8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi – Tak ada habisnya bila membahas destinasi wisata yang ada di Kota Pati, Karena Kota Pati memiliki banyak wisata mulai dari wisata alam maupun wisata buatannya. Kali ini Menatapnegeri.com akan mengulas tentang wisata alam yang ada di Kota Pati, terutama wisata air terjunnya.

Air Terjun Di Pati

Berikut ini adalah wisata air terjun yang ada di Kota Pati yang siap di suguhkan untuk anda.

1. Air Terjun Tretes

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Air terjun ini cukup tersembunyi dan belum banyak yang tahu karena aksesnya masih memerlukan perawatan dan pintu masuknya sangat licin, sempit dan berbatu, lokasinya berada di Gunungsari, Tlogowungu, Kabupaten Pati.

Meski begitu, air terjun Tretes Tlogowungu akan selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. Terletak di lembah dan hanya dapat diakses dengan sepeda motor atau berjalan kaki, Suasananya sangat sejuk dan menenangkan bagi siapa pun yang mengunjunginya.

2. Air Terjun Tedunan Pati

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Air Terjun Tedunan juga merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Sitiluhur, Gembong, Kabupaten Pati. Jalan menuju tempat itu lumayan jauh, tapi buat yang tidak mau capek jalan kaki ada yang terjun. Cukup bayar ojek dengan harga 5.000 untuk sampai ke sana.

Air terjun ini masih sangat asri dan kualitas airnya masih terjaga yang menjadikan air terjun ini begitu indah sehingga dapat kita nikmati bersama keluarga, teman dan sebagainya, hanya saja akses jalannya yang sangat minim sehingga air terjun ini tidak sepopuler air terjun lainnya dikarenakan untuk ketidakpopulerannya. Pesan jika Anda berkunjung berhati-hatilah karena medannya terjal dan air terjunnya sangat dalam.

Jika ingin mampir ke tempat ini harus bersiap-siap basah, karena akses menuju lokasi ini harus melalui sungai terlebih dahulu. Trackingnya juga lumayan bikin kamu berkeringat. Tapi ada baiknya jika datang ke lokasi ini, karena panoramanya yang menakjubkan.

Baca juga:  10 Wisata Muara Enim Yang Ramai Dikunjungi

3. Air Terjun Lorodan Semar

Keindahan Air Terjun Lorodan Semar Pati

Salah satu wisata air terjun hits kota pati yang beberapa tahun belakangan ini menjadi tujuan wisata bagi warga pati dan sekitarnya. Berada di kawasan Gunung Kendeng, pendirian pariwisata di kawasan Kendeng merupakan salah satu upaya masyarakat setempat untuk mencari nafkah dengan memanfaatkan lahan tanpa merusak kawasan tersebut.

Alamatnya ada di Sumber, Sumbersari, Kayen, Kabupaten Pati. Secara umum air terjun ini memiliki bentuk yang agak tidak biasa karena letaknya yang cukup landai, namun hal itulah yang membuat air terjun ini menarik. Berada di atas bukit batu Katang, air terjun yang tidak biasa ini tentunya membuat tempat ini cukup fotogenik. Pengunjung juga bisa bermain air atau berenang di aliran sungai.

Hiburan keluarga yang murah. Menikmati wisata alam dan udara pegunungan yang sejuk akan memanjakan mata. Sejauh mata memandang Ada hamparan pegunungan dan persawahan yang akan memberikan sensasi sejuk.

4. Air Terjun Grenjengan Pati

Mirip dengan beberapa air terjun yang ada di Kawasan Hutan, Sitiluhur, Gembong, air terjun Grenjengan sirap air terjun di kawasan perkebunan kopi Jollong, kekerasan air sangat tergantung dari curah hujan yang ada. Jika kita datang pada musim hujan di kawasan Curug Grenjengan akan sangat indah jika kita datang berkunjung pada bulan kemarau.

Mungkin karena kawasan pegunungan Muria telah berhutan lebat akibat penjarahan hutan yang tidak terkendali. Keindahan air terjun Grenjengan ini tidak hanya pada jatuhnya air dari atas, melainkan dinding tebing yang terbuat dari batu alam berupa lempengan-lempengan kecil yang seolah-olah disusun dan dibangun oleh tangan manusia.

Jadi orang menyebutnya batu sirap atau batu yang disusun seperti atap rumah. Diapit beberapa bukit, tempat ini seperti mutiara yang tersembunyi di dalam cangkang kerang. Tak heran jika kita sampai di kota Pati untuk singgah sebentar di kawasan agrowisata perkebunan kopi Jollong. Untuk petualangan menyusuri jalan batu sepanjang – + 20 km dari pusat kota Pati.

Baca juga:  Air Terjun Riam Dait : Keindahan Air Terjun 7 Tingkat

5. Air Terjun Tadah Hujan

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Air terjun ini terletak di alamat: Sukolilo, Pati, Jawa Tengah. Untuk mencapai air terjun bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer dari pemukiman penduduk.

Tempatnya sangat alami. Akses jalan raya sangat mudah terutama bagi pengendara sepeda motor yang bisa langsung menuju tempat tujuan. Udaranya sangat sejuk. Bahkan lebih indah datang pada hari yang cerah.

Sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan atau rutinitas keseharian yang monoton.

6. Air Terjun Sekar Gading

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Destinasi air terjun selanjutnya yang tidak kalah indahnya yaitu Air Terjun Sekar Gading. Lokasinya berada di Desa Plukar, Kecamatan Gembong. Dari pusat kota Pati, jaraknya sekitar 24 kilometer. Keunikan air terjun ini adalah memiliki dua pancuran yang saling bertemu di bawah tebing yang cukup rindang yang sangat indah. Lokasinya sangat indah dan bagus karena mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

7. Air Terjun Grudo

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Air Terjun Grudo adalah lokasi basah-basahan di Desa Gunungpanti, Kecamatan Winong, Pati. Saat debit airnya besar, banyak orang yang mengatakan kalau keindahan Air Terjun Grudo mirip dengan Niagara. Lokasi air terjun ini masih asri dengan pepohonan dan bebatuan yang begitu alami. Bisa jadi tempat menyepi dari berbagai keramaian.

8. Air Terjun Grenjengan Sewu

8 Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

Ada juga air terjun bernama Grenjengan Sewu yang terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter dengan lebar mencapai 2 meter. Dinamakan Grenjengan Sewu karena air terjun ini sangat deras saat musim hujan tiba. Panorama dan keindahannya tidak perlu ditawar, sangat menakjubkan.

Demikianlah ulasan tentang Air Terjun di Pati Yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi semoga bermanfaat dan bisa menjadi daftar liburan anda selanjutnya.