Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Yang Wajib Dikunjungi

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Yang Wajib Dikunjungi – Tak akan ada habisnya bila membahas tempat wisata yang ada di Magelang. Magelang memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Magelang, yaitu air terjun kedung kayang mari simak ulasan berikut.

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat wisata alam yang mempesona di Magelang dengan view Gunung Merapi dan keindahan alamnya yang didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Tempat wisata ini memiliki letak yang strategis karena berada di antara Kabupaten Magelang dan Magelang. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Magelang, Anda bisa mencapai air terjun ini hanya dalam waktu sepuluh atau lebih.

Jika anda adalah pengunjung yang berangkat dari Jogja, maka anda tinggal mengikuti rute menuju air terjun ini melalui Ketep Pass yang berada di puncak Bukit Sawangan. Jarak dari Ketep Pass ke Air Terjun Kedung Kayang cukup dekat, yaitu hanya sekitar tiga kilometer.

Baca juga:  Keindahan Air Terjun Bidadari Favorit Parawisatawan

Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan jika ingin menggunakan kendaraan umum untuk menuju kesana. Pertama bisa naik bus AKAP yang akan turun di sisi timur kawasan Pabrik Kertas Blabag Magelang. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah naik angkutan desa ke Tlatak Sawangan kemudian berubah arah ke Jrakah.

Setelah itu, Anda tinggal jalan kaki untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Suatu Saat Magelang. Untuk mencapai lokasi air terjun cantik ini memang membutuhkan tenaga lebih dan waktu yang dibutuhkan bisa dibilang tidak cepat. Meski demikian, kamu tetap akan dimanjakan dengan banyaknya pemandangan alam yang indah selama perjalanan.

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk

Ketika memasuki lokasi air terjun ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp. 4.000 sampai dengan Rp. 5.000 per orang. Sedangkan tarif parkir dipatok sekitar Rp. 2.000 untuk pengunjung yang mengendarai sepeda motor.

Setelah membayar tiket, pengunjung diperbolehkan menikmati semua fasilitas yang ada di air terjun tersebut. Ada satu wahana yang paling disukai pengunjung yaitu Gardu Pandang. Tarif yang dikenakan untuk menikmati wahana ini adalah Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Namun perlu diperhatikan bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang

Daya tarik apa saj yang ada di air terjun kedung kayang? Simak penjelasan berikut

1. Suasana Alam yang Asri

Air terjun ini memiliki letak yang bisa dikatakan cukup tinggi. Karena ketinggiannya, Anda bisa melihat kehebatan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari tempat ini. Tidak hanya memiliki tempat yang tinggi, suasana alam di sini juga sangat asri karena kelestariannya sangat dijaga dengan baik oleh masyarakat sekitar.

Baca juga:  Curug Cikuluwung, Telaga Air Terjun Biru yang Memukau

2. Pemandangan yang Indah

Di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan yang memungkinkan Anda melihat dengan jelas keindahan air terjun yang bisa dinikmati dari berbagai sisi. Karena pemandangannya yang indah, lokasi ini menjadi tempat favorit para pengguna media sosial karena lokasinya yang sangat cocok dan indah untuk dijadikan background foto mereka.

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Yang Wajib Dikunjungi

3. Kental Dengan Suasana Mistis

Konon nama air terjun ini diambil dari nama tiga tokoh sakti di masa lampau, yaitu Panggung Master, Empu Putut, dan Empu Khalik. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun ini memiliki wali yang setia untuk melindunginya. Selain itu, air yang mengalir di tempat ini dipercaya dapat memberikan khasiat tertentu bagi pengunjung.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Yang Wajib Dikunjungi dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.