Air Terjun Kedung Pedut : Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo

Air Terjun Kedung Pedut : Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo – Tak ada habisnya jika menyajikan objek wisata yang menarik yang ada di Kulon Progo, sebab tempat ini sangat banyak terdapat destinasi wisatanya. Pada kesempatan Menatapnegeri.com akan mengulas tentang Air Terjun Kedung Pedut yang mana tempat ini sudah menjadi wisata alam paling hits yang tengah dibicarakan di berbagai sosial media. Mengapa demikian, sebab hal ini terjadi sebab wisata ini menawarkan warna air yang bisa dikatakan cukup unik dibandingkan dengan air terjun pada umumnya.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut  ini mulai dibuka yaitu pada tahun 2015, yang mana awal mulanya tempat ini belum terurus serta tempat ini belum menjadi wisata alam yang menarik perhatian banyak wisatawan. Akan tetapi berkat kerja sama serta gotong royong dari warga setempat, sehingga kawasan ini sekarang ramai dan di padati oleh pengunjung, baik itu pengunjung dari Kulon Progo atau dari luar daerah lainnya.

Air Terjun Kedung Pedut : Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Untuk alamat lengkap dari tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut ini yaitu berada di : Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta. Untuk lokasinya sendiri bisa dibilang yang masih tergolong cukup dekat dengan daerang Kota Yogyakarta nya sendiri.

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini memang memerlukan perjuangan yang menantang, namun semua yang ada rasakan akan terobati sebab di sepanjang jalan anda bisa menikmati pesona pemandangan alam yang memukau. Seperti pemandangan dari hamparan persawahan yang hijau dan luas, persawahan yang memiliki bentuk terasiring, serta terdapat deretan tebing nan eksotis.

Harga Tiket Masuk

Termat wisata Air Terjun Kedung Pedut biasanya buka dari pagi sampau sore hari. Untuk jam operasionalnya sendiri yaitu mulai dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Pada saat musim libur tiba, destisi wisata yang eksotis ini sangat dipadati oleh  wisatawan, baik itu yang berasal dari daerah Yogyakarta bahkan sampai luar kota. Waktu terbaik untuk air terjnu ini yaitu biasanya pada awal musim hujan.

Untuk harga tiket yang ditawarkan juga cukup ramah dengan kantong kita. Untuk hari biasa harga tiket masuk ke air terjun ini di bandrol dengan harga yaitu kurang lebih 10 ribu untuk per orang. Sedangkan saat hari libur untuk harga tiket yang ditawarkan bisa mencapai 20 ribu untuk per orang. Harga tiket ini belum termasuk dalam fasilitas sewaparkir serta penyewaan pelampung yanga ada di lokasi Air Terjun.

Untuk fasilitas yang ditawarkan pada tempat ini apabila anda disini mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut yakni ada parkir umum yang mana dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar antara 2 ribu bagi anda disini yang membawa kendarakan sepeda motor, sedangkan untuk anda yang membaca roda empat yaitu hanya dipatok sebesar 3 ribu saja. Dan disini anda juga tidak perlu khawatir kendaraan anda hilang, sebab ditempat ini sudah dijaga oleh petugas yang khusus untuk menjaga parkir.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Pedut

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh Air Terjun Kedung Pedut, diantaranya yaitu.

1. Lokasi Air Terjun di Tengah Hutan

Air Terjun Kedung Pedut

Agar bisa sampai untuk menuju lokasi air terjun Kedung Pedut ini, biasanya para pengunjung akan berjalan kaki mulai dari parkiran. Perjalanan kaki sendiri umumnya di tempuh yaitu kurang lebih berkisar antara 300 meter. Untuk menyusuri jalan setapak menuju kawasan air terjun ini, anda nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan mulai dari pohon yang berjajar, bebatuan serta terdapat pula hutan yang cukup lebat.

Jalan setapak untuk menuju lokasi air terjun ini terbuat dari lapisan batu dan semen. Dan untuk beberapa ada yang masih beralaskan tanah. Jalan setapak ini yakni merupakan tangga yang arahnnyamenuju menuju kebawah. Yang mana tangga ini dipakai untuk akses utama saat melintasi area hutan yang megah.

Di bawah hutan yang rimbun ini anad akan langsung dihadapkan dengan jurang. Naun anda disini tidak perlu khawatir, sebab tangga untuk melintas menuju kawasan ini telah dibatasi oleh pagar pengaman. Selanjutnya ketika di perjalanan anda merasa lelah, disini anda jiba bisa beristirahat. Sebab di sepanjang jalan disediakan gazebo serta terdapat pula kios makanan.

2. Terdapat Air Terjun Lain yaitu Kedung Merak Urang

Air Terjun Kedung Merak Urang

Diarea tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo ini juga mempunyai kawasan air terjun yang mana keberadaannya juga berdekatan. Spot air terjun yang lain yaitu bernama Air Terjun Kedung Merak Urang. Air Terjun ini memiliki ketinggan yang tidak terlalu tinggi akan namun mempunyai debit air yang lebih cenderung deras. Disamping Air Terjun ini juga terdapat gua yang memilik air berwarna hijau toska dan airnya ini juga sangat jernih.

Saat perjalanan menuju lokasi air terjun yang saty ini, anda masih melewati beberapa jembatan bambu yang lain. Jembatan bambu ini nantinya akan memberikan kesan tersendiri pada saat anda sedang melewati kawasan sungai dan jurang, sehingga anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang cantik dan khas.

3. Kolam Hijau Alami

Air Terjun Kedung Pedut

Saat anda sudah mendekati air terjun yang ada di Kulon Progo ini, nantinya anda akan melewati air terjun lainnya yang ukurannya lebih kecil dibandingka dengan air terjun utama dan Air Terjun Kedung Merak Urang. Air terjun mini yang satu ini juga mempunyai kolam yang ada di bagian bawahnya. Mata airnya juga disini juga tidak kalah jernih.

Lokasi  air terjun Kedung Pedut sediri letaknya masih berada di paling bawah. Tempatnya berada di kawasan terbuka dan juga di kelilingi dengan bebatuan kapur. Namun air terjun yang menawan ini sesuai dengan namanya, pada saat aliran airnya ini mulai deras maka akan menciptakan semacam kabut di ujungnya.

Lalu dibagian bawahnya terdapat kolam air yang yang cukup luas , dan mempunyai warna cantik yakni berwarna hijau toska. Warna hijau toska adalah pantulan yang asalnya dari bebatuan alami yang ada di bagian bawahnya. Kolam ini juga sering kali dijadikan sebgai spot untuk berenang bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Bagi anda disini yang tidak bisa berenag, ditempat ini juga telah disediakan pelampung untuk disewakan.

4. Spot Foto Kekinian

Air Terjun Kedung Pedut

Tak hanya yntuk berenang dan juga untuk bermain air saja, disini pengunjung yang datang juga dapat berburu foto menarik yang pastinya tidak ketinggalan estetik. Dengan pemandangan yang sangat indah ini ditambah dengan perpaduan dari kreatifitas pengelola wisata ini, maka hasil yang anda peroleh akan menjadi sangat memuaskan dan pantas untuk anda coba kunjungi.

Itulah ulasan dari saya mengenai Air Terjun Kedung Pedut : Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo. Semoga dengan adanya artikel yang telah disampaikan diatas bisa menjadi refensi berlibur anda. Sekian dan terima kasih.