Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu

Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu – Karanganyar memang kaya akan tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan lebih banyak lagi. Dikesempatan kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas salah satu tempat wisata yang ada di Karanganyar, yaitu Air Terjun Jumog mari simak ulasan berikut.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata alam terindah di Karanganyar, tepatnya di kaki Gunung Lawu. Air terjun kembar yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan, udara yang sejuk dan hamparan pepohonan yang rindang.

Lokasi Air Terjun Jumog

Lantas, di manakah letak Wisata Air Terjun Jumog Ini? Wisata ini berada tepat di Alamat: Jl. Berjo, Gandu, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini maka bisa mengetik di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan terlihat keberadaannya.

Harga Tiket Masuk

Tenang saja, harga yang dipatok tidak mahal. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Jam buka sendiri mulai pukul 08.00 – 16.00 untuk hari biasa.

Sedangkan saat akhir pekan tiba, tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 – 17.00. Meski begitu, waktu terbaik untuk datang ke air terjun Jumog adalah pada pagi hari. Dimana masih sangat sepi sehingga seperti berada di pulau pribadi.

Baca juga:  Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso Yang Menari Untuk Dikunjungi

Daya Air Terjun Jumog

Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu

Daya tarik apa saja yang Air Terjun Jumog? Mari simak pembahasan berikut.

1. Kawasan Air Terjun yang Masih Asri

Sejak dibuka pada tahun 2004, Air Terjun Jumog telah memberikan warna tersendiri pada Gunung Lawu. Dengan adanya tempat wisata lokal di sekitar lokasi, rasanya sangat terbantu. Air terjun yang berada di pegunungan dan diapit oleh hutan membuat wisata alam. Setelah berhasil menyusuri 116 anak tangga yang tersedia, Anda akan sampai di lokasi air terjun yang begitu epik.

Dimana pesona air yang jatuh dari ketinggian akan membuat pengunjung terpana. Airnya sangat jernih dan segar. Selain itu juga terdapat pepohonan rindang dengan berbagai pakis yang mengelilinginya. Bahkan suaranya pun bisa membuat pengunjung serasa sedang berada di tempat relaksasi. Selain itu air terjun Jumog juga memiliki punden terasering yang unik.

Dengan rahmat Tuhan yang memberikan keindahan tempat ini, banyak juga yang menyebut Air Terjun Jumog sebagai Surga yang Hilang. Aliran air di curug ini cukup deras, meski begitu pengunjung masih bisa berenang di sungai kecil di bawahnya yang dijamin tak akan terlupakan.

2. Pesona Air Terjun Kembar

Air terjun Jumog juga sering disebut sebagai air terjun kembar. Pasalnya di tempat itu Anda akan melihat tebing setinggi 30 meter dengan dua aliran air. Itu juga yang menjadi daya tarik air terjun di Jawa Tengah ini.

Baca juga:  Curug Luhur, Air Terjun Tereksotis di Bogor

Saking jernihnya dan derasnya aliran air di lokasi itu. Anda akan melihat embun di sekitar area pandang. Meski begitu, pastikan Anda tetap berhati-hati saat menuju ke air terjun ini.

Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu

3. Adanya Area Bermain Anak

Menjadi lokasi wisata di pegunungan, Air Terjun Jumog memang memiliki keunikan yang tidak bisa dipungkiri. Hal tersebut didukung dengan adanya taman bermain anak yang tentunya aman. Bahkan kawasan ini juga dilengkapi dengan kolam renang dengan air yang jernih.

Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Selain itu trekking ke air terjun juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menuruni anak tangga yang telah dibangun pengelola kawasan.

Anak-anak akan sangat senang diajak berlibur di tempat ini mengingat lokasinya yang strategis. Kawasan ini juga dikelilingi pepohonan yang rindang. Sehingga panasnya serasa enggan datang kesana.

4. Tradisi Padusan

Tahukah anda bahwa masyarakat di sekitar tempat wisata Jumog juga masih mempertahankan tradisi yang ada. Tradisi ini dikenal dengan padusan. Dimana banyak orang akan datang mengunjungi lokasi air terjun tersebut. Bahkan tidak jarang wisatawan juga mengikuti ritual yang dilakukan.

Ritualnya mandi bersama di air terjun Jumog. Ritual tersebut dimaksudkan untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran dan menuju kesucian. Jika ingin melihat dan mengikuti ritualnya, bisa datang tepat sebelum bulan Ramadhan.

Itulah sedikit ulasan tentang Keindahan Air Terjun Jumog di Kaki Gunung Lawu dari Menatapnegeri.com, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.