Air Terjun Madakaripura : Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Air Terjun Madakaripura : Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Probolinggo memang kaya dengan wisatanya salah satunya dengan wisata alamnya. Pada kesempatan ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Probolinggo, yaitu Air Terjun Madakaripura simak ulasan berikut.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu objek wisata alam yang eksotis berada di lereng Gunung Bromo, Probolinggo. Air terjun yang indah nan asri ini diyakini sebagai tempat bertapa oleh Patih Gajah Mada.

Lokasi Air Terjun Madakaripura

Lantas, di manakah letak Air Terjun Madakaripura ini? Wisata ini berada tepat di Alamat : Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, kab. Probolinggo, Jawa Timur. Apabila anda masih belum mengetahui wisata ini maka anda bisa mencarinya di google maps dengan mengetikkan nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Air terjun ini buka setiap hari, dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Wisata malam tidak disarankan di resor ini untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan. Hal yang sama ketika musim hujan sedang berlangsung, tempat wisata akan dibatasi oleh pengunjung.
Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi air terjun ini, Anda hanya perlu membayar 22 ribu rupiah di pintu masuknya. Harga tersebut untuk satu pengunjung dari berbagai usia, dari dewasa hingga anak-anak. Lain halnya jika wisatawan asing masuk ke lokasi wisata ini, ada harga khusus yang harus dibayar. Untuk turis asing, Anda perlu membayar sekitar 45 ribu rupiah.

Baca juga:  Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Air Terjun Madakaripura.

1. Tempat Bertapa Gajah Mada

Air terjun ini merupakan air terjun yang memiliki sejarah dan mitos lokal yang cukup kental. Konon air terjun ini merupakan tempat pertapaan bagi Gadjah Mada, patih yang berasal dari Kerajaan Majapahit.

Nama air terjun ini yaitu Madadarikapura memiliki arti khusus, mada mewakili nama Gadjah Mada. Sedangkan kari berarti pusaka dan pura merupakan tempat persembahyangan bagi pemeluk agama Hindu. Jadi menurut mitos setempat, Air Terjun Madakaripura adalah tempat dimana Gadjah Mada biasa bersemedi.
Mitos tersebut memang patut dipertanyakan, apalagi tidak ada peninggalan prasasti di sana. Namun, Madarikapura sendiri merupakan wilayah yang diberikan Kerajaan Majapahit kepada Gadjah Mada karena berhasil menyatukan nusantara. Sehingga mitos tersebut terus dipercaya oleh masyarakat hingga saat ini.

2. Air Terjun Abadi

Air Terjun Madakaripura : Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Julukan lain untuk air terjun ini adalah air terjun abadi, karena selalu memiliki debit air yang tinggi bahkan di musim kemarau. Ketinggiannya yang mencapai 200 meter juga membuat air terjun ini memiliki pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan air terjun lainnya di pulau Jawa.

Madarikapura memiliki pesona yang eksotis karena masih memiliki nuansa alam di sekitar tempat wisata. Kebersihan terjaga dengan baik berkat mitos dan cerita rakyat yang beredar di sana. Selain menikmati Air Terjun Madakaripura, Anda juga bisa menikmati pesona alam yang mengelilinginya.
Di kiri dan kanan air terjun terdapat tebing-tebing tinggi yang berlumut. Meski tinggi, kedua tebing tersebut cukup kuat menahan aliran air dan bebatuan di sekitarnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan longsor saat mengunjungi air terjun ini.

Baca juga:  Curup Gangsa : Keindahan Air Terjuan Dengan View yang Memesona

3. Hutan yang Masih Asri

Lokasi air terjun ini berada di tengah hutan, sehingga untuk mencapainya Anda harus berjalan kaki dari pintu gerbang tempat wisata tersebut. Namun, perjalanan berjalan kaki tidak akan memakan waktu lama, apalagi dengan keindahan yang bisa ditemukan di sekitar Anda.

Pepohonan masih asri dengan warna hijau segar, angin juga bertiup sejuk dari berbagai arah. Tidak hanya hutan, Anda juga bisa bermain di sungai kecil yang Anda temui selama perjalanan, yaitu aliran air dari air terjun ini. Sekitar satu jam perjalanan akan Anda habiskan dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Saat menuju lokasi wisata alam ini, Anda disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman, karena jalannya cukup terjal khas pegunungan. Jangan lupa membawa air minum atau baju ganti jika ingin basah-basahan disana.

Itulah sedikit ulasan Air Terjun Madakaripura : Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.