ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, karena hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 5.000. Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu dengan menyiapkan budget lebih dari Rp100.000 untuk mengunjungi destinasi ini.

Hal ini dikarenakan Anda wajib membeli oleh-oleh, tidak lengkap rasanya jika mengunjungi salah satu ikon kota Bengkulu tanpa membawa oleh-oleh. Harganya pun cukup bervariasi tergantung oleh oleh-oleh yang Anda butuhkan.

Baca juga:  Keindahan Taman Air Percut Yang Menarik Para Wisatawan

Daya Tarik Benteng Marlborough

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Benteng Marlborough.

1. Bastion

Bastion adalah nama lain dari benteng pertahanan, masing-masing benteng dibuat sesuai dengan kebutuhan dan letak benteng serta benteng-benteng yang ada di daerah Bengkulu ini. Fort Marlborough awalnya memiliki 4 bangunan arsitektur yang memiliki ciri khas tersendiri dalam model bangunannya. Benteng ini menjadi salah satu ikon kota Bengkulu.

Benteng ini memiliki luas tanah 44.000 meter persegi, sedangkan ukuran fisiknya sekitar 240 x 170 m dengan ketinggian tembok bervariasi antara 8-8,50 meter. Tebal tembok benteng ini adalah 1,85-3 meter dan memiliki 72 meriam untuk pertahanan.

2. Halaman Tengah yang Luas

Benteng Marlborough : Benteng Bersejarah di Bengkulu

Halaman tengah benteng ini memiliki ukuran yang cukup luas, halaman ini digunakan sebagai pusat pemukiman. Menurut para ahli sejarah, tempat ini juga merupakan tempat latihan pasukan, tempat berkumpul dan berlindung saat perang.

Di pelataran tengah juga menjadi tempat banyak meriam yang siap digunakan jika tiba-tiba ada serangan mendadak.

3. Mempunyai 72 Meriam

Benteng Marlborough : Benteng Bersejarah di Bengkulu

Keberadaan benteng tidak lepas dari keberadaan meriam yang akan selalu ada. Di dalam benteng ini terdapat 72 meriam yang sebelumnya digunakan untuk berperang. Sehingga meriam ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, meriam ini menjadi saksi bisu peperangan di wilayah Bengkulu.

Ada satu meriam besar yang mengarah ke utara yang arahnya berbeda dengan meriam lainnya. Meriam itu ditujukan ke bukit Tapak Padri, karena bukit tersebut menutup pandangan dan juga menjadi tempat pendaratan kapal-kapal pengangkut pasukan Padri.

Baca juga:  Lembah Hijau : Wisata Edukasi yang Sangat Populer di Lampung

4. Parit Pertahanan

Sebagai benteng, keberadaan parit pertahanan sudah menjadi suatu keharusan. Parit pertahanan ini digunakan untuk garis depan pertahanan dalam sebuah bangunan. Namun seiring berjalannya waktu penggunaan parit di benteng ini berubah dan memberikan kesan hijau yang asri karena ditumbuhi tanaman.

5. Ruang Interogasi Presiden Soekarno

Memasuki area utama Fort Marlborough Anda akan melihat banyak ruang penjara yang berjejer. Anda dapat membaca papan petunjuk di setiap ruangan untuk mengetahui kegunaan dari setiap ruangan tersebut. Salah satunya memiliki bilik yang digunakan untuk menginterogasi Presiden Soekarno.

Anda juga dapat menjelajahi ruangan lain yang digunakan sebagai kantor, sel tahanan. Anda harus mengunjungi ruang pameran yang ada di dalam bangunan benteng ini.

Itulah sedikit ulasan Benteng Marlborough : Benteng Bersejarah di Bengkulu dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.